Pricebook Editorial Choice 2021
Pricebook Editorial Choice 2021

Beli gadget di akhir tahun bisa jadi momen yang pas banget nih. Ini karena promo dan diskon biasanya bertebaran dimana-mana. Apalagi jika kamu baru saja menerima bonus akhir tahun, duh semangat upgrade gadget pastinya akan semakin membara. Beli gadget baru juga bisa menjadi self reward nih biar tahun baru nanti makin semangat lagi.

Apa yang terjadi di Pasar Gadget 2021?

Sebelum beranjak ke rekomendasi gadget yang sebaiknya kamu beli, ada baiknya kita sedikit mereview tahun 2021 yang penuh dengan tantangan. Walaupun memang tahun ini kita masih harus berdampingan dengan pandemi, namun gairah di pasar gadget masih sangat tinggi. Kita bisa melihatnya dari beberapa vendor masih getol merilis produk-produk terbaru miliknya. Bahkan yang menjadi higlight adalah masuknya Xiaomi dan Realme ke pasar Laptop yang memang sudah lama dinantikan.

Sementara itu, isu kelangkaan komponen menerpa produsen gadget dunia. Ini menjadi bahasan yang menarik jelang tutup tahun karena menimbulkan dampak domino yang akan mempengaruhi sejumlah sektor gadget.

Untuk pasar smartphone misalnya, tahun ini karena pandemi serta kelangkaan komponen membuat pengiriman smartphone secara global mengalami penurunan. Di negara kita sendiri pengiriman smartphone turun hingga 6% YoY pada kuartal ketiga 2021.

Namun yang menarik, hal ini nampaknya tidak dialami oleh pasar PC Global, dimana justru mencatatkan pertumbuhan sebesar 9,3% YoY di kuartal ketiga 2021. Untuk sektor wearable juga mengalami peningkatan. Dimana pengiriman untuk earphone, termasuk TWS dan smartwatch memegang angka yang paling tinggi pertumbuhannya.

Rekomendasi Gadget dari Pricebook Editorial Choice 2021

Pricebook Editorial Choice 2021
Pricebook Editorial Choice 2021

Rekomendasi gadget terbaik sepanjang 2021 ini akan sangat membantu kamu untuk menjatuhkan pilihan. Bukan hanya sebatas smartphone lho, tetapi juga laptop, perangkat wearable, hingga IoT. Rekomendasi ini dipersembahkan oleh Pricebook, situs panduan dan juga situs pembanding harga gadget yang terpercaya.

Karena sepanjang Januari hingga Oktober 2021 telah ada puluhan gadget baru yang dirilis, mulai dari smartphone, laptop, smart TV hingga perangkat wearable. Hal ini tentu saja akan menyulitkanmu untuk memilih salah satunya. Untuk itu, Pricebook muncul sebagai media terpercaya yang memberikan beragam informasi berupa rekomendasi, melalui beragam platform mulai dari artikel, sosial media dan juga Channel Youtube.

Menjelang akhir tahun, Pricebook merangkum semuanya dalam edisi spesial akhir tahun bertajuk Pricebook Editorial Choice. Disini Pricebook memilih beberapa produk terbaik berdasarkan beberapa kategori. Jadi, sebagai netizen yang budiman kita bisa menjatuhkan pilihan dengan melihat kategorinya ini.

Pricebook Editorial Choice 2021 ini merupakan edisi yang kedua setelah tahun sebelumnya juga pernah digelar. Pada tahun ini, Pricebook memberikan perhatian pada best value produk dan best value brand. Tentunya ini bukan tanpa sebab, mengingat kita masih berada di masa pandemi membuat budget beli gadget mungkin tidak seleluasa sebelumnya.

Kita juga mafhum bahwa saat ini ada penurunan daya beli masyarakat. Nah dengan rekomendasi Pricebook Editorial Choice ini membuat masyarakat bisa mendapatkan rekomendasi produk yang dibutuhkan dengan budget terbatas namun bisa mendapatkan gadget yang memiliki spek dan kemampuan yang dapat diandalkan.

Pricebook Editorial Choice edisi kedua ini memilih produk yang rilis pada bulan Januari hingga Oktober 2021, dibagi dalam 4 kategori utama yaitu Smartphone, Laptop, Wearable Device dan Brand. Masing-masing dari kategori dipilih produk terbaiknya dengan dibagi lagi dalam beberapa kategori turunannya.

Best Value Smartphone

Smartphone terbaik dengan banderol harga terjangkau namun mampu memberikan kualitas yang ideal, baik dari segi desain, durabilitas serta menjadi pencarian favorit. Pada kategori smartphone Pricebook membaginya lagi kedalam 4 kategori yaitu : Best Value Harga 1 jutaan, Best Value Smartphone Harga 2 jutaan, Best Value Smartphone Harga 3 jutaan dan Best Value Smartphone High Performance.

Best Value Wearable Device

Wearable saat ini semakin populer, dan parameter penilaiannya adalah produk terbaik dengan fitur lengkap, harga terjangkau, memiliki desain yang trendi dan menjadi favorit pencarian di laman Pricebook. Kategori ini dibagi menjadi dua yaitu : Best Value Smartwatch dan Best Value Smartband.

Best Value Laptop

Pada kategori laptop ini pilihannya ada Best Value Laptop di kelas harga 6 jutaan. Disini dipilih laptop yang memiliki spesifikasi terbaik serta memiliki fitur yang bisa diandalkan, misalkan untuk menunjang work from home maupun belajar daring dari rumah.

Best value Brand

Berikutnya adalah kategori Best Brand dimana Pricebook memilih Brand terbaik untuk kategorinya masing-masing, seperti Best Value Smart TV, Best IoT, Best Value ISP, dan Best Smart Home, Price to Quality Brand.

Best Value Smartphone

 

1. Best Value Smartphone Harga 1 Jutaan Terbaik 2021 : POCO M3

Smartphone paling affordable di kelas harga 1 jutaan ini jatuh ke POCO M3. Secara sepesifikasi POCO M3 dibekali oleh prosesor Snapdragon 662 yang disandingkan dengan kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

POCO berani tampil unggul dikelasnya, Ia berani memberikan layar dengan resolusi Full HD+ dan dilindungi Gorilla Glass. Tidak hanya itu, Poco M3 juga sudah menggunakan baterai besar dengan kapasitas mencapai 6000 mAh.

2. Best Value Smartphone 2 Jutaan Terbaik 2021 : Infinix Note 10 Pro NFC

Sempat tenggelam beberapa waktu, kini brand Infinix kembali dengan memperkenalkan smaetphone jagoannya. Di rentang 2 jutaan, ada Infinix Note 10 Pro NFC yang berhasil dipilih oleh Pricebook sebagai Best Value Smartphone. Alasannya smartphone ini unggul di sisi layar dimensinya lebih besar dengan luas 6,95 inci resolusi Full HD+ serta sudah didukung refresh rate 90Hz. Layarnya ini akan sangat menyenangkan jika digunakan untuk menonton ataupun juga bermain game.

Sementara dari sisi kamera, konfigurasi empat lensa dibagian belakang juga cukup menjanjikan. Kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera Depth 2 MP dan kamera mono 2 MP.

Untuk bagian prosesornya, smartphone ini menggunakan chipset Mediatek G95 yang sudah cukup suportif untuk mendukung semua aktivitas termasuk gaming ringan. Chipset ini disandingkan dengan kapasitas memori besar yaitu RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Untuk urusan daya, baterai dengan kapasitas 5000 mAh didukung oleh pengisian cepat 33W. Asyiknya lagi, untuk kelas 2 jutaan, Infinix Note 10 Pro memiliki fitur NFC yang memudahkan kita untuk untuk mengecek dan topup e-money.

3. Best Value Smartphone Harga 3 Jutaan Terbaik 2021 : POCO X3 Pro

Di kelas menengah, POCO lagi-lagi berhasil menjadi rekomendasi terbaik menyisihkan pesaingnya. Smartphone yang berada di rentang harga 3 jutaan ini menawarkan spesifikasi yang jauh lebih lengkap. Bahkah mendekati hp flagship sehingga dijuluki Flagship killer.

Dari spesifikasinya, POCO X3 Pro dibekali dengan layar IPS berukuran 6.67 inci yang tidak tanggung-tanggung sudah dibekali refresh rate tinggi mencapai 120Hz plus dukungan teknologi HDR10. Ini pastinya akan membuat kita sangat menikmati konten multimedia hingga gaming di smartphone ini dengan paripurna.

Tidak berhenti disana, Hp ini juga memiliki keunggulan pada kameranya. Untuk menangkap momen, ia dibekali oleh kamera depan 20MP sementara kamera belakangnya terdiri dari 48 MP, 8 MP, 2MP dan 2 MP.

Belum selesai, POCO mengalahkan telak pesaingnya karena penggunaan prosesor Snapdragon 860. Ini adalah salah satu prosesor terkuat saat ini yang biasanya digunakan hp papan atas. Prosesor ini sangat cocok untuk gaming! Kapasitas baterainya 5160 mAh dengan dukungan fast charging 33W.

POCO X3 Pro tersedia dengan pilihan RAM 6 GB dan ROM 128 GB serta RAM 8 GB dan ROM 256 GB, kedua varian ini dibanderol dengan harga 3 jutaan!

4. Best Value Smartphone High Performance : Xiaomi 11T

Untuk kamu yang memiliki budget lebih banyak, kategori ini adalah untukmu. Xiaomi 11T adalah smartphone terbaik di kategori ini. Harganya dibanderol diangka 5 jutaan, tapi spesifikasi yang diusungnya benar-benar layaknya sebuah smartphone flagship.

Ditilik dari kameranya, Xiaomi 11T menggunakan kamera resolusi tinggi dengan kamera utama pro-grade 108 MP yang didukung kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera tele macro 5 MP. Kamera ini termasuk yang memiliki reosolusi tinggi dengan dukungan pemoresan image yang juga canggih.

Kamera pada Xiaomi 11T mampu menghasilkan image paripurna dengan teknologi 9-in-1 pixel binning dan fitur Dual Native ISO. Sementara untuk perekaman video ada fitur yang unik seperti “One-click AI Cinema” yang dapat memberikan efek Time Freeze, Freeze Frame, Magic Zoom, Parallel World, Night-time Lapse, Telemacro Video dan Slow Shutter.

Layar Xiaomi 11T didukung oleh teknologi AdaptiveSync AMOLED dengan dimensi 6.67 inci dan resolusi FHD+. Layar ini mendukung refresh rate 120Hz, kecerahan 1000 nits, rasio kontras 5000000:1 serta dukungan HDR10+. Kabar baiknya, Xiaomi juga menyertakan proteksi layar Corning Gorilla Glass Victus.

Untuk urusan performa, Xiaomi 11T memilih chipset MediaTek Dimensity 1200-Ultra, ini adalah chipset terkini yang dibuat dengan arsitektur 6nm, clock speed bisa mencapai hingga 3 GHz namun memiliki efisiensi dalam mengurangi panas sehingga mampu memberikan performa yang stabil. Chipset ini juga telah mendukung teknologi 5G.

Kapasitas memori RAM sangat lega yakni 8 GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 256 GB. Sementara untuk baterainya berkapasitas 5000 mAh dengan fast charging 67W yang akan mengisi baterai 100% dalam waktu 36 menit saja.

Best Value Laptop – Harga 6 Jutaan Terbaik : RedmiBook 15

Ini menjadi topik yang paling mencuri perhatian di sepajang tahun 2021 ini. Setelah ditunggu beberapa lama, akhirnya pecinta gadget tanah air bisa mendapatkan Laptop RedmiBook 15 secara resmi. Laptop ini hadir dengan cukup mengejutkan karena menjadi pilihan Laptop murah Terbaik di harga 6 jutaan. Spesifikasinya sangat memuaskan untuk dikelasnya.

Redmi Book 15 dibekali dengan layar 15.6 inch FHD serta kecanggihan prosesor intel gen-11. Kapasitas RAM 8GB yang dimilikinya disandingkan dengan SSD 256GB sehingga laptop ini bisa diajak multitasking dengan baik.

Layar RedmiBook 15 dilengkapi dengan fitur Anti-Glare yang memungkinkannya untuk bisa tetap terlihat tajam walau dilihat dari berbagai sudut pandang. Port yang disediakan cukup banyak, ada webcam dengan resolusi 720HD yang jernih, dual speaker stereo 2 watt, hingga baterai yang mampu bertahan selama 8 jam plus ditambah lagi dengan kemampuan fast charging 65W membuat RedmiBook 15 benar-benar rekomended.

Best Value Wearable Device

Best Value Smartwatch : realme Watch 2 Pro

Best Value Wearable Device

Untuk kamu yang snenag menggunakan produk wearable, Realme Watch 2 Pro sangat cocok digunakan. Ini karena dibekali dengan 90 mode olahraga serta berbagai fitur kesehatan seperti monitor oksigen darah dan detak jantung.

Selain itu, fitur plus lainnya adalah kapasitas baterainya yang tergolong besar sehingga mampu bertahan hingga 14 hari. Fitur GPS Satelit Gandanya juga memiliki tingkat presisi tinggi, so tidak salah jika Realme Watch 2 Pro ini layak dipilih sebagai Best Value Smartwatch.

Best Value Smartband : Mi Smart Band 6

Nah jika kamu justru menyukai smartband, Mi Smart Band 6 adalah Best Value Smartband pilihan Pricebook yang patut kamu pertimbangkan. Banderolnya yang cukup terjangkau, smartband ini juga desain dan spek yang mumpuni.

Best Value TWS : realme Buds Air 2

TWS saat ini semakin populer, dan untuk ini kamu harus mempertimbangkan realme Buds Air 2 yang mampu menghasilkan suara terbaik dengan fitur Bass Boost+ , fitur Active Noise Cancelling (ANC) dan Dual Mic Noise Cancellation juga akan sangat berguna mereduksi suara dari luar.

