playpen pvc
src: thevocket

Tumbuh kembang bayi usia 8 bulan telah tampak dari tingkah polahnya yang semakin menggemaskan. Kini ia telah bisa merangkak sehingga membutuhkan pengawasan lebih ekstra lagi, jangan sampai ia menemukan benda kecil yang kemudian dimasukan kedalam mulutnya. Selain itu perhatikan kabel-kabel dan stop kontak agar tidak bisa diraih olehnya. Jika memungkinkan bunda bisa membuat “playpen baby box” atau pagar bermain. Playpen akan sangat membantu untuk menjaga agar anak tetap aman ketika orang tua harus melepaskan pengawasan kepada si Kecil. Karena ada kondisi dimana orang tua harus mandi, mencuci, atau membereskan rumah dimana tidak selalu bisa membawa si kecil bersama-sama.

Untuk jenis bahan playpen bervariasi, ada yang terbuat dari kayu, dan banyak juga yang terbuat dari plastik. Di berbagai marketplace banyak ditemukan seller yang menjual playpen secara online. Tetapi jika ingin lebih hemat, orang tua bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan sederhana. PVC bisa menjadi alternatif membuat playpen sendiri dengan mudah dan harga yang dikeluarkanpun relatif lebih murah. Di dalam baby box kita bisa letakan matras yang empuk agar si kecil dapat bermain tanpa khawatir akan terbentur jatuh ke lantai.

Beberapa tutorial pembuatan baby box dari PVC ini banyak ditemukan di youtube, sehingga bisa langsung untuk dicoba.

Tumbuh kembang bayi 8 bulan berikutnya adalah kemampuannya untuk mulai mengenali orang-orang disekitarnya dan memanggil dengan kata-kata sederhana. Ia sudah mampu membedakan antara orang asing yang jarang dilihatnya dengan anggota keluarga, ia akan menolak digendong jika merasa tidak mengenal orang tersebut. Bagi para orang tua, pada masa ini harus terus mencoba berinteraksi dengan mengajarkan kata-kata dan isyarat yang dapat mengekspresikan perasaan si kecil. Kemampuan verbalnya mulai berkembang dengan semakin baik.

Untuk pemberian makanan, bayi 8 bulan belum bisa memakan makanan keras. Tetapi bunda bisa mulai memperkenalkan buah-buahan yang memiliki tekstur lunak seperti pisang, alpukat dan pepaya sebagai selingan makanan utama. Tetapi yang perlu di ingat, berikan makanan dengan potongan yang kecil dan sekali makan, karena jika terlalu besar dikhawatirkan bisa berbahaya tersedak.

Nah itulah beberapa milestone bagi bayi usia 8 bulan, jika buah hati bunda belum memenuhi beberapa poin jangan khawatir karena bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda, tetapi jika bunda pensaran bisa saja berkonsultasi dengan dokter anak agar bisa mendapat jawaban yang pasti.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTips Mencegah Biang Keringat pada Bayi
Artikel berikutnyaResep Ayam Geprek Ungkep yang Gurih dan Lezat
Rian Ciung
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.