Bali adalah surga wisata yang tidak pernah sepi, pulau dewata yang penuh dengan aneka ragam budaya eksotis yang berpadu dengan lansekap alam yang rupawan. Sungguh sebuah perpaduan luar biasa yang membuat turis selalu kangen dan ingin kembali. Dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, Bali memang menjadi primadona wisata yang belum tertandingi. Tujuan wisatanya yang beragam mulai dari pantai, pegunungan, hingga atraksi budaya didukung oleh akomodasi yang lengkap membuat dunia wisata Bali selalu siap menyambut para wisatawan.

Hotel berbintang, Penginapan, Resort, Villa dengan berbagai pilihan harga bisa kita temui dengan mudah di Bali. Mau ala backpacker atau ala koper, kita bisa menemukan akomodasi yang paling sesuai dengan budget tanpa kesulitan. Untuk masalah kuliner, Bali juga memiliki banyak pilihan menu dan tempat makan yang bisa kita coba. Untuk wisatawan muslim mungkin akan ada sedikit kekhawatiran dengan kehalalan makanan Bali, mengingat mayoritas penduduk bali memeluk agama Hindu. Namun saat ini kekhawatiran tersebut harusnya tidak terjadi lagi sebab di Bali sudah banyak resto halal yang tersebar dan mudah ditemui.

Tempat Makan Enak Di Bali plus halal berikut ini bisa kamu jadikan referensi selama berlibur di Bali.

1. Bali Buda

Bali Buda adalah tempat yang tepat untuk menemukan makanan halal dan juga sehat. Di Tempat kuliner ini, mereka menyediakan menu-menu sehat dan vegetarian yang hampir semua bahannya berasal dari pertanian organik tanpa zat kimia. Tak hanya menjual makanan saja, Restoran Bali Buda juga menjual produk-produk serta bakery di area shop-nya. Pilihan minumannya pun cukup beragam dan tentu saja dibuat dengan sangat mengutamakan kualitas serta kesehatannya. Bali Buda ini terdapat di kawasan Uluwatu, Ubud, dan Sanur.

2. Bale Udang Mang Engking.

Sebuah resto yang mengusung suasana nyaman pedesaan, padahal Bale Udang Mang Engking hanya berjarak lima menit saja dari pantai Kuta. Suasana tradisional begitu terasa dengan saung-saung terapung di tepi kolam yang menambah nikmat saat bersantap. Sesuai namanya, disini hidangan utamanya adalah olahan berbagai varian penyajian udang yang cita rasanya begitu menggugah selera. Jika udang belum cukup, kitapun bisa memesan menu lain seperti cumi-cumi, daging, ikan, ayam, atau sayur. Bale Udang Mang Engking bisa kita jumpai di daerah Ubud dan Kuta.

3. Raja’s Balinese Restaurant

Resto ini akan menyajikan makanan khas Indonesia dengan sangat baik dan elegan. Interiornya sungguh memukau dengan nuansa yang teratur dan tertata dengan apik, Pelayanannya ramah dan menyenangkan. Dan bagi pengunjung muslim, jangan khawatir karena resto ini sudah mengantongi sertifikat halal MUI.

4. Café De Dapoer, The Rhadana Kuta.

Restoran ini memiliki suasana yang asri dan menyenangkan. Cafe De Dapoer merupakan tempat yang nyaman untuk makan romantis berdua dengan pasangan ataupun berkumpul bersama teman dan keluarga. Menu andalan De’dapoer adalah Sop Buntut Si Mpok, Ayam Goreng Mamie, Nasi Goreng Kambing, dan Nasi Campoer Tamblingan. Dan yang pasti sajian di resto ini terjamin kehalalannya.

5. Warung Wardani.

resto halal baliBagi yang menginginkan hidangan rumahan yang terjangkau, kita bisa memilih untuk makan di Warung Wardani yang terletak di Denpasar juga di Kuta. Menu utama yang bisa kita pilih disini adalah nasi campur ditambah dengan lauk sate lilit, ayam suwir pedas. Untuk sajian halal yang enak, Warung Wardani ini cukup rekomended.

Selain lima resto diatas sebetulnya masih banyak lagi resto halal lainnya yang bisa kita pilih ketika liburan di bali. Namun jika merasa ragu-ragu, kita bisa menggunakan tips-tips dibawah ini.

Tips Makan Halal di Bali

1. Makan di FastFood.
Untuk makanan halal Kita bisa memilih restoran fastfood yang banyak tersebar di Bali. Fastfood seperti KFC, Mc Donald, AW sudah memiliki sertifikat halal dari MUI. dan sudah dipastikan akan kehalalannya. Selain itu, harga makanan fastfood sudah tertera sehingga bisa menyesuaikan pengeluaran untuk makan dengan baik.

2. Memilih restoran masakan Padang/Jawa/Tegal/Sunda.
Jika ingin suasana yang lebih longgar dan merakyat kita bisa memilih makan di resto dari daerah halal. Resto Padang, Sunda, Tegal, Jawa Timuran biasanya menyediakan makanan dengan jaminan halal. Restoran ini juga dapat dengan mudah ditemui di kawasan-kawasan yang ada di Bali. Apalagi, cita rasa makanan khas daerah ini juga sudah familiar dengan lidah masyarakat umum Indonesia.

5. Pilih Restoran yang Menampilkan label Halal.
Jika kita sudah merasa keroncongan dan  kebetulan melihat resto memberikan tanda halal pada sebuah plang. Kita bisa bersantap disana, biasanya karena sekarang pengunjung muslim semakin banyak maka restoran di Bali pun menyediakan menu halal dan memasang tanda halal di restorannya.

5. Jangan ragu untuk bertanya.
Cara yang paling pas untuk memastikan halal tidaknya, kita bisa bertanya langsung. Jangan khawatir, karena masyarakat bali pada umumnya akan jujur dan mengatakan mana makanan halal dan mana yang bukan.

Tempat makan enak di Bali plus halal bukan lagi halangan selama kita berlibur di Bali, Semoga tips dan referensi diatas bisa membuat liburan semakin berkesan. Jika urusan makanan lancar maka kita bisa menikmati liburan dengan tenang. Yuk Liburan ke Bali..!