Peran AI Untuk Dunia Kesehatan

Apa tanggapan kamu jika Artificial Intelegence (AI) digunakan dalam pelayanan kesehatan? Mungkin pada awalnya kamu berfikiran bahwa ini kisah fiksi ilmiah yang sulit untuk diwujudkan. Tetapi nyatanya, saat ini kita berada diambang era dimana peran AI akan jauh lebih besar lagi dalam kehidupan kita.

Sejarah mencatat bahwa peradaban kita sebagai umat manusia dibentuk oleh beberapa penemuan penting yang pada akhirnya mengubah cara hidup kita sepenuhnya. Seperti penemuan api, penemuan roda, penemuan mesin uap, pemanfaatan listrik, dan kini era digitalisasi dan kecerdasan buatan (AI). Semua penemuan ini mengubah kehidupan manusia menjadi lebih efektif, lebih mudah sehingga menjadi bagian dari tatanan kehidupan yang tidak terpisahkan.

Di tengah semua kehebohan, harapan, dan ketakutan, mengenai peran AI dalam kehidupan kita, tentunya penting untuk memahaminya, melihat apa AI itu tepatnya, dan apa yang berubah, sehingga kita bisa mengerti masa depan dengan lebih baik.

AI dimulai tahun 1950-an dan booming beberapa tahun ini

Sejarah awal pengembangan Artificial Intelegence sendiri terjadi pada tahun 1950-an. Kala itu beberapa peneliti berusaha untuk membuat mesin atau komputer yang bisa berpikir dan belajar seperti manusia. Tetapi saat itu belum ada teknologi yang bisa mendukungnya sehingga membuat proyek ini terhambat.

Perkembangan AI baru memperoleh momentumnya beberapa tahun kebelakang. Ini tidak lepas dari adanya dukungan hardware yang jauh lebih kuat, data yang melimpah, koneksi cepat dan teknologi yang lebih mumpuni jika dibandingkan dengan beberapa dekade sebelumnya.

AI NPU
NPU (Neural Prosesing Unit). jenis prosesor khusus yang dirancang untuk mempercepat pemrosesan algoritma kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (machine learning).

Kebangkitan AI ditandai dengan hadirnya ChatGPT yang begitu mengejutkan. Platform ini memungkinkan siapapun untuk berinteraksi langsung dengan AI. Sesaat kemudian hadir midjourney yang memungkinkan kita membuat gambar apapun hanya bermodalkan beberapa kata sebagai promt. Hingga kini terhitung ada banyak sekali platform AI yang bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan. AI yang tadinya hanya ada di ruang penelitian kini bisa diakses langsung secara luas.

Dalam dunia kesehatan sendiri, AI baru memulai langkah awal. Namun yang tidak bisa dipungkiri adalah penggunaan teknologi AI merupakan masa depan yang tidak bisa dielakan. AI bisa mewujudkan perawatan kesehatan yang lebih profesional dan efisien. Kolaborasi ini memungkinkan penyedia layanan untuk membuat keputusan yang tepat, menyederhanakan alur kerja, dan pada akhirnya meningkatkan pelayanan dan kesembuhan pasien.

Buang jauh-jauh anggapan bahwa AI itu dapat berubah jadi jahat yang hendak menumpas manusia seperti yang terjadi di film Terminator. Hubungan dokter dengan pasien dibangun atas dasar rasa kemanusian, empati dan kepercayaan, dan ini tentu saja tidak bisa dilakukan oleh AI. Peran AI dalam dunia kesehatan lebih kepada mengotomatisasi beberapa tugas, membantu mencari metode perawatan terbaik, dan mengupdate peralatan medis jadi lebih maju. Untuk itu kita tidak perlu khawatir bahwa AI akan mengambil kendali sepenuhnya.

Peran AI dalam dunia Kesehatan

Salah satu kekuatan utama AI adalah kemampuannya untuk menganalisis data dalam jumlah besar dengan cepat dan efisien. Dalam bidang perawatan kesehatan, AI bisa dilatih untuk menganalisa catatan medis, gambar medis, dan informasi kesehatan lainnya untuk membantu dokter membuat keputusan terhadap pasien. Dengan kemampuan analisa data yang luar biasa ini, AI dapat menjadi alat yang powerful dalam perawatan kesehatan modern.

