blender
sumber freepik

Kecanggihan teknologi blender di masa kini telah membawa beragam dampak positif bagi kehidupan manusia. Keberadaannya tidak mampu dielakkan lagi dan hampir dibutuhkan dalam setiap kegiatan. Salah satunya adalah kemajuan alat-alat elektronik dalam berbagai aspek kehidupan.

Teknologi yang semakin canggih ini juga menyasar pada alat-alat dapur untuk rumah tangga. Contohnya saja berbagai alat dapur lain seperti mixer, blender, rice cooker, kulkas, dan masih banyak yang lain. Berbagai peralatan elektronik ini memberikan manfaat dalam meringankan pekerjaan ibu rumah tangga.

Pekerjaan yang menggunakan alat-alat seperti ini cenderung lebih mudah selesai, praktis, serta efisien. Dengan demikian, kegiatan masak-memasak tidak harus dilakukan secara manual dan menghabiskan waktu terlalu lama. Lantas apa saja peralatan elektronik yang wajib ada di dapur rumah? Berikut ini daftarnya.

Kulkas

Kulkas atau lemari pendingin merupakan sebuah alat elektronik yang ditujukan sebagai tempat penyimpanan makanan. Di dalam perangkat ini memiliki refrigerasi, sehingga membuat makanan yang tersimpan menjadi dingin, tetap segar, dan lebih tahan lama.

Dalam satu perangkat kulkas juga masih dibagi lagi ke dalam empat ruang penyimpanan. Bagian penyimpanan tersebut adalah ruang untuk pembeku atau freezer dan ruang penyimpanan daging atau chiller.

Ada pula pendingin dan ruangan paling bawah untuk meletakkan sayur atau makanan lain. Sedangkan ada bagian pintu bisa Anda gunakan sebagai tempat menyimpan minuman, snack atau tempat botol lainnya.

Pembagian ruang pada kulkas ini berdasarkan tingkatan suhu yang ada. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan mencampur berbagai bahan makanan saat menyimpannya di kulkas. Cukup taruh makanan yang akan disimpan sesuai dengan tempat atau ruangnya masing-masing.

Dispenser Air

Dispenser adalah barang elektronik yang seringkali ada di dapur sebagai tempat air minum. Anda akan disuguhi dengan tombol yang secara khusus digunakan untuk mengeluarkan air hangat maupun air dingin.

Dispenser dapat dipakai untuk membuat minuman hangat, biasa, atau minuman dingin sesuai selera. Gunakan alat ini untuk menyeduh kopi, teh, susu, atau membuat berbagai minuman yang menyegarkan.

Saat ini di pasaran ada begitu banyak jenis dan model dispenser yang mungkin akan Anda jumpai. Jadi sangat disarankan supaya Anda memilih produk yang dinilai praktis dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Rice Cooker

rice cooker
rice cooker, sumber pixabay

Alat elektronik dapur rumah tangga selanjutnya adalah rice cooker. Hampir semua rumah, sekarang ini pasti memiliki rice cooker di dapurnya. Peralatan ini punya fungsi utama sebagai alat untuk menanak nasi yang kini telah tambah beragam manfaatnya.

Kegunaannya bukan hanya untuk menanak nasi saja.Tetapi Anda juga dapat memasak banyak sajian lezat lain. Rice cooker sekarang ini tentu sangatlah multifungsi untuk digunakan.

Misalnya saja untuk menggoreng lauk pauk, memasak mie instan, masak agar-agar, air, sayuran dan lain sebagainya. Dapatkan beragam fungsi ini dengan memilih produk yang tepat sesuai fungsi yang diinginkan.

Blender Daging

Blender daging atau yang biasa disebut sebagai chopper juga menjadi alat elektronik dapur rumah tangga lain yang wajib dimiliki. Sesuai namanya, fungsi dari blender daging ini adalah untuk memotong, menggiling dan juga mencampur bahan-bahan makanan seperti daging.

