review daihatsu sirion

Beli mobil pertama bisa jadi hal yang sangat menantang apalagi jika Kita masih awam tentang jual beli mobil bekas. Seperti banyak keputusan keuangan lainnya, ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Kita harus melakukan perencanaan agar dapat membantu Kita membuat pilihan yang terbaik.

Satu hal yang perlu diingat untuk yang baru mau beli mobil pertama adalah Kita harus memilih dengan rasional. Misalnya, mobil eropa mungkin harganya saat ini sudah sangat terjangkau tetapi Kita harus ingat bahwa sparepart dan biaya perawatannya mungkin tidak semudah dan semurah mobil Jepang.

Lalu sebaiknya cari mobil yang bagaimana? Ini kembali lagi pada kebutuhan dan budget yang dimiliki. Bagi yang punya keluarga besar, mobil tiga baris akan sangat cocok. Tetapi bagi keluarga kecil, sebuah hatchback 2 baris rasanya sudah lebih dari cukup.

Kelebihan Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion ini memang sedikit underated jika dibandingkan dengan seri lainnya dari Daihatsu. Padahal dari segi desain, fitur dan spesifikasi, Sirion punya modal yang sangat mumpuni sebagai daily driver. Di Malaysia, Sirion yang diperkenalkan sebagai Perodua MyVi benar-benar sangat populer.

Daihatsu Sirion pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2007, dengan desain membulatnya yang cukup ikonik. Kala itu ada dua trim yang diperkenalkan yakni trim D dengan ukuran velg 14 inci dan trim D dengan velg 16 inci. Pada tahun 2008 ada penyegaran yang dilakukan oleh Daihatsu dengan menghadirkan trim Femme dan Drift.

Baru pada tahun 2011, Daihatsu Sirion meluncurkan generasi berikutnya, lalu tahun 2015 tampil seri facelift yang bertahan hingga tahun 2018. Dari tahun 2018 rilis lagi seri selanjutnya yang hingga saat ini Daihatsu Sirion masih diproduksi dan masih ada seri terbarunya.

Nah bagi yang mencari mobil pertama dengan budget 100 jutaan, Daihatsu Sirion generasi kedua dari segi fungsional, durability, harga, desain dan performa sangat baik sehingga bisa jadi pilihan yang masuk akal. Berikut adalah beberapa penjelasannya.

jual beli mobil bekas
jual beli mobil bekas ol

Harga 100 Jutaan dengan Fitur lengkap

Harga Daihatsu Sirion saat ini untuk kisaran 100 jutaan di situs jual beli mobil bekas masih dapat tahun 2015. Dibandingkan dengan yang sekelasnya, Daihatsu Sirion bisa dapat tahun muda dan memiliki fitur yang terbilang lengkap sehingga termasuk yang paling reliable untuk dimiliki.

Kualitas interiornya cukup baik dengan digunakannya material yang solid. Bagian dashboard two tone, ada head unit integrated dan pengaturan AC yang cukup lengkap dengan tombol yang modern. Ada 2 colokan USB di depan dan samping jok supir sisi dalam.

Lampu belakang dan head lamp sudah LED walaupun Foglamp masih halogen. Yang menarik, penyetelan sudut arah sinar lampu LED depan sudah bisa dilakukan secara elektronis dari dalam kabin. Untuk fitur safety, sudah ada Dual SRS Airbags, Seatbelt Pretensioners & Force Limiter, 3 Points Seat Belt dan ISOFIX.

Desain

Untuk hal ini preferensi pribadi mungkin akan berbeda-beda, tetapi menurut saya Daihatsu Sirion gen 2 yang sudah facelift ini jauh lebih enak dipandang mata daripada seri sebelumnya. Grill depan lebih simple tanpa aksen chrome sementara lampu depannya menambah kesan agresif.

Disisi samping sudah terpasang Side Stone Guard dan Side Body Moulding yang menambah kesan sporty. Untuk bagian belakang, lampu led clear memanjang kebagian atas. Secara keseluruhan, desainnya terasa pas dan tidak berlebihan.

sirion interior

Lega dan View Luas

Walaupun Sirion adalah hatchback yang identik dengan dimensi yang kompak, tapi jika kita masuk kedalamnya benar-benar terasa lega. Legroom baris kedua sangat luas, bahkan bagi yang tingginya 175cm masih banyak cukup ruang.

Untuk sensasi menyetirnya juga menyenangkan, Kita bisa mendapatkan view yang luas ke segala arah. Walaupun stirnya belum tilt dan teleskopik, tetapi joknya memiliki pengaturan yang membuat Kita nyaman selama menyetir.

Konsumsi BBM Irit

Daihatsu Sirion ini terkenal dengan konsumsi BBMnya yang irit. Mesin yang digunakan adalah NR 1.329 cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i yang serupa dengan yang terpasang di Avanza G. Mesin ini memiliki konsumsi BBM yang efisien.

Untuk rute kota kombinasi tol konsumsi BBM ada di range 1:13 sampai 16 km/liter. Sementara untuk rute full tol Daihatsu Sirion ini bisa membukukan konsumsi BBM 20 km perliternya. Sungguh irit sehingga akan cocok sekali bagi yang baru punya mobil pertamakali.

sirion-facelift-2015
sirion-facelift-2015

Perawatan murah, Sparepart banyak

Banyak orang yang ragu memiliki Sirion karena merupakan mobil CBU. Padahal untuk urusan sparepart, Sirion tidak perlu khawatir. Masih sangat melimpah, apalagi part mesinnya juga banyak persamaan dengan yang dipakai di Avanza dan Xenia. Untuk ganti Oli, hanya butuh tiga liter saja yang mana ini sangat terjangkau.

Kesimpulan

Bagi yang masih bingung mencari mobil pertama, daripada bolak-balik kunjungi jual beli mobil bekas, maka Daihatsu Sirion bisa jadi pilihan yang terbaik di rentang harga 100 jutaan. Dari segi fitur cukup lengkap, konsumsi BBM irit, perawatan juga gampang. Ini cocok bagi yang ingin upgrade dari motor ke mobil karena biaya perawatannya relatif terjangkau.

Facebook Comments