Keunggulan tanda tangan digital

Tanda tangan digital hadir untuk menjamin keabsahan dokumen digital. Ini menjadi solusi terbaik bagi berbagai kebutuhan transaksi online yang pada umumnya tidak bertemu secara langsung.

Bagi blogger seperti saya misalnya, kebanyakan kerjasama berlangsung secara online, sehingga ketika harus berurusan dengan dokumen perjanjian, maka prosesnya sudah pasti dilakukan secara online juga.

Lalu, bagaimana agar dokumen kerjasama tetap aman dan diakui keabsahannya? Di sinilah peran penting penggunaan tanda tangan digital.

Di masa lalu, sebelum ada tanda tangan digital, betapa repotnya jika klien meminta dokumen harus ada tanda tangan di atas meterai. Saya harus mencetak dokumen terlebih dahulu, membubuhkan meterai, menandatangani dokumen tersebut, baru kemudian mengirimkannya kembali kepada klien melalui pos atau kurir.

Dalam kondisi lain, saya bisa saja scan tanda tangan, kemudian menempelkannya ke invoice atau dokumen transaksi digital lainnya. Atau menggunakan mouse untuk membuat tanda tangan di dokumen, walau hasilnya kurang rapi.

Tanda tangan hasil scan maupun yang dibuat sembarangan dengan mouse, sebenarnya belum bisa diakui keabsahannya secara hukum untuk legalitas dokumen digital.

Apa yang Dimaksud Dengan Tanda Tangan Digital?

Tanda tangan digital adalah tanda tangan yang memiliki sertifikat elektronik dan data terenkripsi secara digital di dalamnya. Artinya, tanda tangan digital dapat digunakan sebagai alat verifikasi dan autentifikasi bagi pemiliknya yang memiliki kekuatan hukum yang sah.

Sebagai freelancer maupun remote worker, penggunaan tanda tangan digital sangat penting untuk menyederhanakan proses, meningkatkan efisiensi biaya, lebih aman, juga menciptakan image lebih profesional.

Kenapa Kita membutuhkan Tanda Tangan Digital?

Di era digitalisasi seperti sekarang, peran penting tanda tangan digital semakin tidak terelakan. Apalagi saat ini hampir sebagian besar aktivitas kita sehari-hari beralih ke ranah digital, mulai dari komunikasi, belanja, manajemen keuangan, bahkan bekerja.

Maka mau tidak mau, kita memerlukan cara yang bisa dipercaya untuk mengonfirmasi persetujuan terhadap transaksi dan dokumen digital.

Sama seperti tanda tangan tradisional di atas kertas yang menegaskan persetujuan kita dengan isi dokumen, tanda tangan digital memiliki fungsi yang sama, namun dalam bentuk digital yang jauh lebih simpel.

Keuntungan Tanda Tangan Digital

1. Meningkatkan Keamanan

Keunggulan tanda tangan digital yang paling utama adalah faktor keamanan. Tanda tangan digital bukan hanya mengubah tanda tangan klasik ke dalam bentuk digital.

Ada sertifikat dan enkripsi yang memberikan tingkat keamanan dan otentikasi yang lebih tinggi. Setiap tanda tangan digital adalah unik dan dapat diverifikasi.

Untuk itu tanda tangan digital tidak hanya menjadi alat yang efektif untuk komunikasi dan transaksi digital, namun menjadi faktor penting dalam meminimalkan potensi terjadinya penipuan dan penyalahgunaan pada sistem transaksi digital.

2. Proses Lebih Efisien

Tanda tangan digital memungkinkan kita menandatangani dokumen dan melakukan transaksi dengan lebih cepat dan efisien, tanpa perlu bertemu langsung atau mengirim dokumen melalui pos.

Hal ini jelas akan menghemat waktu dan biaya. Bahkan ketika perlu melakukan revisi atau perbaikan pada dokumen transaksi digital, kita bisa langsung melakukannya secara online.

Selain itu, fleksibilitas bertransaksi secara digital jadi lebih baik karena kita dapat menandatangani dokumen kapan saja dan dari mana saja asal memiliki akses internet.

3. Diakui Keabsahannya di Mata Hukum

Tanda tangan digital diakui keabsahannya secara hukum.

Di Indonesia, legalitas tanda tangan digital diwujudkan dengan adanya Undang-Undang Republik Indonesia No 11 Tahun 2008 Pasal 11 Ayat 1 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 Pasal 52 Ayat 1 dan 2 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Dengan demikian, tanda tangan digital memiliki kepastian hukum yang membuatnya bisa menjadi alat persetujuan penandatangan yang sah. Jadi transaksi digital kita lebih terlindungi dan berkekuatan hukum.

4. Paperless

Keuntungan lain dari tanda tangan digital adalah lebih ramah lingkungan karena tidak perlu mencetak apa pun. Semua transaksi digital bisa berbentuk paperless.

Privy, Penyelenggara Tanda tangan Digital Terpercaya

Privy tanda tangan digital

Tanda tangan digital tidak bisa dibuat sembarangan, tetapi harus dikeluarkan oleh jasa Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE).

Badan hukum independen ini berfungsi sebagai penyedia, pengelola, yang mengoperasikan dan bertanggung jawab untuk proses verifikasi identitas digital dari pemilik tanda tangan.

Penyelenggara Sertifikasi Elektronik yang memiliki reputasi sangat baik di antaranya adalah Privy.

Hingga saat ini, Privy sudah memiliki 40 juta pengguna dan 2600 pelanggan perusahaan yang mengantarkannya menjadi market leader penyedia identitas digital dan tanda tangan digital di Indonesia.

Privy pertama kali didirikan pada tahun 2016, dan berfokus menyediakan layanan tanda tangan digital dengan jaminan keamanan yang tinggi. Dibuktikan dengan diraihnya ISO/IEC 27001:2013. Ini adalah sertifikasi keamanan data pengguna dengan standar internasional.

PrivyID

Saya sendiri sudah menggunakan layanan Privy sejak tahun 2020 lalu, di antaranya untuk proses pembukaan rekening bank, buka rekening investasi, dan menandatangani dokumen perjanjian kerjasama.

Dengan Privy, proses pembukaan rekening bank bisa dilakukan online tanpa harus pergi ke kantor cabang untuk verifikasi identitas.

Semua layanan dari Privy bisa diakses dari smartphone dan juga browser laptop maupun komputer. Sejauh ini layanannya sangat prima, mudah digunakan, dan yang terpenting adalah aman.

Kesimpulan

Mengingat manfaatnya yang begitu luas dari tanda tangan digital, maka penting bagi kita untuk mempelajari cara menggunakannya dengan benar dan aman.

Dengan adanya Privy, cara identifikasi di dunia online jadi lebih mudah. Tanda tangan digital pada akhirnya bisa membentuk ekosistem transaksi online menjadi lebih aman.

 

Facebook Comments

9 KOMENTAR

  1. Memang sekarang ini perlu sekali segalanya terkoneksi secara digital. Selain untuk memudahkan pekerjaan, mobilitas dapat sangat diefisiensikan melalui digitalisai. Apalagi tanda tangan digital ini sangat diperlukan untuk dokumen yang penting dan diperlukan segera tanpa harus ribet wira-wiri. Tentunya harus ada pihak yang mengelola dan menjamin keamanan dan keabsahannya. Belakangan ini saya sering mendengar Privy dan mulai tertarik untuk mengintip lebih dalam. Hehe.