Cara Merawat Mesin Bor dan Tips Memilih Alat Mata Bor

Mesin Bor listrik bisa dikatakan sebagai salah satu peralatan yang cukup diperlukan di rumah. Walaupun pengunaannya mungkin tidak sering, tetapi keberadaan peralatan ini akan sangat membantu untuk berbagai keperluan. Seperti, bor dinding untuk memajang foto, memasang gantungan, instalasi peralatan rumah tangga, memasang furniture dan banyak lagi yang lainnya.

Saat ini sudah banyak tersedia electric drill yang harganya cukup terjangkau sehingga sangat cocok untuk penggunaan personal di rumah. Dan tentu saja ini adalah salah satu item yang menjadi incaran para bapak-bapak. Karena konon, salah satu tanda Kita sudah jadi bapak-bapak adalah punya hobi untuk koleksi alat pertukangan, perbengkelan, beli toolbox segala macam padahal kalau dipikir-pikir tidak butuh-butuh amat.

Peralatan ini jadi penting karena digunakan digunakan bongkar-bongkar dan membuat sesuatu ala-ala DIY. Walaupun hasil akhirnya terkadang tidak sesuai ekspektasi, tapi percayalah ini memang benar-benar terasa menyenangkan.

Pilih mesin Bor Cordless atau Tidak?

Bor berkabel atau electric drill seringkali lebih ringan daripada bor tanpa kabel atau cordless, ini karena tidak memerlukan baterai yang berat. Namun kelemahan dari alat ini adalah tidak mudah dipakai di mana saja, karena Kita perlu menggunakan kabel ekstensi.

Sementara Bor tanpa kabel akan memberikan mobilitas lebih besar karena Kita dapat membawanya ke mana saja tanpa harus mencari colokan. Bor cordless biasanya dibekali dengan baterai Lithium-ion yang lebih efisien dan dapat diisi ulang. Ini memungkinkan baterai bor terisi penuh lebih cepat dan menyimpan lebih banyak daya lebih lama.

cara memilih bor tembok dan harga mesin drill

Cara Merawat Mesin Bor

Nah agar mesin bor tetap beroperasi dengan baik, Kita perlu mengetahui cara merawatnya yang tepat. Jangan biarkan peralatan yang Kita miliki jadi tidak berguna gara-gara salah perawatan. Berikut adalah lima tip penting tentang cara merawat mesin bor agar bisa dipakai optimal dan menghindari perbaikan yang mahal.

1. Bersihkan Mesin Bor Secara Teratur

Salah satu tips perawatan yang jangan sampai diabaikan adalah selalu bersihkan mesin bor secara rutin. Ini karena debu yang menumpuk, serpihan, dan partikel lainnya dapat menyebabkan mesin bor macet. Pembersihan rutin akan mencegah hal ini terjadi dan menjaga mesin bor bisa tetap berfungsi normal.

Untuk membersihkannya, mulailah dengan mencabutnya dan melepaskan semua bagian atau perlengkapannya. Gunakan kain lembut untuk menyeka badan mesin bor, pastikan untuk menghilangkan kotoran dari saluran udara. Gunakan sikat kecil untuk membersihkan bagian-bagian kecil lainnya. Setelah selesai, pasang kembali mata bor dan perlengkapannya, lalu simpan dengan baik.

2. Lumasi Mesin Bor

Tip selanjutnya adalah melumasi mesin bor secara teratur. Pelumasan membantu mengurangi gesekan antar bagian yang bergerak, yang dapat menyebabkan keausan seiring waktu. Ini juga membantu mencegah karat dan korosi yang dapat merusak mesin bor.

Untuk melumasi mesin bor, jangan lupa untuk membaca petunjuk dari penggunaannya untuk mengetahui pelumas mana yang direkomendasikan. Kebanyakan mesin bor memerlukan beberapa tetes pelumas untuk dioleskan ke chuck dan bagian bergerak lainnya. Pastikan untuk menyeka sisa pelumas untuk mencegahnya belepotan.

3. Simpan Mesin Bor dengan Benar

Penyimpanan yang tepat sangat penting untuk menjaga mesin bor tetap prima. Bila tidak digunakan, sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan sejuk untuk mencegah karat dan korosi. Perhatikan untuk menyimpannya dengan aman sehingga tidak terjatuh atau rusak.

Tempat penyimpanan mesin bor yang baik adalah yang memberikan perlindungan terhadap debu, kelembapan, dan elemen lain yang dapat menyebabkan kerusakan. Selain itu pastikan untuk menjauhkannya dari potensi bahaya dan tidak bisa dijangkau anak-anak.

