doa setelah adzan
doa setelah adzan

Berkumandangnya adzan menjadi tanda bahwa waktu sholat sudah masuk. Berdoalah setelah adzan guna mendapatkan pahala yang berlimpah.

Umat muslim yang melafalkan maupun mendengarkan adzan akan mendapatkan banyak pahala sesuai janji Allah SWT. Saat muadzin mengumandangkan adzan, orang – orang yang mendengarnya disunahkan untuk menjawabnya.

Terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan usai mendengarkan adzan. Salah satu amalannya yaitu membacakan shalawat dan doa. Didalam kitab Asna al-Mathalib karya Imam Zakaria al-Anshary disebutkan bahwa umat muslim disunahkan untuk membaca shalawat setelah mendengar adzan. Terutama membaca sholawat Ibrahimiyah.

Berikut ini bacaan sholawat setelah adzan yang bisa diamalkan.

Bacaan latin : “Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ ‘ali sayyidinâ Muhammad kamâ shallaita ‘alâ sayyidinâ Ibrâhim, wa ‘ala ‘âli sayyidinâ Ibrâhim, wa bârik ‘alâ sayyidinâ Muhammad wa ‘alâ ‘âli sayyidinâ Muhammad kamâ bârakta ‘alâ sayyidinâ Ibrâhim, wa ‘alâ ‘âli sayyidinâ Ibrâhim, innaKa Hamîdun Majîdun.”

Artinya : “Ya Allah, berilah rahmat pada Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau merahmati Nabi Ibrahim dan keluarganya, serta berkati-lah Nabi Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau berkati-lah Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

Umat muslim bisa melanjutkan sholawat diatas dengan membaca doa setelah adzan berikut ini.

“Allâhumma Rabba hâdzihid-da’wati at-tâmmati, wash-shalâtil-qâimati, âti sayyidanâ Muhammad al-washilah wal fadlîlah, wad-darajatar rafi’ah wab’atshu maqâman mahmûdan alladzî wa’adtah, innaka lâ tukhliful-mî’âd.”

Artinya : “Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan sholat yang tetap didirikan, kurniai-lah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan tempatkan-lah dia pada kependudukan yang terpuji, yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wajah zat yang paling Penyayang.”

Didalam kitab Jami’ul Ahadits disebutkan bahwa terdapat doa khusus setelah adzan Maghrib yang bisa diamalkan. Adapun bacaan doannya yaitu :

Bacaan latin : “Allahumma hadza iqbâlu lailika wa idbâru nahârika wa ashwâtu du’âika faghfir lii.”

Artinya : “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa – doa untuk-Mu, maka ampuni-lah aku.”

Selain diwaktu sholat Maghrib, umat muslim pun dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan subuh. Adapun bacaan doanya yaitu :

“Allahumma hadza iqbâlu nahârika wa idbâru lailika wa ashwâtu du’âika faghfir lii.”

Artinya : “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa – doa untuk-Mu, maka ampuni-lah aku.”

Keistimewaan berdoa setelah mendengarkan adzan menurut Sa’ad bin Abi Waqqash, Rasulullah SAW bersabda :

“Siapa yang mengucapkan setelah mendengar adzan : Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, radhitu billahi robbaa wa bi muhammadin rosulaa wa bil islami diinaa (aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, aku ridha sebagai Rabbku, Muhammad sebagai Rasul dan Islam sebagai agamaku), maka dosanya akan diampuni.”

Keistimewaan yang akan didapatkan umat muslim yang membaca doa setelah adzan antara lain akan dihapuskan semua dosa – dosanya, dikabulkan semua doa – doanya, dan disediakan surga bagi yang berdoa. Selain itu juga akan mendapatkan saksi kebaikan serta khusnul khatimah kelak dan mendapatkan pahala yang sebanding dengan 10 kali bersholawat.

 

 

 

Facebook Comments