Kategori Brand

Setelah kategori produk, berikutnya adalah kategori dimana Pricebook memilih Brand terbaik untuk kategorinya masing-masing, Inilah Best Brand perangkat terpilih di Pricebook Editorial Choice 2021.

Best Value SmartTV Brand : TCL

Saat ini kita tidak hanya menonton TV tapi juga lebih banyak menonton Youtube, Netflix dan lainnya sehingga membutuhkan Smart TV. Nah bagi kamu yang sedang mencari Smart TV berkualitas dengan harga yang terjangkau, TCL berhasil menjadi Brand yang sangat direkomendasikan.

TCL memiliki beragam produk smart TV untuk berbagai segmen seperti DTV, ATV, HDTV, FHD TV, Android TV, 4K UHD TV, hingga 8K QLED TV yang menjadi produk unggulan mereka. TCL juga menawarkan layanan after sales yang cukup bisa diandalkan. Dengan segala nilai plusnya tersebut Pricebook memilih TCL sebagai Best Value SmartTV Brand tahun ini.

Best Price to Quality Brand: realme

Price to Quality Brand
Price to Quality Brand

Tidka lama setelah kemunculannya di skena smartphone, realme sepanjang tahun 2021 ini berhasil menjadi vendor yang sangat produktif merilis smartphone dan produk-produk IoT mereka di Tanah Air.

Produk yang mereka tawarkan memiliki spesifikasi terbaik di kelasnya tapi dibanderol dengan harga terjangkau. Smartphone dan produk-produk IoT realme sukses menjadi trendsetter dengan dukungan kualitas, tampilan, teknologi, dan fitur terbaik.

Sementara untuk produk IoT, perangkat TWS realme menawarkan fitur IPX5 sehingga tahan terhadap percikan air. Selain itu ada teknologi Dual Mic Noise Cancellation yang diberikan pada realme Buds Air 2 dengan banderol harga kurang dari 1 juta. Untuk produk smartwatch, realme menawarkan smartwatch dengan harga 1 jutaan namun kaya akan fitur premium yang mendukung aktivitas pemakainya.

Tidak berhenti disitu, pada tahun 2021 ini, realme Indonesia memutuskan masuk pasar laptop dengan meluncurkan realme Book. Laptop ini memiliki spesifikasi terbaik dengan dibekali dengan prosesor Intel generasi ke-11 dan menariknya dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau untuk kelasnya.

Dengan berbagai kelebihannya itu maka tidak heran jika realme sangat cocok untuk menjadi jawara di kategori Best Price to Quality Brand tahun ini.

Best IoT Brand : Samsung

Untuk urusan IoT Samsung menjadi brand yang sulit untuk dikalahkan, Ini karena ekosistem produknya yang sudah sangat lengkap. Mulai dari smartphone, Smartwatch, kamera, TV, dan banyak peralatan smart home yang saling terhubung.

Samsung memiliki SmartThings yang mampu menyatukan kinerja setiap device dalam satu aplikasi. Fitur ini bisa ditemukan tidak hanya produk kelas atas tetapi juga produk kelas entry dan juga mid-end.

Smart Home Solution : Bardi

Bagi yang menerapkan perlatan rumah pintar, Bardi adalah brand yang sangat konsisten dan fokus pada produk-produk Smart Home. Mulai dari lampu pintar, IR remote, hingga led dan CCTV. Produk Bardi dapat dikontrol dengan mudah melalui Google Home, Alexa, Siri, dan juga SmartThings.

Affordable Data Package : Tri

Affordable Data Package : Tri
Affordable Data Package : Tri

Apa data paket internet terbaik 2021? Pricebook memilih Tri sebagai Affordable Data Package. Paket data murah dengan kapasitas internet besar mernjadi miliki 3 karena memiliki pilihan jenis produk paket data yang begitu beragam.

Mulai dari paket data reguler, paket data untuk gaming dan paket data media sosial, 3 hadir dengan harga yang sangat terjangkau.

Penutup

Itulah daftar produk dan brand terbaik pada award Pricebook Editorial Choice 2021. Pemilihan ini didasarkan pada spesifikasi yang ditawarkan, harga dan juga kualitas yang dimiliki. So, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budget saja nih, ayo berburu gadget di akhir tahun!

 

 

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBersama Tomohiro Yamashita Pengetahuan Kamu Tentang Jepang Akan Naik 100%!
Artikel berikutnyaHai Girls, Inilah Manfaat Memakai Parfum yang Harus Kamu Ketahui
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.