4. Periksa Mata Bor

Apa pun jenis mesin bor yang dipilih, penting untuk memeriksanya secara berkala. Seiring waktu, mata bor bisa menjadi tumpul atau rusak. Ini dapat menyebabkan mesin bor bekerja kurang efisien juga dapat menyebabkan kerusakan pada benda kerja.

Untuk memeriksa mata bor, pastikan tidak ada tanda-tanda keausan. Jika mata bornya tumpul atau rusak, segera ganti. Kita juga harus memeriksa ukuran dan jenis mata bor yang digunakan untuk memastikan cocok dengan material yang akan dibor.

5. Gunakan Mesin Bor dengan Benar

Menggunakan mesin bor dengan benar sangat penting untuk keawetannya. Penggunaan yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada mesin bor, begitu juga dengan material yang Kita bor.

Menggunakan mesin bor dengan benar antara lain atur kecepatan dan torsi yang benar untuk material yang akan di bor, menggunakan ukuran dan jenis mata bor yang tepat, dan memastikan benda kerja terpasang dengan baik sebelum mengebor. Intinya, selalu ikuti petunjuk penggunaan dan pedoman keselamatan saat menggunakannya.

jenis mata bor

Tips Memilih Alat Mata Bor

Mata bor tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran yang diperuntukan bagi bahan dan tujuannya sendiri. Karena penggunaan mata bor yang salah untuk material atau pekerjaan tertentu dapat menyebabkan pengeboran tidak efisien, mata bor rusak, dan bahkan risiko keselamatan. Berikut adalah tips untuk memilih alat bor yang bisa kamu simak.

1. Material yang Ingin di Bor

Sebelum membeli mata bor, penting untuk mengetahui secara pasti apa yang diperlukan. Apakah akan mengebor beton, besi atau kayu? Ini karena masing-masing material mempunyai kebutuhan mata bor yang berbeda-beda sesuai dengan karakternya. Untuk itu setiap mata bor dirancang dengan lekukan dan pola tertentu yang bisa menentukan seberapa efektif mata bor tersebut mengebor material.

Mata bor twist bits, masonry bits, mata bor engsel, spur bits, dan countersink bits adalah beberapa jenis mata bor yang bisa dipilih sesuai dengan material yang akan dibor.

2. Berapa Ukuran Mata Bor Yang dibutuhkan?

Untuk menentukan ukuran mata bor, Kita perlu menghitung diameter lubang yang perlu dibor. Mata bor dengan ukuran diameter antara 1 mm hingga 20 mm adalah mata bor yang paling umum digunakan.

3. Jenis Mata Bor

Kebanyakan power drill dilengkapi dengan beberapa mata bor bawaan, untuk kebutuhan dasar seperti bor tembok mungkin ini sudah cukup. Tetapi jika butuh hasil yang lebih presisi, ukuran yang lebih besar dan hasil yang lebih halus kita akan memerlukan sesuatu yang ekstra.

Untuk itu sesuaikan jenis mata bor dengan hasil yang diinginkan. Pastikan untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang pekerjaan yang akan dilakukan karena dengan demikian kita dapat menemukan jenis mata bor terbaik sesuai kebutuhan kita.

electric drill

4. Bahan Mata Bor

Jangan membeli mata bor dari baja karbon rendah karena meskipun harganya murah, namun perlu sering diasah. Mata bor high speed steel (HSS) dan mata bor kobalt adalah yang terbaik. Beberapa mata bor yang lebih spesifik memiliki ujung yang terbuat dari tungsten carbide dan ada juga berlian yang merupakan bahan keras sehingga dapat mengebor hampir semua material.

Selain itu, ada juga mata bor juga yang dilapisi untuk meningkatkan ketahanannya terhadap panas dan korosi. Pelapis yang paling umum digunakan adalah black oxide, dan yang dapat memperpanjang umur mata bor hingga lima kali lipat seperti titanium.

5. Mata Bor Berkualitas dan standar

Ketika kita ingin membeli mata bor pastikan untuk memilih produk yang berkualitas tinggi dan memiliki standar yang jelas. Mata bor yang berkualitas biasanya memiliki standar DIN 330 hingga DIN 335. Din sendiri adalah standar fabrikasi dari Jerman untuk produksi manufaktur.

Kesimpulan

Harga mesin drill saat ini sangat bervariasi, bahkan bisa dimiliki mulai dari harga ratusan ribu saja. Tetapi tentu saja Kita harus selektif saat ingin membelinya, jangan hanya tertarik dengan harga murah lalu mengabaikan kualitasnya. Pastikan untuk membeli mesin bor listrik yang terbaik agar dan kinerjanya memuaskan. Setelah itu, lakukan perawatan secara teratur dan pilihlah mata bor sesuai dengan peruntukannya ini akan membantu mesin bor bisa dipakai lebih lama.

 

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini