HRD sering jadi pelampiasan karyawan yang tidak puas dengan kebijakan perusahaan. Posisinya sebagai pihak yang menjadi penyambung perusahaan bisa membuatnya serba salah. Banyak karyawan yang menganggapnya pro perusahaan dengan beragam kebijakannya yang merugikan. Kemampuan negosiasi HRD betul-betul diuji agar perusahaan maupun karyawan bisa menerima keputusan dengan sama-sama happy.

Selain itu seorang HRD juga harus dapat menciptakan suasana kerja yang nyaman, sehingga karyawan bisa berkontribusi dan memberikan produktivitas kerja terbaiknya. Karyawan adalah salah satu yang paling penting bagi perusahaan. Memperlakukan karyawan dengan adil dan memberi mereka peluang untuk berkembang akan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis.

Ketika karyawan tidak merasa didukung, tidak diberi kesempatan, bekerja berjam-jam, dan sebagainya, motivasi mereka untuk bekerja akan terpengaruh. Tim HR harus bisa membuat program untuk development karyawan sehingga karyawan merasa betah dan tidak terpikirkan untuk resign.

apa itu hcm?

Mengenal Human Capital Management (HCM)

Tugas seorang tim HR tidak semudah yang dibayangkan oleh banyak orang. Ini adalah pekerjaan yang justru lebih rumit daripada posisi lainnya di perusahaan. Berhadapan dengan beragam jenis sifat manusia tentunya butuh keahlian dan kesabaran yang ekstra.

Tugas tim HRD kini lebih dari sekedar merekrut karyawan baru tetapi juga turut menentukan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

  • Recruitment
  • Orientasi Karyawan Baru
  • Mengelola kehadiran dan penggajian
  • Bonus Karyawan
  • Manajemen hari libur
  • Training dan pengembangan karyawan
  • Penegakan aturan ketenagakerjaan
  • Penerapan Safety lingkungan kerja

Human capital management (HCM) adalah proses manajemen yang mengubah fungsi HR tradisional menjadi mengarah pada upaya peningkatan efisiensi, minat, dan goals bagi perusahaan. HCM lebih kepada mengelola dan mengembangkan kemampuan karyawan agar mampu meningkatkan kinerja dan memaksimalkan nilainya. HCM akan fokus pada langkah-langkah strategis untuk memaksimalkan keterampilan dan talenta karyawan guna menjalankan strategi bisnis perusahaan.

Software HRD akan membantu mengaplikasikan HCM dalam menyederhanakan manajemen karyawan dengan memusatkan semua data dan menempatkannya pada satu platform. Sehingga HR dapat memperoleh visi tentang jalur karier, kinerja, dan kebutuhan karyawan.

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan HCM karena menyadari bahwa karyawan adalah asetnya. Perusahaan harus mampu memberikan nilai tambah kepada karyawan dan mengembangkan bakat dari karyawan. Untuk menjalankan human capital perusahaan, perlu didukung oleh software memberikan solusi bagi perusahaan Anda untuk dapat melakukan pengelolaan sumber daya manusia dengan lebih efektif dan efisien.

Software Astakona, yakni Akrivia HCM, mampu membuat tugas human capital di perusahaan menjadi lebih terintegrasi dan sederhana. Business tools ini akan mempercepat pertumbuhan bisnis. Dengan teknologi yang diterapkan membantu karyawan bekerja sama dengan lebih efisien dan menangani proses sehari-hari dengan lebih cerdas. Hal ini juga membantu bisnis untuk terus relevan dengan tuntutan zaman.

5 Keuntungan Menggunakan Akrivia HCM

Akrivia-HCM
Tampilan Software HRD Akrivia HCM

Produk Astakona ini memiliki banyak benefit diantaranya dapat meningkatkan efisiensi pada perusahaan. Akrivia HCM adalah satu aplikasi yang mampu manajemen karyawan mulai dari proses perekrutan hingga ke pensiun. Software HRD ini membantu menyederhanakan tugas tim HR, mengakses data real-time, meningkatkan keamanan, dan menyempurnakan pelaporan.

