Belajar programming untuk pemula
Belajar programming untuk pemula

Saya selalu takjub ketika memperhatikan kode-kode yang ada di sebuah template blog yang saya gunakan. Fikiran Saya bertanya-tanya “Bagaimana bisa ya, dari sederet kode-kode tersebut kemudian membuat tampilan website yang utuh?“. Sebagai blogger “totok” kemampuan saya mengotak-atik kode memang tidaklah mumpuni. Selama ini yang saya tahu hanyalah pilih theme, upload, aktifkan. Kalaupun melakukan edit itu hanyalah edit tipis-tipis. Seperti hanya sebatas ganti warna background, font atau paling jauh mengubah ukuran sidebar. Itupun seringkali membuat Saya kebingungan.

Bandingkan dengan tugas dari seorang Full Stack Developer yaitu seseorang yang memiliki skill untuk membuat aplikasi ataupun situs website mulai dari front end yang berupa tampilan visualnya hingga ke bagian back end yang mengurusi fungsi website seperti algoritma, logic hingga ke server dan keamanannya. Mereka tidak hanya mengkustom theme yang sudah ada tetapi membangunnya dari nol sesuai dengan kebutuhannya sendiri.

Karena skill yang dimilikinya tersebut membuat profesi Full Stack Developer sangat dibutuhkan oleh dunia kerja. Peluang karirnya masih terbuka sangat lebar, apalagi di era digital seperti sekarang ini dimana website dan aplikasi sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap bisnis untuk memilikinya.

Pengalaman Ikut Bootcamp Hacktiv8 Full Stack Developer.

 

Review Hacktiv8
Review Hacktiv8

Full stack developer itu seperti paket komplit yang memang harus mengerti beragam bahasa pemrograman. Dan rasanya akan keren banget nih jika menguasai semuanya, siapa tau gitu nanti bisa pindah karir dari blogger jadi programer handal, haha. Nah rasa penasaran ingin ngulik lebih jauh tentang koding ini ternyata menemukan jalannya. Tidak disangka-sangka pada awal bulan Desember ini saya mendapat kesempatan untuk ikut kelas trial Bootcamp Hacktiv8 Full Stack Developer. Siapa yang tidak senang, kami akan belajar di Coding Boootcamp terbaik yaitu Hacktiv8!

Kami terdiri dari 20 orang dari rekan-rekan blogger dikenalkan pada dunia koding full stack developer. Ini benar-benar hal yang sangat baru bagi saya sendiri, dan rasanya sungguh exited! Membuka wawasan dari sisi yang belum pernah Saya ketahui, membangun sebuah website benar-benar dari nol hingga menjadi website yang berfungsi penuh.

Belajar Koding di Hacktiv8, Seru dan Penuh Tantangan.

Mari kita mulai Review Hacktiv8. Sekolah coding ini dilaksanakan full secara online, Kami hadir via zoom untuk menyimak materi yang disampaikan oleh mentor. Ada juga discord sebagai tempat untuk membagikan informasi seputar materi kelas juga sebagai tempat chat antar student dan mentor. Kelasnya berlangsung dalam dua sesi yakni sesi pagi mulai jam 09.00 WIB hingga selesai biasanya 11.30. Lalu ada sesi siang mulai dari jam 13.00 WIB hingga selesai jam 15.00 WIB sore.

Di hari pertama, Kami mulai perjalanan Kursus Full Stack Developer ini. Kelas berlangsung dengan santai namun serius, mentor Kak Seven Simangunsong benar-benar membawakan materi dengan sangat baik. Materinya terus mengundang rasa penasaran sehingga nyaris tidak ada celah untuk melewatkan apa yang dibahas di dalam kelas. Hari pertama kami diperkenalkan pada Git, Visual Code, basic Github dan juga HTML. Lalu pada sesi siang diperkenalkan dengan CSS dan Framework.

Kursus Full Stack Developer

Hari kedua kami diberikan materi tentang “karir” dan berbagai kesempatan yang bisa diraih saat sudah lulus nanti. Jadi Hacktiv8 tidak hanya menjamin siswa menyelesaikan seluruh kelas dengan baik tetapi juga membantu siswa agar bisa diserap oleh industri.

Sesi siangnya ada materi HTML DOM yang ternyata bikin kepala nyut-nyutan karena memang cukup kompleks. Nah selepas itu kita diberi tugas yang harus dikerjakan, jadi alurnya biasanya kita menyetorkan tugas di github untuk kemudian dicek oleh mentor.

Hari ketiga kami ada sesi koding bareng, ini mengasyikan banget. Kita diberikan source kode sebuah tampilan yang masih eror lalu diminta untuk memperbaikinya sesuai dengan poin-poin yang ditetapkan. Kita diberi waktu sampai pada sesi siang dimulai. Pada sesi siangnya kita ada pembahasan dari soal yang sudah diberikan tadi pagi. Dihari ini juga kami dibagi menjadi beberpa grup kecil untuk mengerjakan sebuah final project yakni membuat tampilan web dengan tema yang bisa dipilih.