Ai In Health Care Infographic
freepik

Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa menggambarkan peran AI dalam dunia kesehatan. Walaupun sebenarnya AI membuka kemungkinan yang tidak terbatas terkait penggunaannya dalam dunia medis.

1. AI dalam Penemuan Obat

Industri pengembangan obat seringkali terhambat oleh biaya pengembangan yang sangat besar dan butuh penelitian yang panjang. AI mempercepat proses ini dengan membantu merancang obat, memprediksi efek samping, dan mengidentifikasi kandidat ideal untuk uji klinis.

Belum lama ini terbukti dengan ditemukannya kelas antibiotik baru yang menjadi terobosan dunia medis selama 60 tahun. Antibiotik tersebut efektif melawan infeksi Staphylococcus aureus (MRSA) yang resisten obat. Penelitian ini menjadi bukti nyata begitu potensialnya kontribusi AI terhadap kemajuan medis..

2. Diagnosis dengan bantuan AI

AI saat ini dapat menganalisis gambar medis seperti sinar-X, pemindaian CT, dan MRI untuk mencari tanda-tanda penyakit. Dengan membandingkan gambar dengan kumpulan data yang ada, algoritma AI ini dapat dengan cepat mengidentifikasi pola dan potensi yang yang mungkin tidak terlihat oleh mata manusia. Hal ini dapat mengarah pada diagnosis dan perawatan lebih dini.

3. Perawatan yang lebih personal

AI memungkinkan untuk memberikan perawatan lebih personal berdasarkan kondisi unik setiap pasien, riwayat medis, dan faktor-faktor lainnya. Dengan menganalisis data individu, AI dapat membantu penyedia layanan kesehatan untuk memprediksi respons mereka terhadap obat atau perawatan tertentu dan membuat rencana perawatan yang lebih cocok. Hal ini pada akhirnya mengarah pada hasil yang lebih baik dan mengurangi efek samping.

4. AI dalam Manajemen Data Layanan Kesehatan

Data medis sama berharganya dengan faktor lainnya dalam proses perawatan pasien. Sayangnya terkadang dapat hilang karena penanganan yang tidak tepat. Data seperti rekam medis sangat penting untuk pengembangan obat baru, pengobatan pencegahan, dan diagnosis yang tepat.

Berkat kemampuannya menangani data dalam jumlah besar, AI dapat mengolah data dan menghubungkan informasi dalam hitungan menit yang dulunya memerlukan waktu bertahun-tahun untuk diproses. AI dapat mengurangi waktu dan biaya proses administrasi sehingga perawatan kesehatan jadi lebih efisien.

Inovasi AI dalam sistem RME eHealth.co.id

Inovasi AI dalam sistem RME eHealth.co.id
Inovasi AI dalam sistem RME eHealth.co.id

Ucapkan selamat tinggal pada pengelolaan data konvensional yang sangat beresiko. Data yang biasanya disimpan dalam bentuk kertas sudah ketinggalan jaman karena sangat rentan terhadap kesalahan manusia. Selain itu juga relatif lebih susah dikelola hingga berpotensi kehilangan data karena penyimpanan yang kurang rapi. Salah satu peran AI dalam dunia kesehatan adalah manajemen yang lebih baik di bidang pelayanan.

eHealth.co.id bisa menjadi pilihan terbaik untuk menanganinya. Startup bidang kesehatan ini memiliki kemampuan AI untuk mengubah praktik klinik tradisional menuju praktik modern yang lebih memanfaatkan teknologi. Dengan menggunakan eHealth.co.id, fasilitas pelayanan kesehatan dapat lebih efisien, meminimalkan human eror, dan menyederhanakan proses perawatan kesehatan dengan hanya dari satu platform. Selain itu, eHealth.co.id juga sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Menariknya eHealth.co.id berbasis web sehingga pengguna tidak perlu mendownload ataupun menginstall apapun. Cukup mengaksesnya dari browser secara langsung baik melalui komputer maupun smartphone. Dengan demikian proses jadi lebih simpel dan bisa diakses dimanapun tanpa kesuitan.

