sinergi website dan marketplace
sinergi website dan marketplace di era 4.0

Adik kecil merajuk, kali ini ia minta baso aci yang sedang viral, katanya ia sangat penasaran untuk mencicipi rasa dari makanan tersebut. Ketika mendengarnya pertama kali Saya kira ia ingin membelinya dari pedagang keliling, namun ternyata, ia ingin membelinya dari sebuah situs marketplace, dengan iming-iming free ongkir yang tentu membuatnya sulit untuk ditolak.

Berapa tahun lalu sulit untuk membayangkan bahwa jenis makanan seperti cireng, batagor, baso aci, sambal atau bahkan gudeg bisa dijual secara online. Tetapi kini hal tersebut sudah sangat umum kita jumpai. Dengan internet, kita bisa menjual apapun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Kita bisa menjangkau konsumen yang lebih luas tanpa perlu beranjak dari tempat kita berpijak.

Strategi Bisnis era 4.0, menuntut kita untuk Go online

Internet memberikan kesempatan kepada siapapun untuk berkembang dan memperluas jangkauan bisnis dengan lebih efisien. Ekosistem digital mengatasi kendala distribusi dan pemasaran yang selama ini menjadi kendala dalam bisnis, terutama bagi UKM. Para pelaku bisnis harus melihat ini sebagai peluang, alih-alih merasa tersisih karena enggan untuk beradaptasi.

go online
https://internetofbusiness.com/5-ways-the-internet-of-things-is-transforming-businesses-today/

Jangan sampai bisnis yang kita miliki tutup karena terlambat untuk melakukan Inovasi. Nah untuk itu, pada era serba digital ini kita harus memiliki strategi yang tepat agar bisa tetap berkembang. Pengguna internet yang terus meningkat menyimpan potensi yang sangat besar dan terlalu sayang jika dilewatkan begitu saja.

Ketika bisnis bisa di akses secara online maka kita akan semakin dilirik oleh konsumen karena kemudahannya. Selain itu, bisnis akan memiliki citra yang baik dan terlihat lebih profesional. Mendekatkan diri kepada konsumen dan memberikan kemudahan bagi mereka untuk mendapatkan informasi dan produk akan membuat konsumen semakin loyal.

Manfaat lain dari go online yang paling menyenangkan adalah siapapun kini bisa memiliki bisnis dengan lebih mudah. Karena untuk memulainya bisa dilakukan dengan modal yang relatif kecil. Kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya operasional untuk sewa tempat secara fisik yang biasanya menyedot budget yang tidak sedikit. Kita juga bisa melakukan promosi pemasaran digital dengan budget yang lebih mudah di atur dan lebih tertarget.

Memilih Platform yang tepat Untuk Mengembangkan Bisnis secara Online

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi? Saat ini setidaknya ada dua platform yang menjadi pilihan utama bagi para pelaku bisnis untuk terjun ke ranah online, yaitu situs website dan situs marketplace. Lalu mana yang sebetulnya paling baik untuk bisnis kita dari diantara keduanya tersebut? Mari kita bandingkan.

Membuka toko di marketplace memang sangat mudah, hanya perlu mendaftar dan kemudian toko kita siap untuk mulai mengupload produk dan memulai penjualan. Kita juga tidak perlu direpotkan dengan rumitnya sistem pembayaran dan pengiriman karena semuanya sudah serba otomatis dan tentunya teruji sangat aman.

