Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Rusak

Anda mungkin pernah membuang makanan dengan berat hati karena makanan itu busuk atau basi. Untuk membuat makanan agar tetap segar lebih lama, cobalah cara penyimpanan berikut ini.

Simpan sesuai temperature
Kita umumnya menyimpan semua buah da sayuran di dalam kulkas. Padahal buah dan sayuran tertentu justru rusak jika disimpan di dalam temperature dingin. Contohnya labu, tomat dan jeruk.

Simpan produk kering di kulkas
Produk kering seperti terigu, maizena, padi-padian (grain) cenderung mengundang serangga yang merusaknya sehingga tak bisa dipakai lagi. Untuk mencegah kerusakan simpan di dalam kulkas atau freezer yang membuatnya aman dari hama.

Simpan buah dan sayuran secara terpisah
Kita sering menyimpan buah bersama dengan sayuran di dalam kotak crisper di dalam kulkas. Beberapa jenis buah, termasuk apel, mengeluarkan gas yang disebut ethylene. Gas ini membuat sayuran lebih cepat matang. Jadi, simpan buah dan sayuran secara terpisah sehingga sayuran tidak cepat matang.

Agar pisang tidak cepat busuk.
Pisang matang yang disimpan dalam suhu kamar menjadi cepat busuk. Agar tahan lama, simpan pisang matang di dalam kulkas. Kulit pisang memang berubah jadi coklat, tapi daging buah bertahan lebih lama.

Agar makanan bertahan lebih lama
Pindahkan makanan yang tidak habis dimakan ke dalam kotak atau wadah penyimpanan makanan kedap udara. Lalu simpan di kulkas.

Facebook Comments