Bermain masak-masakan adalah salah satu kenangan manis yang pernah Saya miliki dimasa kecil. Saat itu, Saya dan teman sepermainan seringkali janjian untuk memulai permainan itu sepulang sekolah. Dengan memanfaatkan barang-barang yang ada, Kami larut dalam peran masing-masing. Ada yang kebagian sebagai tukang masak ada juga yang jadi pembeli dengan uang mainan disakunya.

Ini benar-benar terasa sangat menyenangkan, Kami bisa memainkannya hingga lupa waktu. Salah satu kekurangan dari permainan ini adalah Kami harus membereskan sisa permainan setelah semuanya selesai. Kami harus mengemasi mainan yang telah digunakan, menyapu sampah yang tertinggal dan menata tempatnya seperti sediakala.

Bermain masak-masakan seperti jaman Kami kecil tentu tidak lagi diminati oleh anak-anak jaman sekarang. Ditengah internet yang semakin cepat dan banyaknya smartphone, membuat mereka lebih memilih untuk bermain games memasak online. Lalu apakah games memasak bagus bagi perkembangan anak?

Manfaat Games Memasak bagi Perkembangan Anak

Anak-anak belajar dan berkembang dengan mengamati kejadian sehari-hari. Dan karena makanan dan memasak merupakan aktifitas mendasar dalam kehidupan keseharian Kita, maka memperkenalkan kegiatan memasak kepada anak-anak sejak usia dini akan sangat penting untuk mendukung perkembangan mereka.

Mengajaknya berinteraksi secara langsung di dapur saat orang tuanya memasak bisa jadi cara yang bagus. Begitupun dengan game memasak online, akan sangat sesuai dengan karakter anak jaman sekarang yang senang memainkan gadget. Ini akan menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan mereka pada dunia makanan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka bermain game memasak secara online.

Game memasak adalah cara yang luar biasa untuk merangsang permainan imajinatif mereka. Berbagai games memasak untuk anak yang tersedia online bisa jadi lebih dari sekedar aktivitas hiburan yang menyenangkan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat perkembangan dan pendidikan.

Game memasak mengajak anak untuk bermain peran dan menciptakan berbagai karakter dalam permainan imajinatif. Di dalam game anak dapat memerankan situasi dan perilaku kehidupan nyata sebagai Chef, ini akan membantu mereka mengembangkan kreativitas, keterampilan motorik, bahasa, dan kemampuan memecahkan masalah.

Rekomendasi Situs games memasak Online Terbaik

Online Culinary Games for Children
https://www.culinaryschools.org/kids-games/

Saya menemukan situs ramah anak yang menampilkan konten game masak dan kuliner yang akan disukai oleh si kecil. Tampilan situs ini simpel dan minim iklan sehingga loadnya sangat cepat. Asyiknya lagi kita tidak perlu mendownload apapun untuk memainkannya, Kita hanya perlu mengunjunginya dan memainkannya dari browser langsung.

Ada ribuan game yang bisa Kita mainkan disini, untuk mempermudah mencarinya ada kategori yang bisa Kita pilih. Seperti Food Education games, serving eaters, other fun food themed games, dan card games. lalu ada sub kategori lagi untuk mengerucutkan pencarian.

Untuk mencobanya Kamu bisa mengunjungi culinaryschools.org/kids-games/. Game bisa dimainkan sama baiknya di tampilan dekstop maupun seluler. Dan berikut adalah beberapa game yang Saya coba dan terasa sangat menyenangkan.

1. Pac Chef

 

game masakan
game masakan

Misi kita adalah mengumpulkan koin dan bahan makanan untuk berbagai resep yang berbeda di setiap levelnya. Ini sangat menyenangkan! Sekilas permainan ini akan mengingatkan Kita pada game legendaris Pac Man, tentu saja karena game ini memang terinspirasi dari sana.

Kita akan menelusuri lorong-loorng penuh dengan koin yang dijaga oleh 3 penjaga. Diantara koin tersebut ada bahan-bahan makanan tersembunyi yang harus Kita dapatkan. Beberapa saat kita juga akan punya kekuatan untuk mem-pause si penjaga ketika bertemu.

pac chef

Ada 6 level yang berbeda, dan Saya sangat menikmati memainkannya. Di dalam game Kita bisa masuk ke mode layar penuh yang akan lebih menyenangkan. Tekan esc jika ingin keluar mode penuh. Ada logo speaker di sudut kanan yang akan melengkapi pengalaman bermain dengan nada midinya yang ikonik. Untuk mengarahkan di pc memakai tanda panah di keyboard, sementara di ponsel memakai layar sentuh.