Namun walau begitu, berjualan di marketplace sebetulnya sangat rentan karena mengharuskan kita bersaing dengan seller lain yang memiliki kategori produk serupa. Bayangkan puluhan atau bahkan ratusan seller berebut konsumen yang sama dan ditampilkan dalam satu page. Kondisi ini kemudian mau tidak mau membuat seller menggunakan jurus “promo” agar konsumen meliriknya. Banting harga & dan adu diskon pada akhirnya hanya akan membuat bisnis berdarah-darah. Apalagi loyalitas konsumen Indonesia terhadap brand masih tergolong rendah karena mereka sangat mudah tergoda dengan iming-iming harga murah.

digital-marketing-strategy

Lalu bagaimana dengan website? jika kita berjualan menggunakan website sendiri, mungkin ini akan sedikit merepotkan di awal namun secara jangka panjang akan sangat bagus bagi bisnis. Saat awal membangun sebuah website kita harus memikirkan untuk membeli domain, hosting sampai kemudian setup instalasinya. Bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang teknis hanya dengan mendengarnya saja sudah menilai ini akan sangat rumit sehingga enggan melakukannya.

Keuntungannya dari memiliki website sendiri adalah kita dapat lebih bebas mengaturnya, baik dari segi produk, ataupun diskon yang akan berlangsung. Kita juga bisa membaca data pengunjung secara mendetail. Mulai dari produk apa yang memiliki prospek bagus, kata kunci yang dipakai, umur pengunjung, serta bahkan asal kotanya. Data-data ini sangat penting digunakan untuk melakukan pengembangan bisnis kita kedepannya.

Kolaborasi keduanya merupakan yang terbaik

Jika terus dibandingkan diantara kedua platform ini tentunya tidak akan ada habisnya. Jadi bagaimana jika mengambil keduanya dan memanfaatkan kelebihannya tersebut untuk kesuksesan bisnis kita. Kolaborasi keduanya akan melengkapi strategi di era 4.0 yang penuh tantangan dan disamping itu juga menciptakan pengalaman yang lebih lengkap bagi konsumen. Pertimbangkan kemudahan marketplace dan jangkauan luas dari sebuah website akan memberikan pilihan yang lebih beragam bagi pelanggan.

Marketplace sangat ideal untuk target konsumen yang ingin bertransaksi lebih cepat dan realtime. Sementara website akan menjadi wadah yang tepat bagi kita untuk membangun branding yang kuat, menciptakan hubungan pelanggan yang lebih loyal, dan untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih leluasa. Website Memungkinkan kita untuk membangun keunggulan kompetitif dalam jangka panjang.

Pentingnya Website untuk mendukung kesuksesan bisnis

Jika kita ingin berhasil di era digital 4.0, maka kita harus memiliki situs web profesional. Situs web bisa menjadi inti dan mendukung semua upaya pemasaran digital dari bisnis yang kita miliki. Website berfungsi sebagai media untuk menyampaikan konten dan akan memberi informasi yang jelas kepada konsumen tentang brand yang kita miliki dan jenis produk atau layanan apa yang kita tawarkan. Bahkan iklan yang kita jalankan juga perlu diarahkan menuju website agar lebih efektif dalam menyampaikan informasi.

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?

Situs web berfungsi sebagai tujuan bagi pelanggan ketika mereka ingin melakukan pembelian atau mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layananan yang kita tawarkan.

Situs website juga sangat efektif dalam mendatangkan calon konsumen yang potensial dari “search engine“. Sebagian besar konsumen akan mencari informasi di internet untuk membantu mereka membuat keputusan saat ingin membeli produk. Konsumen akan mencari tau detail informasi produk, seperti spesfikasi, review dan bahkan bentuk dan dimensinya. Diantara kita pun pastinya banyak yang melakukan pencarian informasi dahulu bukan sebelum ingin membeli produk dari brand tertentu? Tren perilaku pembelian ini menunjukan pentingnya sebuah situs web untuk bisnis saat ini.

Dengan menguasai “kata kunci” yang berkaitan dengan bisnis yang kita jalankan, maka pengunjung yang datang akan sangat tertarget dan memiliki potensi yang besar untuk melakukan transaksi. Situs web dapat menjadi display produk sehingga calon konsumen dapat menemukannya dan menjadi tempat yang sempurna untuk menampung semua konten hebat yang kita siapkan untuk memberikan gambaran terbaik tentang produk atau layanan yang kita miliki.