1. Sistem Terintegrasi untuk Fungsi HR

Aplikasi HR yang tepat memungkinkan sistem manajemen karyawan terintegrasi sehingga dapat menyederhanakan alur pengelolaan, meningkatkan efisiensi secara keseluruhan, menyediakan akses SDM sesuai permintaan, meningkatkan produktivitas karyawan, dan mengurangi kesalahan manusia dalam proses pencatatan.

Tim HR juga dapat melacak informasi karyawan dan membuat laporan sehingga pengambilan keputusan dapat berlangsung cepat.

2. Menyediakan Data yang Real Time

Software Astakona ini selain terintegrasi juga menyediakan akses data secara real-time. Dengan menggunakan penyimpanan cloud data dapat diakses dari manapun.

Ini memungkinkan tim HR mengakses dan menganalisis data yang sebagai acuan dalam pengambilan keputusan.

3. Peningkatan Kepatuhan Karyawan

Dengan Aplikasi HR yang real time akan membuat karyawan lebih patuh terhadap peraturan. Software teknologi mengotomatiskan semuanya, absen, pelaporan, pengarsipan, dan dokumentasi yang diperlukan untuk membantu bisnis lebih efisien.

4. Keamanan dan Privasi Data

Produk Astakona dapat meningkatkan keamanan bisnis dengan penyimpanan di cloud dan mengurangi dokumen fisik yang seringkali tidak aman.

Data dilindungi oleh keamanan yang ketat dengan hak akses yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

akrivia

5. Aplikasi HR Berbasis AI

Business tools Akrivia HCM mengadopsi kecerdasan buatan (AI) yang menawarkan akses personalisasi dan efektivitas yang lebih tinggi.

Akrivia HCM memanfaatkan beragam proses otomatis untuk absensi, cuti, dan manajemen yang pada akhirnya memberikan kepuasan karyawan.

Akrivia HCM bahkan juga bisa melakukan pemilahan resume pelamar kerja sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Ini adalah kemampuan yang cukup signifikan karena sebelumnya dibutuhkan berjam-jam bagi tim HR untuk membacanya manual.

Dengan efisiensi waktu, tim HR dapat lebih fokus pada pengembangan karyawan dan tujuan jangka panjang perusahaan.

Mengenal Astakona

Berdiri sejak tahun 2023 ini menjadi perusahaan yang akan membantu setiap bisnis dengan rangkaian software terkini yang membawa bisnis jadi lebih efisien.

Produk Astakona tidak hanya Software HRD Akrivia HCM tetapi juga termasuk Lark Suite, The Sales Machine, Facttwin, Uptime AI, dan Epicor. Ini adalah software teknologi yang sangat powerfull untuk mendukung kelangsungan bisnis di era yang penuh perubahan ini.

Astakona menyediakan Tim Ahli yang akan siap membantu proses instalasi hingga penyetingan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dimiliki. Tim ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya ini akan menjadi mitra terbaik untuk membawa bisnis ke level yang lebih tinggi.

 

Facebook Comments

15 KOMENTAR

  1. Banyak orang yang mungkin masih berpikir bahwa tugas hrd “hanyalah” mencari tenaga kerja professional saja, jauh dari kata bad hiring. Padahal tidak demikian. Mereka harus dapat memantau kinerja tenaga kerja yang ada. Tentunya mereka perlu bantuan dari tools digital mumpuni seperti Akrivia ini. Dengan begitu mereka bisa tahu langkah tepat untuk mengatasi kinerja tenaga karyawan yang menurun

  2. Pastinya Akrivia HCM dari Astakona ini bakal useful banget ya buat banyak perusahaan untuk mengelola data-data perusahaan menjadi lebih terkontrol dengan baik. Datanya real time, data terintegrasi, aman dalam privasi data, dan juga sudah berbasis AI jadi makin mempermudah proses kerja perusahaan

  3. Iya banget. Sering deh denger cerita para HRD yang jadi pelampiasan karyawan akibat kebijakan yang dibuat perusahaan. Bahkan temen blogger yang juga jadi HRD di tempat kerjanya, sering cerita di blog dan juga stories2nya.

    Btw, keren ya, sekarang ada juga software untuk HRD. Jadinya pekerjaan HRD bisa lebih terbantu. Kudu pada punya nih perusahaan-perusahaan. Biar perusahaannya bisa lebih efektif dan efisien ya.