Kamu bisa memainkannya klik https://www.culinaryschools.org/kids-games/pac-chef/

2. Pancake Pile-up

game masak online

Game selanjutnya terlihat sederhana, misinya hanyalah menumpuk pancake sebanyak-banyaknya. Tapi ini tidak semudah kelihatanya lho, saat awal mencobanya saya tidak bisa mencetak skor lebih dari 20! dan seiring waktu saat mulai terbiasa, saya bisa mencetak skor 50.

Apa yang membuatnya menantang? Pancake yang dijatuhkan akan bergoyang-goyang tidak stabil saat semakin tinggi. Pancake yang plufy akan membal saat ditimpa oleh pancake lainnya. Bagi saya ini permainan yang never ending, karena selalu ada tantangan saat memulai game baru. Pengaturannya sederhana, Kita hanya perlu menjatuhkan pancake itu dan menyusunnya setinggi mungkin. Kita bisa memainkannya dalam mode layar penuh.

Kamu bisa memainkannya klik https://www.culinaryschools.org/kids-games/pancake-pileup/.

3. Ice Cream

game untuk anak perempuan

Menjadi seorang penjual es krim yang menghadapi permintaan berbeda-beda dari setiap pelanggan adalah misi game ini. Kita akan bertindak sebagai pedagang es krim yang setiap harinya menghadapi tantangan yang semakin meningkat. Mulai dari jumlah pembeli juga variasi es krim yang semakin banyak.

Ada delapan variasi es krim, empat variasi toping dan dua type cone yang terbuka seiring level yang meningkat. Kita dituntut untuk jeli dan cermat ketika ada pelanggan membeli es krim dengan variasi yang berbeda. Games ini mengajarkan Kita untuk berkonsentrasi ketika menerima instruksi.

Kamu bisa memainkannya klik https://www.culinaryschools.org/kids-games/ice-cream/.

4. Choco Block

Bagaimana jadinya jika game yang mirip dengan tetris tapi bloknya diganti dengan suasana coklat? Nah inilah yang disajikan oleh permainan ini. Kita harus menyusun blok yang turun serapi mungkin agar tidak penuh. Ada beberapa ukuran coklat yang unik untuk disusun, bahkan ada yang bekas gigitan juga.

Pada dasarnya ini sangat mirip dengan tetris, Kita bisa melihat blok selanjutnya yang datang di sudut kanan. Sementara untuk memindahkannya bisa menggunakan tombol panah di keyboard.

game tetris choco

Jangan kaget kalau ada kejutan “power up“, mulut yang memakan habis blok. Yang membuat ini menantang adalah seiring oin yang didapat semakin banyak maka blok yang turun akan semakin cepat. Jadi Kita harus berfikir dengan cepat. Bagi Saya game ini benar-benar menyenangkan.

Kamu bisa memainkannya klik https://www.culinaryschools.org/kids-games/choco-blocks/.

5. Candy Pig

Ini mungkin terdengar absurd, bagaimana ada babi yang memburu permen. Saat pertama kali dimainkan Saya kira ini permainan yang bisa saja tapi begitu level berlanjut, kesulitannya makin tinggi. Penempatan permen dan obstaclenya semakin bervariasi. Ini menantang Kita untuk menggapai semua permen agar dapat bintang tiga.

Untuk memainkannya sangat sederhana, Kita hanya perlu mengarahkan kemana si Babi itu akan pergi. Tangkap semua permen bintang dan mendarat di ember yang berisi tumpukan koin. Game ini benar-benar bisa membuat penasaran.

Kamu bisa memainkannya klik https://www.culinaryschools.org/kids-games/candy-pig/.

Kesimpulan

Saya tidak menyangka jika bermain game online bertema makanan akan terasa begitu menyenangkan. Game seperti ini bukan hanya menyenangkan bagi si kecil tetapi bagi para orang tua yang ingin sejenak bersantai. Ini seperti membangkitkan kenangan masa kecil yang telah lama terlewati. Dengan memainkannya langsung dari browser maka semuanya jadi lebih praktis, hanya perlu klik dan mainkan.

Diluar lima game yang Saya sebutkan masih ada banyak lagi game yang tersedia untuk dimainkan. Semuanya terbagi dalam beberapa sub kategori yang bisa Kita pilih. Memainkan game bertema makanan bersama si kecil adalah ide yang sangat baik. Ini akan membentuk bonding yang akan hidup dalam kenangannya hingga kelak

Memainkan permainan memasak online gratis juga dapat membantu anak-anak mempelajari keterampilan penting, membuat mereka memilih makanan sehat, mengajari mereka cara aman di dapur, dan meningkatkan pengetahuan umum mereka tentang makanan dan kuliner.

Facebook Comments