Memiliki website tidak serumit dan semahal yang dibayangkan

Setelah mengetahui pentingnya sebuah website, sekarang saatnya untuk memilikinya sendiri untuk mendukung bisnismu. Kesan pertama saat mengunjungi website begitu penting, tampilan bisa sangat menentukan apakah pengunjung akan tertarik atau bahkan kecewa dengan website yang kita miliki tersebut.

Desain web profesional harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Navigasi Sederhana – Sebuah website harus memiliki menu navigasi yang jelas dan sederhana sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin mereka cari di situs tanpa harus kehilangan banyak waktu.
  • Desain Menarik – Situs harus menarik, menggunakan warna dan gambar yang selaras dengan branding dari bisnis yang ditawarkan. Situs profesional memiliki keseimbangan antara desain menarik dan konten yang mudah dibaca dan cepat dimuat.
  • Konten Bermanfaat – Konten di situs website kita harus informatif dan membantu pengunjung lebih memahami produk dan layanan yang kita tawarkan. Kita juga harus membidik beberapa kata kunci yang relevan yang mungkin digunakan konsumen ketika mengetikannya di mesin pencari.
  • Optimasi Mesin Pencari – Struktur situs dan konten keduanya perlu dioptimalkan untuk mesin pencari agar banyak pengunjung yang datang. Desain situs profesional harus SEO friendly, kita harus memperhatikan on page maupun off pagenya agar maksimal.
  • Loading Web yang Cepat – Jika situs kita tidak dimuat dalam beberapa detik, pengunjung akan pergi dan memilih website lain. Untuk itu Desain situs web profesional harus bisa memastikan waktu pemuatan yang cepat untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
  • Check Out Mudah – Jika situs website kita juga diarahkan untuk menjadi toko online, maka harus memiliki proses check-out yang cepat dan sederhana.

Nah jika melihat beberapa faktor diatas, pertanyaan selanjutnya adalah bisakah kita membuatnya? Banyak orang menganggap bahwa membuat website itu rumit, harus bisa bahasa pemrograman dan membutuhkan budget yang lumayan besar. Namun anggapan itu sebenarnya sudah tidak relevan lagi, karena kini membuat website sudah jauh lebih mudah dan juga sangat terjangkau.

Domain murah RumahWeb bisa kita miliki untuk mulai membangun website impianmu. Bagaimana jika kita memang benar-benar awam dan tidak ada sama sekali latar belakang IT, bisakah membuat website? Jawabannya tentu bisa, pilih saja layanan dari RumahWeb ini, ada “website builder” atau “jasa pembuatan web“. Dengan memilih layanan ini kita bisa membangun website dengan mudah bahkan semudah menulis di aplikasi office. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, bahkan kita bisa mendapatkan domain gratis di 1 tahun pertama.

  • Website builder
    Dengan memilih paket ini, kita dapat membuat website tanpa perlu ribet karena ada 2 pilihan website builder yaitu Weebly dan Rumahweb Sitebuilder. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, untuk paket profesional hanya 25ribu/bulan sudah mendapatkan domain gratis, ssl gratis, unlimited email account, 2 add on domain dan bisa memilih lokasi server apakah IIX / US /SG. Untuk tampilan juga tersedia puluhan pilihan template gratis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan niche website yang akan di bangun. Ada fitur tambahan berbayar yang bisa dipilih diantaranya “daily backup yang akan memastikan data kita tetap aman, web accelerator yang akan mempercepat loading website hingga 32x lebih cepat, ali mail yang bisa memberikan email custom yang bagus untuk bisnis, dan yang terakhir ada site.pro builder yang akan memberikan kemudahan dalam membangun website bisnis kita”.
  • Jasa Pembuatan Web
    Nah ini adalah salah satu paket yang benar-benar menyerahkan sepenuhnya pembuatan website kepada rumahWeb. Website akan segera online dalam 48 jam sejak order, jika sudah memiliki materi tinggal upload saja bahkan kedepannya bagi mereka yang belum memiliki materi sekalipun bisa langsung memilih paket ini. Kita hanya perlu memilih tema, memilih menu, alamat dan detail bisnis yang kita miliki lalu selesaikan pembayaran. Jangan khawatir, Domain dan hosting sudah termasuk dalam paket pembelian. Ada 3 pilihan paket yakni basic 49ribu/bulan, pro 99ribu/bulan, dan busineses 149ribu/bulan.
hosting rumah web
bangun website dengan mudah di rumah web