AI di sistem eHealth selalu up to date dan memastikannya sesuai dengan standar praktik medis terbaru. AI dilatih untuk terus menyesuaikan diri dengan beragam update seperti ICD 10 dan Kode KFA. Dengan demikian semua pekerjaan adminitrasi yang biasanya membingungkan kini jadi jauh lebih sederhana.

Pemanfaatan AI juga terintegrasi dalam RME eHealth.co.id. Penggunaannya sangat luas, mulai dari membantu diagnosa hingga pengelolaan data rekam medis. AI mampu melakukan analisis data, memberikan data yang diminta secara secara real-time kapanpun dibutuhkan, sehingga dapat membantu dokter mengambil keputusan yang lebih baik.

Pemanfaatan AI dalam RME eHealth.co.id

Rekam medis adalah catatan pasien saat menjalani perawatan, baik itu rawat jalan maupun rawat inap. Rekam medis berisikan informasi tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan pelayanan lain yang diberikan kepada pasien. Dengan rekam medis ini fasilitas kesehatan dapat melayani pasien dengan lebih optimal berdasarkan data yang tercatat.

Permenkes Nomor 24 Tahun 2022 mewajibkan seluruh fasilitas layanan kesehatan untuk menggunakan RME sebagai dokumen dalam pemberian layanan di fasilitas layanan kesehatan

Dengan berlakunya Permenkes tersebut Fasyankes harus mengadopsi sistem klinik yang terintegrasi RME. Pengiriman data rekam medis ke SATUSEHAT Platform wajib dilakukan. Untuk urusan ini eHealth.co.id adalah pilihan terbaik yang akan membantu Fasyankes terkoneksi dengan SATUSEHAT Platform secara mudah dan cepat.

Keunggulan AI eHealth.co.id Rekam Medis Elektronik
Keunggulan AI eHealth.co.id Rekam Medis Elektronik

Rekam medis elektronik dengan teknologi AI akan mengubah secara signifikan cara informasi medis disimpan dan diakses dibandingkan dengan sistem konvensional. Selanjutnya integrasi AI dapat meningkatkan layanan jadi lebih cepat kepada pasien. Kemampuan pemrosesan data AI memungkinkan fasilitas kesehatan mengelola data dengan lebih baik.

Karena bagaimanapun layanan kesehatan tidak menyisakan ruang untuk kesalahan, sekecil apapun itu dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati seseorang. Dengan teknologi RME, dokter dapat membuat diagnosis yang lebih cepat dan akurat, data rekam medis bisa diakses dengan lebih cepat dan realtime sehingga pasien dapat menerima perawatan yang lebih tepat waktu dan personal.

Teknologi AI dapat diberi akses ke sejumlah besar informasi, dan dilatih untuk memecahkan masalah, menemukan pola, dan membuat rekomendasi. Semua keputusan akan diambil berdasarkan data.

Operasional Fasyankes jadi lebih efisien dengan eHealth.co.id

Salah satu garda terdepan dari layanan kesehatan adalah hadirnya klinik yang secara langsung melayani masyarakat. Namun sayangnya masih banyak yang belum memiliki manajemen yang baik. Klinik-klinik ini kesulitan untuk mengelola operasional mereka, mulai dari mengatur jadwal temu, manajemen keuangan, inventaris hingga rekam medis elektronik.

Saya sendiri pernah punya pengalaman betapa melelahkannya saat mengantar istri untuk kontrol kehamilan. Walaupun sudah booking via WA, ternyata nomor antrian tetap diambil berdasarkan kehadiran manual. Dari jam 5 sore hingga pulang sekitar jam 11 malam, dengan kondisi hamil besar rasanya saya tidak tega melihat istri harus menunggu begitu lama.

Waktu tunggu yang lama dan pasien yang tidak kunjung tertangani sering kali disebabkan oleh manajemen antrean yang tidak efisien. Pada jam sibuk, klinik kewalahan untuk melayani pasien. Jika terus dibiarkan hal ini dapat merusak reputasi klinik dan membebani produktivitas staf.

Dengan menerapkan sistem pengelolaan klinik berbasis data seperti yang dimiliki oleh eHealth.co.id maka fasilitas kesehatan dapat mengubah manajemen antrean pasien menjadi lebih lancar. Hal ini pada akhirnya membuat pasien jadi lebih nyaman dan staf juga lebih produktif.

Keunggulan dan Lengkapnya Fitur eHealth.co.id

Sistem Rekam Medis Elektronik

eHealth.co.id memiliki fitur unggulan yakni manajemen janji yang terintegrasi. Dengan sistem ini, klinik dapat lebih mudah mengatur jadwal pasien, meminimalkan waktu tunggu, dan menghindari tumpang tindih janji. Ini tentunya jauh lebih efisien bukan hanya mengoptimalkan waktu dokter dan staf klinik, tetapi juga meningkatkan kepuasan pasien dengan memberikan pelayanan yang lebih tepat waktu.

eHealth.co.id punya beragam fitur inovatif yang sangat berguna untuk pasien itu sendiri dan juga pengelolaan klinik jadi lebih modern.

Fitur Pasien, Kemudahan Reservasi dan Kuesioner

Fitur reservasi memungkinkan pasien untuk melakukan reservasi secara langsung tanpa harus install aplikasi yang merepotkan. Ada sistem kuota berdasarkan waktu dan dokter sehingga tidak akan terjadi penumpukan. Pasien dapat datang tanpa harus menunggu lama sehingga akan lebih nyaman. Saat berhasil melakukan reservasi pasien akan mendapat QR code sebagai bukti booking.

Lalu ada fitur kuesioner yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan klinik. Ada chatbot yang akan membimbing pasien untuk mengisi kuesioner ini, dan hasilnya akan tersimpan otomatis dalam rekam medis pasien.

Fitur Harian, Proses Pendaftaran pasien, Rekam medis, Apotek, dan Kasir

Untuk mendukung operasional harian klinik, eHealth.co.id memiliki fitur yang terintegrasi sehingga lebih efisien. Mulai dari pendaftaran pasien yang terhubung dengan fitur reservasi sehingga data pasien bisa diakses dengan mudah dan cepat. Selanjutnya rekam medis elektronik bisa disesuikan dengan kebutuhan klinik seperti rawat inap, rawat jalan, laboratorium, odontogram, dan radiologi. RME ini bisa diseting mengikuti klasifikasi internasional seperti ICD dan ICPC.

Fitur Apotek menerima resep dari dokter, mendata inventaris obat, dilengkapi dengan print label sehingga lebih proper. Lalu saat pembayaran eHealth.co.id akan melakukan pencatatan secara akurat terhubung dengan fitur laporan keuangan dan akuntansi. Menariknya disini dapat dilengkapi dengan beragam jenis pembayaran, diskon hingga membuat invoice.

Fitur Bulanan, Akuntansi dan Inventaris

Laporan keuangan dan pendataan inventaris seringkali jadi kendala bagi klinik yang masih skala kecil. eHealth.co.id menyediakan fitur ini include di dalam sistemnya. Sehingga pengelola dapat memantau pengeluaran dan pendapatan klinik dalam bentuk laporan keuangan lengkap berupa neraca, laba rugi, dan arus kas secara cepat.

Selain itu juga dapat memantau inventory, mengelola stok di apotek, melakukan proses stock opname. Melacak keluar-masuknya obat dan alat kesehatan. Dapat dikelola berdasarkan cabang.

Dengan beragam fiturnya ini eHealth.co.id adalah tool yang sangat powerful karena menangani semuanya mulai dari reservasi, kasir, hingga laporan keuangan dan inventory. eHealth.co.id sangat cocok untuk digunakan oleh beragam jenis klinik mulai dari Praktik dokter mandiri, praktik mandiri bidan, praktik mandiri perawat, klinik multicabang, klinik pribadi, klinik kecantikan, apotek, dokter gigi, puskesmas, hingga laboratorium.

Apa yang didapatkan saat memilih eHealth.co.id?

Dengan fitur yang begitu lengkap dan AI terintegrasi eHealth.co.id justru memiliki tampilan yang sangat user firendly sehingga mudah digunakan. AI disini tidak membuatnya jadi lebih rumit seperti yang dibayangkan. Berikut adalah alasan kenapa eHealth.co.id jadi pilihan terbaik.

1. Pendampingan Privat

eHealth.co.id akan memberikan pendampingan privat sampai user bisa menggunakan semua fitur yang ada. Ada 3x pelatihan online dan pendampingan via Whatsapp grup yang akan memastikan user tidak kesulitan saat menjalankan sistem eHealth.co.id. Jadi kita tidak perlu khawatir dengan dukungan teknis ya karena tim eHealth.co.id selalu siap sedia.

2. User Friendly

Fitur yang lengkap menjadi tidak berarti jika sulit untuk digunakan, nah untuk itu eHealth.co.id memiliki tampilan yang ramah pengguna sehingga kita bisa mengeksplorasi setiap fitur dengan maksimal. Dan karena web based membuat eHealth.co.id sangat praktis tidak perlu instalasi apapun untuk menggunakannya.

3. Terintegrasi

Ini adalah fitur unggulan yang benar-benar membuat eHealth.co.id menjadi alat powerful bagi setiap klinik, apotek maupun rumah sakit. Satu platform bisa menangani semuanya mulai dari proses reservasi, RME, administrasi, kasir, dan inventory. Dan yang terpenting juga sudah terintegrasi dengan layanan SATU SEHAT dan BPJS.

4. Cepat dan terjangkau

Sistem eHealth.co.id ready to use kapanpun dimanapun. Yang menarik adalah biaya pemasangan dan pemeliharaannya gratis, kita hanya perlu membayar biaya langganan mulai dari 250 ribuan saja.

5. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan

eHealth.co.id didesain untuk bisa digunakan oleh beragam bentuk Fasyankes, jadi kita bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan profil kebutuhan kita. Dengan demikian kita hanya akan membayar hanya untuk fitur yang memang benar-benar dibutuhkan saja.

Kesimpulan

“Dia yang sehat, memiliki harapan, dan dia yang memiliki harapan, memiliki segalanya.” – Peribahasa Arab

Sistem kesehatan yang baik dapat memberikan dampak tidak hanya bagi seseorang yang sedang menerima perawatan tetapi juga berdampak luas bagi masyarakat secara keseluruhan. Sistem kesehatan sangat penting dalam meningkatkan kualitas dan harapan hidup masyarakat.

eHealth.co.id dengan integrasi AI memberikan kemudahan bagi fasyankes untuk mengatur data rekam medis dan manajemen operasionalnya. AI adalah alat yang sangat berharga bagi fasyankes supaya bisa bertransformasi jadi lebih modern dan efisien dalam melayani pasien. Mengintegrasikan AI ke dalam praktik klinis sehari-hari akan membuat tenaga medis lebih sadar akan perkembangan teknologi

Karena dalam dunia yang serba digital dan lebih terhubung seperti sekarang ini membuat penggunaan AI dalam industri layanan kesehatan akan menjadi semakin penting. AI dapat mengerjakan banyak tugas dan memberikan analisa berharga berdasarkan data. Dengan potensi yang begitu besar, sangat jelas bahwa penggunaan AI dalam layanan kesehatan sangat menjanjikan.

referensi

  • https://www.cloudcomputing.id/berita/ai-temukan-formula-antibiotik-baru-lawan-bakteri-resistensi-obat
  • https://law.ui.ac.id/catatan-sederhana-untuk-permenkes-no-24-tahun-2022-tentang-rekam-medis-oleh-wahyu-andrianto-s-h-m-h/
  • https://ehealth.co.id/blog/

Facebook Comments

2 KOMENTAR