BERBAGI
kosmetik berbahaya

Setiap orang pastinya menginginkan tubuh yang selalu sehat agar bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Hanya saja tak ada yang bisa memprediksi datangnya penyakit. Bahkan tak jarang diantaranya munculnya penyakit-penyakit berbahaya disebabkan oleh kesalahan diri sendiri, tidak datang begitu saja. Contohnya adalah gaya hidup yang tidak sehat dan juga malas berolahraga. Hal lainnya yang bisa memicu masalah kesehatan adalah pemakaian produk racun setiap hari pada tubuh tanpa disadari.

Salah satu contohnya adalah kosmetik, setiap wanita pastinya memiliki produk-produk perias wajah ini bukan, meskipun tidak lengkap, namun ada untuk menunjang penampilan sehari-hari, namun apakah Anda sudah memastikan bahwa produk-produk yang digunakan tersebut menjamin keamanan. Mulai dari bedak, lipstik sampai dengan pelembab wajah. Mungkin produk yang digunakan tersebut berhasil memberikan manfaat sesuai dengan keinginan Anda, misalnya adalah kulit yang lebih putih bersih dan juga bebas jerawat.

Hanya saja belum tentu dengan keamanan kandungan yang ada di dalamnya, berikut ini beberapa bahan kimia berbahaya yang ada dalam produk kosmetik yang wajib diwaspadai, diantaranya adalah:

  1. Butil asetat, umumnya produk yang satu ini banyak digunakan dalam industri plastik, namun ternyata juga dimanfaatkan pada beberapa produk kecantikan, contohnya adalah kuku sebagai kuteks untuk memberikan warna lebih cantik dan tekstur kuku yang halus, wajib diwaspadai jika sampai masuk kedalam tubuh, apalagi bahan yang satu ini sangat mudah terbakar.
  2. Tar batu bara, bahan yang satu ini memiliki efek untuk meluruhkan sel-sel kulit mati, biasanya ada pada shampo bahkan juga produk masker hingga lulur yang Anda gunakan. Sebaiknya pemakaian produk dengan bahan yang satu ini tidak dilakukan, karena bisa memicu kanker, mengingat sifatnya yang karsinogenik.
  3. Mercuri, dikenal juga sebagai air raksa, senyawa logam berat yang umumnya digunakan pada industri-industri tektil, namun juga banyak dicampurkan pada produk-produk kosmetik, karena sifatnya yang bisa membuat kulit menjadi mengelupas sehingga nampak lebih putih, namun pemakaian jangka panjang bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kanker kulit, bahkan gangguan hati dan ginjal.
  4. Paraben, bahan yang satu ini banyak digunakan sebagai pengawet produk kosmetik, sehingga tidak mudah kadaluarsa, dalam jumlah tertentu masih aman dipakai, namun jika sudah berlebih efeknya bisa memicu kanker, karena sifatnya yang karsinogen.
  5. Petroleum, bahan ini banyak digunakan sebagai pelembab bibir, kemudian juga pelembab wajah, teksturnya seperti jelly, pemakaian yang berlebih sangat berbahaya untuk kulit Anda, karena bisa memicu iritasi, bahkan gangguan organ dalam.

Sering kali karena tergiur dengan hasil yang bagus membuat para wanita mengesampingkan nilai kesehatannya. Efek sampingnya mungkin tidak dirasakan secara langsung, namun dalam jangka waktu lama.

comments