Sudah bukan rahasia jika alat transportasi memang saat ini menjadi benda yang amat dibutuhkan oleh semua masyarakat. Mobil menjadi salah satunya dimana sangat diimpikan untuk dimiliki karena kenyamanan yang lebih dibanding dengan motor atau kendaraan umum. Bagi Anda yang punya mobil pribadi, maka wajib sekali hukumnya untuk selalu jaga kebersihan mobil. Untuk kebersihan yang utama adalah di bagian eksterior mobil sehingga memberikan kesan mobil amat terawat.

Salah satu masalah yang kerap ditemukan pada mobil adalah dari segi jamur yang ada di body mobil. Alasan munculnya jamur ini banyak sekali mulai dari air hujan dimana mengandung asam hingga air biasa yang tak dilap segera sehingga bisa sebabkan jamur muncul. Bagi Anda yang punya masalah dengan jamur di body mobil, maka berikut ini beberapa bahan sederhana yang bisa Anda pakai:

  1. Alkohol

Cara yang pertama adalah dengan penggunaan alkohol di mobil. Untuk caranya pun amat sangat mudah yakni hanya dengan menggunakan kapas atau kain lembut lalu diberikan alkohol dengan kadar 50% sampai 90%. Menuangkannya pun tak harus banyak-banyak. Sebelum dituang, alkohol baiknya dikocok dulu lalu baru tuangkan dan langsung gosok ke bagian mobil yang terkena oleh jamur tadi. Gosok sampai hilang jamurnya dan jika sudah Anda bisa mengelapnya sampai bersih.

  1. Pemutih pakaian

Tak banyak yang tahu akan metode yang satu ini yakni dengan pemakaian pemutih pakaian untuk jamur di body mobil. Langkah penggunaannya pun sangat mudah dan mirip dengan ketika menggunakan alkohol tadi. Gunakan kain lembut lalu celupkan kain itu ke pemutih pakaian. Jika sudah, langsung gosok dengan agak kuat ke bagian mobil yang terkena oleh jamur tadi. Gosok sampai hilang jamurnya dan jika sudah Anda bisa mengelapnya sampai bersih. Akhiri dengan bilas area tersebut sampai bersih dan lap memakai lap kering.

  1. Minuman bersoda

Memang trik ini agak aneh ketika dipergunakan karena menggunakan minuman. Namun kandungan soda yang ada di dalamnya ternyata tak hanya bisa untuk minum saja, namun juga bersihkan karat dan jamur. Caranya adalah dengan gosok dulu bagian yang terkena jamur dengan kain biasa, baru kemudian kain lembut lalu celupkan ke minuman bersoda. Jika sudah, langsung gosok dengan agak kuat ke bagian mobil yang terkena oleh jamur tadi. Gosok sampai beberapa kali jika jamur dirasa membandel.

Itulah tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan jamur yang kerapkali menempel di permukaan mobil. Ternyata dengan bahan sederhana pun jamur bisa disingkirkan bukan? Pastikan untuk segera membersihkan ketika Anda melihat ada noda jamur sehingga tidak jadi noda jamur yang membandel.