minum susu
sumber: https://www.frisianflag.com/

Berbagai kandungan yang terdapat di dalam susu membuat manfaat susu sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. Susu kaya akan gizi, di antaranya vitamin, mineral, protein, lemak, dan kalsium. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk menjalani gaya hidup yang sehat.

Manfaat Susu bagi Kesehatan Tubuh

Susu dapat memberikan manfaat positif bagi perkembangan dan pertumbuhan, seperti membantu menyehatkan tulang dan gigi, otot, jantung, hingga sistem imun tubuh. Tidak hanya untuk anak-anak, dewasa pun memerlukan susu untuk menunjang kesehatan. Berikut ini adalah manfaat susu bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kesehatan tulang dan gigi

Anda tentu sudah pernah mendengar bahwa susu bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. Ini yang membuat susu baik untuk dikonsumsi setiap hari. Susu kaya oleh kandungan kalsium yang membantu memaksimalkan pertumbuhan dan kepadatan tulang pada masa pertumbuhan.

Bukan berarti orang dewasa tidak membutuhkan susu karena sudah lewat masa pertumbuhan. Orang dewasa dapat mengonsumsi susu dengan formula tertentu agar manfaat susu bisa dirasakan secara maksimal. Misalnya mengonsumsi susu rendah lemak untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu untuk kesehatan tulang, susu juga bermanfaat mencegah kerusakan gigi. Vitamin D yang terdapat dalam susu juga membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

Membantu meningkatkan imunitas tubuh

Bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas juga memerlukan sistem penunjang imunitas dan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik dapat mengubah makanan menjadi energi secara optimal. Susu juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat membantu proses pemulihan tubuh ketika sakit.

Kandungan protein tersebut membantu proses pembentukan sel dan jaringan yang rusak ketika Anda sakit. Kemudian, kandungan vitamin A, asam lemak omega-3 dan antioksidan lain yang terdapat dalam susu juga dapat membantu mencegah kerusakan sel serta melawan infeksi. Anda pun akan lebih cepat pulih dari sakit  dan bisa segera beraktivitas normal apabila mengonsumsi susu secara teratur.

 

manfaat minum susu bagi tubuh
sumber: https://www.frisianflag.com/

Pembentukan dan kesehatan otot

Selain untuk kesehatan tulang dan gigi, susu juga dapat membantu menjaga kesehatan otot. Bagi Anda yang rajin berolahraga, tentunya penting untuk mengonsumsi susu. Kandungan protein dengan asam amino esensial yang terdapat dalam susu juga dapat memulihkan otot setelah berolahraga. Dengan demikian, Anda akan tidak mudah lelah.

Selain kandungan protein yang dapat memulihkan otot, ada lemak jenuh dalam susu yang dapat mencegah massa otot berubah menjadi energi. Sehingga susu juga bermanfaat dalam meningkatkan massa otot.

Kemudian, tubuh juga membutuhkan cairan setelah berolahraga agar tidak terjadi dehidrasi. Maka dari itu, susu bisa menjadi pilihan untuk menambah cairan setelah olahraga. Disarankan bagi Anda untuk meminum susu 20 menit setelah selesai berolahraga.

Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat susu tidak hanya sebatas membantu kesehatan tulang, gigi, dan otot saja. Susu juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Terdapat kandungan kalium pada susu yang dapat membantu mengurangi kadar tekanan darah, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit kardiovaskular.

Tetapi manfaat ini dapat bekerja maksimal apabila dibarengi dengan mengurangi asupan garam. Agar terhindar dari risiko penyakit jantung, sebaiknya konsumsi susu yang rendah kadar lemak, seperti Frisian Flag Purefarm Low Fat.

Selain menurunkan tekanan darah, susu juga dapat menetralisasi lapisan perut dan kerongkongan akibat mengonsumsi makanan yang bersifat asam. Terlalu banyak makan makanan yang bersifat asam dapat memicu terjadinya heartburn.

Mencegah dari kanker

Masih ada lagi manfaat susu yang kaya akan kalsium dan vitamin D, yaitu melindungi tubuh dari penyakit kanker. Kandungan kalsium dalam susu dapat membantu melindungi lapisan usus sehingga terhindar dari risiko kanker usus besar atau kanker rektum. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat membantu proses pembentukan sel.

Mengatasi depresi

Tahukah Anda, jika kadar vitamin D yang cukup di dalam tubuh dapat mendukung produksi serotonin? Hormon ini berpengaruh terhadap suasana hati. Selain mengonsumsi susu, cara mendapatkan hormon serotonin adalah dengan melakukan olahraga dan relaksasi, seperti pijat atau menghirup minyak esensial. Oleh sebab itu, mendapatkan asupan vitamin D ditambah dengan aktivitas relaksasi yang cukup dapat membantu mencegah depresi.

Menjaga berat badan

Banyak yang menganggap bahwa susu bisa membuat berat badan naik. Padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Mengonsumsi susu akan memberikan rasa kenyang sehingga Anda bisa mengurangi porsi makan secara bertahap. Sehingga asupan kalori dalam tubuh bisa berkurang dan berat badan lebih terjaga.

Tetapi tetap disarankan untuk tetap rutin berolahraga ketika ingin menjaga berat badan tetap ideal. Rutin berolahraga, mengurangi porsi makan, serta mengonsumsi susu adalah kombinasi yang baik untuk menjaga berat badan berlebih.

Membuat tidur lebih nyenyak

Selain bermanfaat bagi pertumbuhan, ternyata susu juga dapat membantu membuat tidur lebih berkualitas. Istirahat dan tidur yang berkualitas dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Manfaat susu ini dapat dirasakan akibat adanya asam amino triptofan yang membantu memproduksi hormon melatonin dan serotonin. Hormon tersebut dapat membangun mood positif.

Sehingga tidur akan menjadi lebih nyenyak dan bangun tidur menjadi lebih segar. Disarankan untuk minum susu 20-30 menit sebelum tidur agar efeknya lebih optimal.

Itu dia 8 manfaat susu bagi kesehatan tubuh. Mari jaga pola hidup dan asupan yang sehat bagi tubuh. Selalu sedia Frisian Flag Purefarm untuk menemani aktivitas keseharian Anda. Cek website FrisianFlag.com untuk melihat berbagai varian lainnya.

Facebook Comments

Artikulli paraprakReview Bootcamp Hacktiv8 Full Stack Developer
Artikulli tjetërCara Masak dan Tips Memilih Ikan Salmon Segar
Hallo, saya adalah Rusdiana. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.