potong foto 4x6

Beberapa waktu yang lalu adik saya yang baru saja lulus sekolah mulai sibuk mempersiapkan berkas-berkas untuk melamar pekerjaan. Termasuk juga mempersiapkan pas foto 4×6 untuk melengkapinya. Untungnya saat ini kamera smartphone sudah semakin jernih dan bagus, jadi bisa ambil foto sendiri tanpa harus ke studio foto.

Tapi yang tidak disadari, membuat pas foto itu ada beberapa ketentuan yang sebaiknya diketahui. Nah bagi kamu yang juga sedang mencari referensi membuat pas foto 4×6 sendiri yuk disimak.

Background Pas Foto

Pas foto adalah foto close up yang mengambil bagian kepala sampai dada dengan keadaan tubuh tegak. Pas foto ini dibuat untuk tanda pengenal ataupun sebagai informasi identitas seseorang. Background yang digunakan biasanya adalah merah, biru, putih dan kuning.

Kode warna background foto

  • Background merah ini digunakan bagi mereka yang lahir ditahun ganjil. Penggunaannya untuk kartu pengenal seperti ktp dan SKCK.
  • Background Biru biasanya digunakan untuk mereka yang lahir di tahun genap. Selain itu juga digunakan untuk dokumen nikah yang wajib menggunakan warna latar belakang biru.
  • Background kuning biasanya digunakan untuk kalangan ASN, TNI dan Polri.
  • Background putih biasanya digunakan untuk dokumen permohonan Visa.

Ketentuan Pas Foto

Nah sebelum mengambil foto, ada baiknya kamu simak dahulu beberapa ketentuan dibawah agar hasil fotonya maksimal dan tidak ditolak saat akan membuat dokumen.

  • Karena kebanyakan pas foto ini digunakan untuk dokumen resmi jadi usahakan untuk memakai pakaian yang rapi dan juga formal. Terlebih jika untuk keperluan lamaran pekerjaan, pas foto Kita seharusnya bisa memberikan kesan positif kepada recruiter.
  • Walaupun diambil dengan kamera smartphone, usahakan jangan sampai terlihat bayangan objek. Pencahayaan sebisa mungkin merata sehingga bagian muka, bahu dan di sekitar telinga bisa terhindar dari bayangan.
  • Jika memakai kacamata usahakan jangan sampai terlihat pantulan bayangan pada wajah atau kaca mata.
  • Wajah harus menunjukkan ekspresi yang normal, tidak tegang tetapi juga tidak tersenyum, mulut tertutup dan melihat lurus ke kamera. Mata haruslah terbuka dan terlihat jelas.
  • Pas foto harus diambil dengan close-up dari kepala dan bahu sehingga muka memiliki proporsi sekitar 25% dari seluruh foto.
  • Dan ingat jangan memakai filter ataupun diedit berlebihan yang bisa membuat foto terlihat beda dengan wajah aslinya.

Edit Pas Foto dan Ukurannya

Pas Foto 4×6 adalah ukuran foto yang seringkali dipakai di Indonesia selain ukuran 2×3, dan 3×4. Foto ukuran 4×6 ini biasanya dibutuhkan untuk melengkapi syarat administrasi seperti untuk dokumen nikah, membuat SKCK dan pelengkap lamaran kerja.

Nah untuk ukurannya sendiri 4×6 bukan berarti 4 cm x 6 cm lho tapi seperti ini dalam ukuran cm, mm, inch, dan piksel.

Pas Foto 4X6 3.81 X 5.59 cm 38.1 X 55.9 mm 1.50 X 2.20 inch 450X660 pixels

 

Bagi yang bisa editing, potong foto 4×6 bisa menggunakan software seperti photosop, dan bagi yang ingin simple Kita bisa memakai aplikasi canva atau secara online melalui situs-situs edit foto. Yang terpenting tentunya kita tahu ukurannya dan background warna apa yang hendak dipakai.

Potong foto 4×6 dengan Canva

pas foto

Canva adalah salah satu yang cukup bisa diandalkan untuk edit-edit foto sederhana termasuk potong foto 4×6. Selain itu juga fleksibel karena bisa diakses di komputer dan juga smartphone. Yuk mulai.

  1. Foto yang ingin di jadikan 4×6 harus dibuang dulu backgroundnya dengan cara akses situs https://www.remove.bg/.
  2. Upload fotonya lalu klik remove background setelah selesai download fotonya.
  3. Buka canva, lalu login atau jika belum punya akun bisa  daftar dulu.
  4. Klik tanda plus untuk memulai proyek baru
  5. Pilih “ukuran khusus”, masukan ukuran foto 4×6
  6. Lalu pilih warna background Kode warna merah yaitu #db1514 dan kode warna biru yakni #0090ff
  7. Masukan foto yang sudah dibuang backgroundnya lalu sesuaikan.
  8. Nah setelah selesai tinggal disave.

Nah itulah beberapa hal yang mungkin akan sangat membantu kamu saat ingin membuat pas foto. Langkah-langkahnya mudah dan simple sekali. Hanya perlu hp saja dan tidak perlu membutuhkan keahlian editing. So silahkan dicoba.

Facebook Comments