Coding Bootcamp terbaik
project akhir membuat sebuah website

Hari ke empat kami mempresentasikan final project yang telah dibuat bersama-sama. Grup kami menampilkan web untuk layanan SEO dan Jasa menulis. Nah disini untung saja ada mas Indra DP yang sudah familiar dengan koding, sehingga grup kami berhasil menyelesaikannya. Sesi ini berjalan dengan seru banget, kami semua larut dalam presentasi yang asik tentang projek yang dibuat.

Kelas kami pun usai dengan membawa ilmu yang sangat berguna. Mulai dari membuka wawasan tentang build website dari nol, mencoba koding, hingga berhasl membuat sebuah website sendiri. HTML, CSS, Bootsrap, DOM dan banyak lagi menjadi tema yang membuat penasaran untuk dikulik lebih jauh.

Sekolah coding
Foto bersama secara online

Kenapa harus Bootcamp di Hactiv8

Hacktiv8 adalah tempat Coding bootcamp terbaik yang sangat cocok di ikuti oleh siapapun, bahkan pemula sekalipun untuk menjadi seorang programer ataupun data scientis. Inilah Sekolah coding yang memiliki proses pembelajaran yang efektif serta menerapkan kurikulum yang selalu terupdate sesuai dengan kebutuhan industri. Review Hacktiv8 sangat positif ini karena reputasinya yang sangat terpercaya.

HACKTIV8 adalah coding bootcamp terbaik pertama di Asia yang tergabung dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR). CIRR adalah standar yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada calon siswa adalah hal yang sangat penting.

Belajar Otodidak vs Ikut Bootcamp Coding di Hacktiv8

Review Hacktiv8
Kelebihan hacktiv8

Banyak orang yang bercita-cita untuk menjadi seorang programer tetapi kemudian bingung harus memulai dari mana. Belajar programming untuk pemula secara otodidak sangat mungkin, namun memiliki ini sangat tidak efektif dan memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah:

  • Membutuhkan waktu yang lama
    Karena otodidak, maka kita harus mengumpulkan sumber belajar sendiri, trial eror sendiri dan itu cukup menyita waktu.
  • Belajar tidak sistematis
    Sulit menyusun sistem pembelajaran, kita belajar terkadang ada missing link yang membuat kita cukup kesulitan. Tidak jarang belajar otodidak kemudian kehilangan arah.
  • Jika ada problem, tidak ada mentor yang mengajari dan jaringan yang terbatas.
    Nah jika menemukan problem kita akan cukup kesulitan untuk mengatasinya karena tidak ada mentor yang mengarahkan. Juga terkadang yang terpenting saat belajar adalah membangun networking dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama di bidang ini.
  • Sulit menemukan sumber belajar yang cocok
    Tekhnologi berkembang dengan cepat, terkadang sumber pembelajaran kurang update. Sulit menemukan bahan pembelajaran yang dibutuhkan.

Sementara jika kita mengikuti Kursus Full Stack Developer di Hacktiv8 proses belajar akan terarah sehingga kita akan lebih cepat memahaminya. Ada mentor yang selalu siap membantu proses pembelajaran kita. Belajar programming untuk pemula akan semakin efektif karena kelas berjalan intens dan 1 mentor menangani 5 student sehingga dapat terpantau progresnya. Bahkan ada sesi 1 on 1 yang akan membuat kita lebih leluasa mengutarakan kesulitan saat proses belajar.

Kesimpulan

Sekolah coding
coding quotes – steve jobs

 

Ketika mendengar kata “coding” yang terbayang di dalam kepala itu kesannya begitu rumit, dan karena itulah seringkali orang jiper duluan. Padahal kenyataannya, pemrograman itu sebuah ilmu yang bisa dipelajari dan terbuka bagi siapa saja asalkan memiliki motivasi yang kuat untuk mempelajarinya.

Ingat pada Era 4.0 ini kita dituntut untuk dapat berkembang dengan cepat, menyesuaikan dengan keadaan dan selalu terbuka dengan hal-hal baru. Belajar pemrograman akan menjadi salah satu cara kita meraih peluang ditengah perkembangan dunia digital yang semakin kencang. Coding adalah skill yang mempunyai peluang besar untuk terus berkembang di era digital ini.

Facebook Comments

Artikulli paraprakTips Memilih Jasa Disinfeksi yang Benar-benar Aman
Artikulli tjetër8 Manfaat Susu bagi Kesehatan Tubuh secara Keseluruhan
Hallo, saya adalah Rusdiana. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.