cara masak ikan salmon

Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang sangat populer untuk dikonsumsi. Bukan hanya karena rasanya yang lezat dengan teksturnya yang lembut, tetapi juga karena beragam manfaat nutrisi yang terkandung didalamnya. Ikan Salmon diantaranya kaya akan jenis lemak tak jenuh omega-3. Nutrisi ini sangat bagus untuk kesehatan jantung dan membantu menjaga kulit, persendian, dan keseimbangan hormon. Selain itu Salmon juga kaya akan vitamin dan mineral seperti Vitamin D, Vitamin B1, B2, dan B3.

Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan Salmon segar untuk kemudian kita masak sendiri. Namun karena ikan salmon bukanlah ikan lokal dan berasal dari dua lautan di Dunia, yaitu Pasifik dan Atlantik. Maka hal ini menyebabkan Salmon memiliki harga yang cukup premium. Untuk memasaknya dibutuhkan trik tertentu, Yuk kenali jangan sampai ikan premium ini berakhir menyedihkan karena memasaknya tidak tepat.

Tips Memasak Salmon

Cara masak ikan salmon diantaranya adalah dengan cara digoreng, dipanggang, dipanggang lambat, direbus dan bahkan mentah sebagai sushi. Tetapi memasak ikan ini tidaklah semudah yang dibayangkan lho, apalagi jika kamu tidak mengenali karakter ikan salmon yang memang teksturnya lembut. Jika tidak hati-hati ikan dapat menempel dengan mudah ke wajan sehingga sulit mempertahankan bentuknya dan ikan hancur menjadi serpihan kecil.

1. Jangan lepas kulitnya

Jika kita ingin menggoreng atau memanggangnya sebaiknya kita tidak melepas kulit ikan salmon. Kenapa tidak boleh dilepaskan? Pertama-tama ini karena kulitnya enak! Tetapi selain itu, kulitnya ini memberikan lapisan antara daging ikan dengan wajan atau panggangan panas sehingga membuatnya tidak mudah lengket. Mulailah memasak dengan sisi kulit menghadap ke bawah, dan biarkan hingga garing.

Akan jauh lebih mudah untuk membalikan kulit salmon daripada bagian dagingnya yang lembut. Tetapi jika kamu memasaknya dengan cara memanggang lambat atau merebusnya, maka bagian kulit ini sebaiknya dilepaskan. Karena jika tidak ikan akan berakhir dengan tekstur berminyak yang tidak enak.

2. Cara Memasak Salmon

Proses ini seringkali terjadi kesalahan paling umum yang menyebabkan ikan yang kita masak tidak berakhir menjadi makan malam elegan seperti yang dibayangkan. Jika menggunakan panggangan atau wajan, masak salmon dengan sisi kulit menghadap ke bawah sampai kulitnya renyah.

Tunggu sampai daging berubah dari merah muda hingga menjadi putih buram dari sepanjang sisinya hingga ke bagian atas. Setelah itu, kita dapat membaliknya dan biarkan sisa panas wajan memasak ikan hingga matang. Memasak salmon hingga medium-rare atau medium tidak masalah, itu akan empuk dan lezat.

3. Merebus Salmon

Jika ngin merebus salmon, jangan gunakan air biasa karena ini adalah kesempatan bagi kita untuk menambahkan rasa! Paling tidak, taburi air dengan lemon dan setengah siung bawang putih ataupun tambahkan bahan rempah lainnya sesuai selera. Ini akan menambahkan aroma yang lezat saat kita menyantapnya.

Salmon Segar

Penting Untuk Memilih Salmon yang Segar

Untuk memastikan rasanya yang lezat serta keamanan saat mengkonsumsinya maka kita harus memilih ikan salmon yang segar. Tanda ikan segar diantaranya adalah tidak berbau menyengat tetapi ia memiliki aroma yang lembut. Daging ikan harus memantul kembali saat ditekan, ikan yang sudah tidak segar memiliki tekstur lembek dan mudah hancur.  Kita juga bisa melihat berdasarkan warnanya, ikan segar memiliki warna merah muda, mata yang berkilau jernih dan insang yang merah segar.

Nah jika sudah bisa membedakan mana salmon segar dan tidak, kita jangan ragu lagi untuk memasaknya sesuai selera. Dengan beragam nutrisi yang terkandung didalamnya, ikan salmon adalah ikan yang sangat rekomended untuk dikonsumsi.

Facebook Comments

Artikel sebelumya8 Manfaat Susu bagi Kesehatan Tubuh secara Keseluruhan
Artikel berikutnyaMemahami Penggunaan Kata Despite dalam Bahasa Inggris
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.