Banyak orang menjadikan blender daging alat untuk mencincang daging dan juga membuat adonan dari daging. Peralatan ini memiliki mata pisau yang cukup tajam sehingga mampu mencacah bahan makanan mentah.

Namun bukan hanya daging saja, biasanya fungsinya juga dapat digunakan untuk memotong bahan makanan yang keras dan kering. Contohnya saja dipakai untuk membuat bumbu dapur halus.

Blender Buah

Selanjutnya, ada jenis blender yang ditujukan untuk mencampur dan menghaluskan buah-buahan atau makanan lain. Blender buah biasa dipakai untuk membuat aneka minuman berupa jus.

Peralatan ini banyak dimiliki oleh para pedagang jus atau mereka yang berjualan olahan minuman lain. Misalkan saja seperti minuman shake hingga smoothies yang saat ini banyak dijual di pinggir-pinggir jalan.

Mixer

mixer
sumber freepik

Sumber : freepik

Ada pula mixer yang menjadi salah satu perkakas wajib dapur, terutama bagi Anda yang sangat menyukai kegiatan baking. Pemakaian mixer akan sangat membantu Anda dalam pembuatan adonan. Termasuk aneka cake, kue kering, maupun kue jajanan pasar.

Tetapi bila Anda ingin membuat adonan lain seperti mayonese dan whipping cream, mixer juga bisa jadi alternatif. Anda dapat menyesuaikan kecepatan mixer sesuai jenis adonan yang dibuat dan tingkatan hasilnya.

Mengingat saat ini sudah banyak merek dan juga fungsi dari mixer yang bermunculan. Dengan mixer, maka Anda jadi semakin mudah dan cepat dalam membuat aneka olahan roti dan kue.

Microwave

Microwave adalah peralatan elektronik dapur yang bekerja dengan sistem radiasi gelombang mikro. Fungsi dari alat tersebut adalah guna memanaskan maupun memasak makanan. Bahkan beberapa alat microwave memiliki fungsi yang lebih canggih lagi.

Fungsi ekstra tersebut adalah untuk mengembangkan adonan dan memanggang makanan. Melalui fungsi ini, maka Anda bisa bisa memanggang pizza, kue, hingga membuat keripik. Dengan kehadirannya yang multifungsi, tentu berbagai aktivitas memasak Anda jadi semakin mudah.

Dengan beragam jenis peralatan tersebut, kini kegiatan memasak dan mengolah makanan jadi lebih mudah, praktis dan makin cepat. Anda pun tidak akan disibukkan dengan proses pengolahan secara manual.

Berbagai alat elektronik dapur di atas bisa didapatkan di pasaran. Bahkan Anda pun dapat membelinya secara online di platform marketplace terpercaya. Beli aneka produk di atas di platform Ladara. Semua kebutuhan elektronik dapur Anda tersedia di sini dengan banyak pilihan, termasuk blender, kulkas, dan sebagainya.

Harga yang ditawarkan pun terjangkau sesuai dengan kualitasnya. Misalkan saja untuk produk mixer dijual mulai dari harga 100 ribuan saja. Dengan harga yang relatif terjangkau dan kualitas terbaik, segera percayakan kebutuhan belanja Anda hanya di Ladara!

Referensi:

  • https://www.riauonline.co.id/riau/kota-pekanbaru/read/2019/11/29/penting-ini-8-peralatan-dapur-elektronik-yang-wajib-dimiliki-para-ibu-di-rumah
  • https://www.google.com/amp/s/amp.dekoruma.com/artikel/55675/8-alat-eletronik-dapur-yang-harus-ibu-punya-di-rumah
  • https://www.sunchila.com/blog/Alat-Elektronik-Dapur/

 

 

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaKeren! Investasi Forex Bikin Kamu Bebas Gaptek dan Bisa Raih Banyak Cuan
Artikel berikutnyaIni NAS Synology Perangkat Penyimpanan yang Cerdas dan Aman
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.