Hosting Murah di Rumah Web

Jika kita ingin membangun website dan cukup percaya diri untuk menginstallnya sendiri maka bisa memilih layanan web hosting dengan teknologi cloud computing dari RumahWeb yang terbukti handal. Tersedia pilihan lokasi server di Indonesia IIX, Singapore, dan Amerika. Untuk awalan kita bisa pilih layanan yang terjangkau dan kemudian bisa upgrade jika dibutuhkan. Beroperasi sejak 2002, Rumahweb akan memberikan support terbaik 24 jam penuh didukung oleh “Orang Rumah™” yang ramah dan berdedikasi tinggi.

  1. Cloud Hosting
beberapa klien RumahWeb

Hosting berbasis cloud yang sangat terjangkau, mulai dari 20ribu/bulan kita sudah memiliki hosting yang cukup bagus untuk menjalankan sebuah website pertamamu. menggunakan cPanel yang banyak digunakan oleh webhosting provider di seluruh dunia. Dengan uptime dijamin dengan garansi uptime 99.9 persen.

2. WordPress hosting

Ini adalah platform yang paling umum saat seseorang memutuskan untuk membangun sebuah website. RumahWeb memiliki paket hosting dengan panel Plesk yang sangat mudah untuk dipahami. Kita bisa melakukan Manajemen WordPress terpusat, core auto-update, security scan, plugin & theme management. Website yang dibangun akan memiliki Load website luar biasa cepat dengan LiteSpeed support HTTP/2. Paket termurah mulai dari 25ribu/bulan dan paling mahal adalah 250ribu/bulan dengan spesifikasi yang sangat mumpuni.

3. VPS Cloud hosting

Salah satu kelebihan VPS adalah kinerja yang dikatakan dapat lebih bagus daripada shared hosting, namun bagi kebanyakan orang mendeploy VPS akan lebih rumit daripada shared hosting umumnya. Nah RumahWeb menawarkan paket layanan VPS tanpa perlu menjadi repot instalasi, control panel dan troubleshoot. Tim rumahWeb akan menghandle semuanya Free Managed Services hingga terasa seperti shared hosting pada umumnya. Paket VPS RumahWeb mulai dari 199ribu/bulan.

4. Unlimited hosting

Mulai dari 24.900/bulan kita bisa mulai membangun website impian, Cpanel yang mudah digunakan dan pilih weebly site builder ataupun wordpress yang sudah di optimized. Dapatkan domain gratis, SSl gratis, Unlimited bandwith, Unlimited email account, Unlimited domain, Unlimited traffic limit. Yang pasti ini akan cocok untuk menjadi “rumah” bagi website yang kamu miliki.

Kembangkan Bisnismu, bangun Websitemu Saat ini Juga

Jangan ragu mengambil keputusan untuk membangun websitemu saat ini juga. Lebih cepat dibangun maka akan lebih banyak waktu bagi kita melakukan optimasi untuk mendapatkan keuntungan bisnis. Untungnya saat ini membuat website tidak sesulit dulu, banyak kemudahan bahkan bagi mereka yang benar-benar awam.

Layanan domain murah ditambah lagi sebagai penyedia hosting Indonesia terpercaya dengan reputasi yang tidak tergoyahkan, membuat RumahWeb merupakan partner yang tepat untuk pilihan ini. So, yuk lengkapi strategi bisnis era digital 4.0 ini tidak hanya mengandalkan marketplace saja tetapi dukung juga dengan memperkuat branding menggunakan website profesional.

Facebook Comments