Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman

Badan yang ideal adalah dambaan semua orang untuk menjaga penampilan dan membuat tubuh lebih terasa fit. Menurunkan berat badan memang tidak mudah, apalagi jika kamu sudah mengalami kelebihan berat badan (overweight). Meski demikian, bukan berarti kamu tidak dapat mencapai berat badan yang ideal, asal punya komitmen kamu bisa mendapatkannya.

Ketika sudah berkomitmen menurunkan berat badan, sebaiknya kamu harus aktif berolahraga dan mengatur gaya hidup. Untuk memulainya kamu bisa menerapkan pola makan sehat dan meningkatkan aktivitas fisik secara berkala agar mendapatkan berat badan ideal.

Pola makan sehat bisa kamu dapatkan dengan memilih makanan tanpa MSG dan atur porsinya agar tidak terlalu berlebihan. Simak ulasan berikut mengenai 5 tips yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan aman.

Minum Air Sebelum Makan

Beberapa penelitian telah menjelaskan bahwa minum air sebelum makan dapat membantu program penurunan berat badan. Pasalnya, dengan minum air terlebih dahulu kamu jadi akan merasa cepat kenyang sehingga tidak lagi berselera untuk makan.

Selain itu, seringkali kita sedang merasa haus namun tanpa sadar muncul menyerupai rasa lapar. Kondisi ini disebut sebagai sinyal tubuh palsu, sehingga alih-alih langsung makan sebaiknya kamu mencoba untuk meminum air terlebih dahulu.

Jangan Tinggalkan Sarapan

Sarapan adalah jadwal penting yang tidak boleh dilewatkan karena akan memengaruhi kondisi tubuhmu sepanjang hari. Dengan sarapan kamu juga memaksimalkan program penurunan berat badanmu karena dapat mengurangi keinginan untuk makan cemilan yang tidak sehat.

Bagi sebagian orang, jika sudah sarapan bahkan bisa mengurangi rasa lapar saat siang hari sehingga bisa mengurangi porsi makan. Selain menurunkan berat badan, cara ini juga sekaligus dapat mengendalikan kadar gula darah dan metabolisme tubuh tetap seimbang.

Makan Protein Saat Sarapan

Saat sarapan kamu bisa lebih fokus makan protein daripada karbohidrat karena protein akan mengatur hormon nafsu makan. Peran protein di sini adalah dengan menurunkan hormon ghrelin yang berfungsi untuk merangsang nafsu makan.

Tidak hanya itu, akan terjadi pula peningkatan hormon peptida kolesistokinin yang dapat membuatmu merasa kenyang. Beberapa sumber protein yang disarankan untuk menu sarapanmu diantaranya telur, gandum, olahan mentega kacang, dan sarden.

Rutin Olahraga

Jika kamu menerapkan pola makan sehat dengan jadwal yang teratur akan percuma jika tidak kamu barengi dengan aktivitas fisik. Tidak perlu terlalu berambisi dengan jenis olahraga yang menguras energi, cukup dengan olahraga ringan untuk menurunkan berat badan.

Berjalan kaki selama 30 menit cukup untuk kamu lakukan saat diet, cukup mudah dan murah karena tidak membutuhkan alat. Jika ingin lebih seru, kamu juga bisa mencoba bersepeda atau berenang, dengan aktivitas ini kamu juga dapat membuatmu lebih rileks.

Pilih Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat akan membuatmu merasa kenyang dalam jangka waktu lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan cemilan. Kondisi ini dapat terjadi karena serat akan larut dan membantu proses penyerapan zat gizi namun memperlambat pencernaan.

Lamanya proses pencernaan akan membuat lambung tidak cepat kosong sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Selain mendapat rasa kenyang, kamu juga bisa memenuhi nutrisi dengan vitamin yang ada pada buah dan sayur. Makanan tinggi serat lain yang bisa kamu pilih diantaranya sereal gandum, kacang-kacangan, atau oat.

Tidur dan Istirahat yang Cukup

Jika kamu sudah membatasi pola makan baik dalam jumlah maupun jenis makanan yang berbeda dari biasanya. Perubahan pola makan bisa jadi membuatmu sedikit merasa terbebani karena pola baru yang masih asing tersebut.

Untuk mengimbanginya, kamu juga harus memastikan waktu dan kualitas tidurmu dapat tercukupi dengan baik. Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin yang akan merangsang nafsu makan, tentunya akan berdampak pada berat badanmu.

Gunakan Trik Psikis untuk Mengontrol Porsi Makanan

Tidak hanya sekadar mengurangi porsi makan secara terang-terangan, kamu juga bisa menerapkan trik psikis agar kamu merasa cukup. Meski awalnya kamu tahu bahwa porsi makan berkurang, menghabiskan makanan penuh di wadah kecil akan membuatmu merasa cukup.

Perhatikan Jenis dan Jumlah Cemilan

Saat menjalani program penurunan berat badan, bukan berarti kamu tidak boleh makan cemilan sama sekali. Jika itu terjadi malah bisa saja membuatmu menjadi stres karena menahan keinginan, apalagi jika sebelumnya kamu suka ngemil.

Oleh karena itu, kamu bisa menyiasatinya dengan membuat jadwal tiap jenis cemilan yang bisa kamu konsumsi. Ganti cemilan tidak sehat seperti cilok atau ciki yang banyak tersedia di minimarket dengan buah. Bahkan kamu bisa menggunakan cara ini untuk selingan makanan berat, misalnya memilih mie instan yang sehat.

Salah satu produk mie yang paling tepat untuk mendukung program penurunan berat badanmu adalah Mie Jiwa Pagi. Produk dari Kobe ini merupakan mie instan sehat yang mengandung sayur dengan komposisi yang berbeda pada tiap variannya.

Selain itu, mie tanpa MSG ini tidak mengandung pewarna buatan maupun pengawet yang melewati proses dipanggang, bukan digoreng. Kamu juga dapat memenuhi nutrisi harian dengan vitamin yang ada dalam produk ini, yakni vitamin B2, B9, dan zink.

Segera beli Mie Jiwa Pagi di merchant terdekat atau memesannya di e-commerce Kobe Official Store. Harga Mie Jiwa Pagi juga cukup terjangkau dengan berbagai varian rasa seperti mie goreng, bawang goreng, dan soto seger.

Facebook Comments