marketing trends

Strategi pemasaran terus berkembang seiring dengan perubahan jaman. Seperti sebuah seni, strategi pemasaran terus berevolusi menyesuaikan dengan dua faktor utama yakni teknologi dan kebutuhan konsumen.

Faktor pertama yaitu teknologi, ini membuat marketing trends menyesuaikan diri bersamaan dengan teknologi yang bermunculan. Seperti saat mulai berkembangnya iklan cetak bergambar maka strategi pemasaran juga memanfaatkannya sebagai saluran komunikasi yang efektif pada eranya. Lalu sekarang kemunculan pemasaran digital telah mengubah paradigma industri secara signifikan.

Faktor kedua adalah kebutuhan konsumen, ini merupakan suatu faktor yang tidak bisa diabaikan dalam menentukan strategi marketing. Setiap waktu menciptakan strategi pemasaran tujuannya adalah untuk menarik konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka yang terkadang dapat berubah dengan cepat.

Perpaduan kedua faktor ini menjadi alasan mengapa marketing adalah sebuah filosofi bisnis yang dinamis karena terus berkembang. Saat ini strategi pemasaran telah berkembang dalam beberapa tahap: 1.0, 2.0, 3.0, 4.0 dan 5.0. Setiap tahap menandakan periode tertentu dalam ilmu pemasaran.

 konsep pemasaran

Untuk lebih memahaminya:

  • Pemasaran 1.0 — Ini adalah era dimana produsen hanya berfokus pada produk. Ide utamanya adalah untuk menonjolkan fitur dan manfaat produk serta meyakinkan calon konsumen untuk mengambil keputusan pembelian.
  • Pemasaran 2.0 — Pada masa ini marketing lebih berorientasi pada pendekatan pelanggan. Tahap evolusi pemasaran ini lebih dekat dengan apa yang kita anggap sebagai pemasaran saat ini karena tahap ini mengalihkan fokus pada kebutuhan pelanggan.
  • Marketing 3.0 — pendekatan pemasaran yang tidak hanya fokus pada kebutuhan pelangganya tetapi juga pada dampak lingkungan dan sosial. Meski mirip dengan tahap sebelumnya, nyatanya ada perbedaan besar. Tahapan ini lebih pada transformasi perusahaan memasarkan produk atau layanannya sebagai bagian dari misi yang lebih besar dan berdampak sosial.
  • Marketing 4.0 — Ini adalah era transisi dari teknik pemasaran tradisional ke digital. Brand menjadi lebih dekat dengan konsumennya sementara teknologi membawa perubahan dalam membentuk tipe pelanggan baru.

Menyambut era Pemasaran 5.0

Saat ini kita sedang berada di fase awal dari Marketing 5.0, ini adalah fase dimana strategi pemasaran dipadukan dengan teknologi yang lebih advance. Penerapan teknologi digunakan untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan meningkatkan nilai karena konsumen selalu menginginkan lebih banyak fitur.

Marketing 5.0, yang secara konseptual diluncurkan oleh Kotler pada tahun 2021, ini merupakan penyatuan dari kombinasi teknologi dan manusia. Dalam pemasaran 5.0, penting bagi brand untuk memperhatikan kebutuhan konsumen hampir secara real time, artinya pemasaran tetap berfokus pada kebutuhan pelanggan tapi selalu dilakukan berdasarkan pertimbangan pada data.

marketing trends

Next Technology adalah istilah umum untuk sejumlah teknologi baru yang begitu powerfull sehingga dimasa lalu dianggap sebagai sebuah fiksi ilmiah:

  • Artificial intelligence;
  • Natural-language processing;
  • Augmented reality;
  • Virtual reality.

Kehadiran teknologi diatas mengubah lansekap pemasaran secara keseluruhan. Saat ini beberapa perusahaan besar di dunia sudah mulai aktif menggunakan AI dan teknologi baru untuk mempelajari konsumennya. AI dapat digunakan untuk melakukan analisa dan prediksi terhadap potensi pembelian dan bahkan pola belanja konsumen untuk menciptakan solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemasaran.

Analisis semacam ini tidak lagi memerlukan terlalu banyak keterlibatan manusia sehingga menghasilkan penghematan biaya namun hasilnya benar-benar sangat luar biasa. Itulah mengapa sulit untuk mengabaikan dampak Next Tech terhadap praktik pemasaran secara keseluruhan.

Penggunaan marketing 5.0 bukanlah sebuah pilihan, melainkan sudah menjadi keharusan agar bisnis yang dijalankan tetap relevan dan berhasil dalam era pemasaran yang berubah dengan cepat. Ketika bisnis segera menerapkan konsep pemasaran terbaru, maka akan ada banyak peluang yang dapat dimanfaatkan agar bisnis bisa bertahan dan terus berkembang ditengah tantangan yang semakin beragam.

Memilih partner terbaik untuk melakukan marketing 5.0

iklan di mobilNah jika kemudian Anda menyadari tentang pentingnya marketing 5.0 namun tidak tahu harus memulai darimana, maka Anda bisa memilih StickEarn yang punya konsep pemasaran proven di era sekarang ini. StickEarn memadukan iklan di MobileLED Advertising dan Offline-to-Online Advertising (O2O) yang akan membantu meningkatkan impresi bisnis secara offline dan online.

Menariknya, di akhir tahun ini ada yang spesial karena Kita bisa menggunakan promo YES! (Year End Sales 2023). Dengan promo ini Anda bisa menggunakan MobileLED Advertising akan dapat gratis O2O. Sebuah penawaran yang tentunya akan sangat sayang untuk dilewatkan.

Facebook Comments