CCTV untuk Bisnis Kecil

Bisnis kecil atau usaha kecil yang seringkali disebut sebagai UKM biasanya dikelola oleh perorangan. Meski demikian, bisnis kecil membutuhkan sistem keamanan yang baik agar pengelolaan dan operasionalnya juga berjalan baik.

Oleh karena itu, dibutuhkan pemasangan kamera CCTV yang tepat agar bisnis kecil lebih terjaga keamanannya. CCTV akan membantu Anda untuk mengetahui kinerja karyawan selama tidak sedang berada di lokasi usaha.

Lantas, rekomendasi CCTV seperti apa sih yang dibutuhkan oleh bisnis kecil? Simak ulasannya di artikel berikut.

Perhatikan 8 Hal Penting Saat Memasang Kamera CCTV untuk Bisnis Kecil 

Pengelolaan bisnis yang baik harus dimulai sejak masih dalam skala kecil. Pemasangan security camera di lokasi usaha dapat membantu Anda dalam melakukan kontrol terhadap kinerja karyawan. Selain itu, kecelakaan atau gangguan kerja juga bisa terjadi tanpa diduga. Sehingga diperlukan rekomendasi CCTV terbaik yang mampu merekam kejadian untuk mengetahui penyebabnya.

Ada 8 hal penting yang perlu Anda perhatikan saat memasang kamera CCTV untuk bisnis kecil, antara lain :

Pastikan Sudah Sesuai Kebutuhan (CCTV Indoor atau CCTV Outdoor)

Sebelum memasang CCTV, Anda harus paham terhadap kegunaan fitur yang dimiliki. Anda tidak bisa menggunakan CCTV Indoor untuk digunakan diluar ruangan, begitu juga sebaliknya. Sebab, bahan pembuatan CCTV Indoor tentu saja berbeda dengan CCTV Outdoor. Perangkat yang digunakan untuk outdoor dilengkapi dengan casing pelindung lebih kuat, sesuai kondisi di luar ruangan untuk menghadapi angin, panas dan hujan.

CCTV untuk luar ruangan juga memiliki daya jelajah rekam yang cukup jauh meski dalam kondisi malam hari. Bahkan beberapa diantaranya dilengkapi dengan blower, sedangkan CCTV untuk indoor tidak memiliki fitur tersebut karena dipasang pada suhu ruangan.

Memiliki Konektivitas Sesuai dengan Fasilitas

Pilihlah CCTV camera dengan konektivitas sesuai dengan fasilitas yang tersedia. Ketika Anda memilih CCTV yang berjenis wifi, maka pastikan di rumah Anda sudah terpasang wifi. Pasalnya, CCTV camera tidak akan dapat menampilkan video streaming jika tidak terdapat koneksi internet di rumah Anda. Sehingga Anda tidak dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Pastikan Ketahanan Kamera Sesuai dengan Kebutuhan

Jika tujuan Anda memilih CCTV untuk dipasang di luar ruangan, akan lebih baik jika Anda memastikan sertifikat IP maupun IK agar CCTV Anda bisa berumur panjang. Pilihlah security camera yang tahan banting terhadap cuaca dan benturan.

Fitur Komunikasi Dua Arah

Perkembangan teknologi yang kini diterapkan pada security camera dengan tingkat keamanan tinggi berupa fitur komunikasi dua arah (two-way-talk). Yang dapat digunakan layaknya sebuah panggilan telepon melalui aplikasi.

Titik Pemasangan, Area serta Jumlah Kamera CCTV

Hal lain yang penting untuk dilakukan saat memasang CCTV yaitu dengan menentukan jumlah titik pemasangan lebih dulu. Anda dapat membeli rekomendasi CCTV terbaik yang sesuai dengan kondisi ruangan. Saat ini ada beberapa jenis CCTV, seperti tipe dome yang tepat digunakan untuk dalam ruangan. Sedangkan jenis kamera outdoor, lebih tepat digunakan untuk area luar ruangan.

Sedangkan untuk jumlah kamera keamanan, Anda bisa memperhitungkannya lebih dulu. Kemampuan standar CCTV camera memiliki sudut maksimum sebesar 70 derajat. Sehingga Anda perlu memasang lebih dari satu kamera untuk satu ruangan. Namun, kini sudah ada jenis CCTV yang memiliki sudut 360 derajat. Jadi, Anda tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. 

Analog CCTV vs IP CCTV

Berikutnya, Anda bisa memilih jenis CCTV camera sesuai dengan kebutuhan. Pilihan CCTV analog atau Internet Protocol CCTV sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui lebih dulu.

Perbedaannya terdapat pada sistem penyimpanannya. Jika CCTV analog menggunakan Digital Video Recorder (DVR), maka IP camera menggunakan Network Video Recorder (NVR) dengan memanfaatkan Internet of Thing.

Anda cukup menyambungkannya dengan wifi, maka Anda bisa melihat hasil rekaman secara real time. Anda bisa menggunakannya melalui aplikasi yang ter-install pada perangkat laptop maupun ponsel.

Kualitas Gambar

Anda tentu membutuhkan hasil rekaman CCTV dengan kualitas gambar yang jelas. Anda bisa mengetahui kualitas CCTV camera dengan mengetahui satuan Television Lines (TVL) yang merupakan tingkat kerapatan garis vertikal yang dihasilkan CCTV dalam menampilkan gambar.

Reputasi Produk dan Perusahaan

Sangat disarankan untuk memilih produk dan perusahaan CCTV camera yang memiliki reputasi baik. Terkait hal tersebut, Anda bisa melakukan riset lebih dulu untuk mengetahui reputasi produk dan perusahaan yang akan Anda pilih.

Pilihlah Rekomendasi CCTV Terbaik untuk Bisnis Kecil

rekomendasi CCTV
https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-wanita-menggunakan-laptop-3178744/

Sekalipun yang Anda kelola baru sebatas bisnis kecil. Namun tidak ada salahnya memasang security camera di tempat tersebut. Sejatinya tidak hanya berfungsi untuk mengamankan sebuah ruangan bisnis, akan tetapi adanya CCTV sebagai upaya pencegahan insiden dari hal-hal yang mencurigakan. Sebab, CCTV mampu merekam sekaligus menampilkan video secara live sehingga Anda dapat mengamati kondisi suatu tempat secara langsung.

Nah, rekomendasi CCTV terbaik yang disarankan adalah Hikvision ColorVu. Pasalnya, kecerdasan dalam ColorVu mampu menangkap target manusia dan kendaraan dengan warna yang hidup dan detail bahkan dengan kondisi pencahayaan yang rendah. Sehingga bagi Anda yang sedang merintis bisnis kecil tak perlu khawatir lagi akan terjadi accident di tempat bisnisnya, karena security camera akan membantu Anda mengontrol bisnis dari jarak jauh. Operasional bisnis pun akan tetap berjalan dengan baik sekalipun Anda tidak sedang berada di tempat.

Menarik sekali, bukan? Jadi, tunggu apalagi? Jika Anda membutuhkan rekomendasi CCTV terbaik, gunakan Hikvision ColorVu. Untuk informasi kelebihan lainnya dari kamera CCTV canggih ini, silakan klik di sini.

Facebook Comments