hal yang membatalkan puasa
hal yang membatalkan puasa

Tidak terasa ternyata bulan Ramadhan akan segera tiba, maka dari itu semua umat islam diwajibkan untuk menjalankan puasa selama satu bulan. Puasa di bulan Ramadhan ini adalah perintah langsung dari Allah SWT, peritah tersebut sudah dituliskan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang bunyinya:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn.”

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Saat Anda sedang menjalankan Ibadah puasa Anda ini harus berhati-hati karena banyak sekali hal yang membatalkan puasa, diantaranya ada:

  • Makan dan minum dengan sengaja

Saat menjalankan ibada puasa kita in harus bisa menahan diri dari hawa nafsu serta menahan untuk tidak makan dan minum hingga sampai waktu berbuka tiba. jadi saa Anda melakukan makan dan juga minum dwngan sengaja pada saat waktu belum berbuka maka puasa Anda batal. Puasa yang batal ini tidak bisa Anda lanjutkan dan Anda harus mengganti puasa yang batal ini di hari yang lain.

  • Bersetubuh pada  siang hari

Bersetubuh pada saat siang hari ini bisa membuat puasa Anda menjadi batal, jadi jika Anda ingin melakuakn hubungan suami istri sebaiknya Anda lakukan pada malam hari supaya puasa Anda tidak batal.

  • Muntah dengan sengaja

Jika Anda muntah dengan sengaja, hal ini bisa juga membuat puasa Anda jadi batal. Tapi Anda tidak usah khawatir, jika muntahnya tidak sengaja maka puasa Anda tidak akan batal.

  • Merokok dengan sengaja

Bukan hanya makan serta minum saja yang bisa menjadikan puasa Anda batal, ternyata meroko juga bisa membuat puasa batal maka saat sedang berpuasa sebaikny Anda ini jangan merokok dulu.

  • Memasukan benda ke dalam lubang tubuh dengan sengaja

Saat Anda sedang berpuasa lalu Anda memasukan benda apasaja kedalam tubuh Anda maka puasa Anda juga menjadi batal, lubang yang dimaksud ini adalah dubur, qubul, hidung, telinga, hingga mulut.

  • Haid atau nifas

Bagi seorang wanita saat sedang puasa lalu mereka tiba- tiba haid serta melahirkan maka puasa yang sedang mereka jalani ini langsung batal. Haram hukumnya seorang wanita yang tidak suci berpuasa. Jika nifas serta haidnya sudah selesai maka wanita bisa kembali untuk berpuasa. Puasa yang tidak dilaksanakan tadi harus di ganti di lain hari atau untuk yang nifas bisa membayar fidyah.

  • Gila atau hilang akal

Jika seseorang memiliki akal maka wajib bagi mereka untuk beribadh kepada Allah SWT, jadi jika seseorang gila atau kehilangan akalnya maka puasa yang mereka jalankan ini jadi batal.

  • Keluar air mani dengan sengaja untuk laki-laki

Jika ada seorang lelaki yang sedang berpuasa kemudian mengeluarkan air mani dan ejakulasi maka puasa yang sedang dia jalani ini batal. Lalu puasa yang batal tersebut harus di ganti di hari lainnya.

  • Murtad atau keluar dari Islam

Bagi umat islam puasa ini hukumnya wajib, jadi jika ada seseorang yang murtad maka puasa yang sedang dia lakukan ini batal.

Nah itu dia 9 hal yang bisa membuat puasa menjadi batal, saat berpuasa sebaiknya hindari hal-hal diatas supaya puasa Anda tidak batal. Terimakasih sudah menyimak artikel ini hingga selesai.

 

Facebook Comments