Contoh Latihan Keseimbangan Yang Membantu Tubuh Lebih Bugar
Contoh Latihan Keseimbangan Yang Membantu Tubuh Lebih Bugar

Ada banyak pilihan olahraga yang dapat dilakukan tanpa perlu banyak bergerak, khususnya untuk Anda yang fokus olahraganya bukan untuk menurunkan berat badan layaknya kardio. Mungkin hanya sekedar ingin meningkatkan kebugaran tubuh saja sebenarnya tetap bisa olahraga, contoh latihan keseimbangan, jenis olahraga yang tidak banyak gerakan yang harus dilakukan.

Ada banyak orang kurus yang malas untuk berolahraga, dengan alasan takut nantinya dengan olahraga berat badan justru akan semakin turun, kesulitan untuk bisa mencapai berat badan ideal atau agar bisa gemuk.

Padahal tidak semua jenis olahraga ditujukan untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan, sebaiknya hindari dulu jenis olahraga kardio yang memang mempercepat pembakaran kalori tubuh, sebagai solusinya bisa mencoba olahraga angkat bean ataupun juga dengan latihan keseimbangan.

Pada dasarnya latihan keseimbangan tidak hanya cocok untuk orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak hingga yang sudah tua.

Berikut ini beberapa contoh latihan keseimbangan yang dapat Anda coba lakukan, yaitu:

1. Standing Tree Pose

Standing Tree Pose
cr: unsplash

Seperti namanya latihan yang satu ini adalah berdiri dengan satu kaki dengan tangan yang diangkat keatas mirip seperti pose pohon. Ini adalah gerakan untuk menjaga keseimbangan yang paling mudah untuk dicoba.

Lakukan hanya sekitar 30 detik saja di satu bagian kaki, kemudian lakukan dengan durasi yang sama di kaki yang sebelahnya. Hal ini berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih seimbang.

2. Single Leg Deadfit

Selain membantu untuk menjaga keseimbangan, sebenarnya fase ini juga bagus untuk memperkuat beberapa otot tubuh, seperti diantaranya paha, perut hingga betis. Jadi untuk yang ingin mengencangkan otot paha bisa mencoba gerakan tersebut.

Caranya juga mudah yaitu dengan memposisikan diri berdiri dengan satu kaki, sedangkan satu kaki lainnya diangkat ke belakang dengan posisi yang sama lurusnya dengan badan membungkuk, di salah satu bagian tangan juga bisa membawa beban, lakukan selama beberapa detik dan ulangi pada salah satu bagian tubuh lainnya untuk hasil optimal, bagi pemula sendiri posisi ini mungkin agak sulit dilakukan.

Contoh_Latihan_Keseimbangan
cr: https://fithub.id/blog/contoh-latihan-keseimbangan-tubuh

3. Bosu Ball Squat

Ada juga alat lain yang akan membantu program latihan keseimbangan yaitu bosu ball, di pusat kebugaran atau tempat fitness sudah banyak yang menyediakannya, sehingga bisa dimanfaatkan. Sebenarnya jenis latihan ini mudah untuk dilakukan serta banyak manfaatnya, karena selain untuk keseimbangan juga dapat mengencangkan otot di bagian paha serta kaki.

Caranya cukup dengan berdiri di atas bosu ball saja, gerakan yang dilakukan mirip seperti squat jump, yaitu kedua tangan diletakkan pada dada atau lurus kedepan. Ulangi gerakan tersebut paling tidak 10 kali.

4. Standing Crunch with Under The Leg Clap

Gerakannya memang agak sulit dilakukan, namun memiliki banyak manfaat seperti melatih otot paha, betis, lengan dan perut hingga membantu menjaga keseimbangan itu sendiri. Berdirilah dengan satu kaki sedangkan satu lainnya diangkat hingga atas pinggang, setelah itu lakukan gerakan tepuk tangan di bagian bawah paha kaki yang diangkat. Setelah itu angkat kedua tangan dan lakukan gerakan tepuk tangan di atas kepala, lakukan secara bergantian.

5. T-Stand with Hinge dan Side Bend

Ini juga termasuk latihan keseimbangan yang cukup populer, caranya adalah dengan mengangkat satu kaki hingga pinggang, setelah itu rentangkan tangan, setelah itu angkat kaki ke bagian belakang, setelah itu turunkan salah satu tangan ke bagian bawah mirip seperti posisi pesawat terbang, yaitu dengan membungkuk. Latihan tersebut bagus untuk menjaga keseimbangan, sekaligus juga menguatkan otot perut, paha serta betis.

Pada dasarnya contoh latihan keseimbangan tersebut dapat dilakukan sendiri di rumah, namun jika Anda memerlukan alat maka harus dilakukan di pusat kebugaran, akan lebih efektif jika dibantu dengan ahli untuk mengurangi terjadinya risiko cedera.

Anda bisa memilih kelasnya secara mudah yaitu di FIT HUB, menariknya FIT HUB ini punya jaringan tempat fitness atau pusat kebugaran yang tersebar di seluruh Indonesia, bisa booking dulu kelasnya secara online lewat aplikasi mereka. sehingga lebih mudah untuk pilah-pilih pusat kebugaran dan menentukan jadwalnya sekarang ini.

Facebook Comments