biang keringat bayi

Cuaca saat ini cenderung lembab dan gerah di malam hari, bagi bunda tentunya akan sedikit khawatir jika kemudian si kecil akan terkena biang keringat. Walaupun cenderung tidak berbahaya, biang keringat cukup mengganggu kenyamanan sang buah hati, ia biasanya menjadi rewel dan isitirahatnya terganggu. Ruam merah kecil-kecil muncul sebagai penanda jika si biang keringat mulai bersemayam. Letaknya di lipatan-lipatan tubuh seperti leher, ketiak, lipatan siku, dan selangkangan.

Lalu kenapa bayi dan anak-anak seringkali terkena biang keringat ?. Hal ini dikarenakan si kecil memiliki pori-pori kulit yang lebih kecil dibandingkan pori-pori orang dewasa. Selain itu, kelenjar dan saluran keluar keringat juga belum sepenuhnya berkembang. Tidak heran jika cuaca panas dan lembab kemudian muncul biang keringat pada si kecil.

biang keringat

Obat biang keringat yang efektif bisa bunda coba mengoleskan lotion calamine pada kulitnya. Namun, berhati-hatilah sebaiknya hindari mengoleskan lotion pada kulit di dekat mata sikecil. Jika biang keringat yang dialami cukup parah, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak. Bunda bisa meminta rekomendasi lotion yang tepat untuk mengobati ruam biang keringat sang buah hati.

Sebisa mungkin jangan memakai bedak tabur untuk mengurangi ruam biang keringat. Karena sesungguhnya, bedak tabur seperti itu malah dapat menyumbat pori-pori sikecil sehingga keringat tidak lancar bersirkulasi, yang pada akhirnya malah semakin menyebar. Usahakan tubuh si kecil untuk tetap sejuk dan kering, tetapi jangan mengarahkan kipas angin atau AC langsung ke badan si kecil ya bunda. tempatkan si kecil pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga tidak lembab dan pengap.

Untuk tindakan pencegahan, bunda bisa memakaikan baju yang memiliki serat alami, misalnya yang berbahan katun. Pakaian dari bahan ini bisa menyerap keringat dengan baik, dan cenderung lebih adem saat dipakai. Hindarilah pemakaian baju dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon, karena pakain dari jenis ini dapat mengisolasi panas. Bunda bisa memilihkan pakaian yang longgar kepada Si Kecil pada hari yang panas, agar ia tidak merasa kegerahan.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumya5 Headset Plantronics Anyar dan Keunggulannya
Artikel berikutnyaPerkembangan Bayi 8 Bulan, yuk Bikin Baby Box Sendiri dari PVC
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.