bernyanyi bersama

Mengasuh anak memang tidak selalu mudah, tetapi satu hal yang pasti bahwa kita selalu menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati. Bagaimana cara Bunda menenangkan si kecil yang menangis? Mungkin ada yang memilih untuk menggendongnya, menggoyang-goyangkannya, merayunya dengan dot, dan ada juga yang bernyanyi untuknya. Nah, untuk mendukung perkembangannya secara maksimal ajaklah ia untuk bernyanyi.

Musik adalah cara yang bagus untuk membantu bayi mempelajari kata-kata baru, meningkatkan pemahaman bahasa, dan mengenalkan ritme. Saat kita bernyanyi untuk si kecil, itu akan membentuk ikatan khusus melalui suara. Bernyanyi juga merupakan kegiatan yang hebat bagi seluruh keluarga dan membantu membangun ikatan keluarga yang lebih dalam antara saudara yang lebih tua dan kakek-nenek.

Bahkan ketika kita berbicara dengan bayi, kita bisa menggunakan nada seperti menyanyikan lagu. Barengi dengan permainan emosional suara dan kita bergoyang atau bergerak dengan lembut, biasanya sambil menjaga kontak mata dengan bayi. Bernyanyi untuk bayi memperkuat ikatan antara orang tua dengan anak. Bernyanyi dapat menjadi pengantar yang menyenangkan ketika makan dan tidur, yang pada akhirnya memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi kedepannya.

Percaya Dirilah, dan Menyanyi di Depan si Kecil

Mungkin Bunda merasa tidak pandai untuk menyanyi, tetapi sebetulnya itu bukanlah masalah, karena bernyanyi untuk bayi tidak terletak pada kualitas vokalnya tetapi lebih kepada mengenalkan suara dan perhatian yang kita berikan padanya. Ingat, tidak masalah jika suaramu tidaklah merdu. Di mata si kecil, kita adalah seorang penyanyi superstar.

Pok Ame-ame adalah salah satu lagu sederhana yang bisa Bunda nyanyikan di depan si kecil. Bernyanyi adalah cara favorit untuk berkomunikasi dengan sang buah hati.

Manfaat bernyanyi untuk bayi

Mengajarkan si kecil utnuk mendengarkan: Bernyanyi membantu bayi belajar bagaimana membedakan suara dan mengidentifikasi kata-kata yang diulang. Bayi mengenali melodi, ritme, bahkan sebelum mereka memahami kata-katanya.

Ekspresi Cinta: suara orang tua dikenali dan dicintai oleh seorang anak. Bernyanyi adalah pengalaman yang menenangkan dan memorable.

Banyak Pembelajaran: Lagu anak-anak akan mengajarkan bayi tentang dunia di sekitar mereka. Mulai dari mengenalkan bagian tubuh, hari dalam seminggu, warna, angka, bahasa, dan anggota keluarga. Selain itu, musik dan lagu juga dapat mendukung perkembangan kognitif (bahasa, matematika), gerakan (bahasa isyarat, tindakan, mengenal objek), emosional dan sosial (ikatan dengan Ibu, Ayah, kakek-nenek, saudara kandung, semuanya! )

Tertidur lebih mudah: Si kecil menyukai suara orang tuanya lebih dari suara lainnya. Menyanyikan lagu pengantar tidur untuk mereka adalah cara yang bagus untuk memberikan mereka dengan cinta dan kenyamanan. Lagu pengantar tidur adalah cara yang efektif dan lembut untuk memberi sinyal kepada anak bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Selain baik bagi si kecil, menyanyi faktanya juga sangat baik bagi para orang tua. Dengan menyanyi rasanya akan lebih plong, karena pada dasarnya bernyanyi dapat melepaskan dopamin yang bisa kita merasakan suasana hati dan mengurangi tingkat stres & kecemasan.

Bernyanyi juga mampu meningkatkan kapasitas paru-paru memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, membantu rileks dan karenanya oksigen mengalir melalui tubuh. Ini membantu meningkatkan tidur yang lebih nyenyak dan lebih tenang. Orang tua akan memiliki tidur yang lebih berkualitas, terutama penting bagi orang tua dari bayi baru lahir yang mengalami gangguan tidur.

Nah dengan segala manfaatnya tersebut, yuk menyanyilah dengan si Kecil. Musik adalah cara yang tepat untuk menyentuh hatinya dan untuk memelihara ikatan yang unik dengannya. Santai, nikmati, dan bernyanyilah.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPanduan dalam Menghadapi New Normal Bagi Pekerja Kantoran dan Industri
Artikel berikutnyaTips Menghindari Rambut Bercabang
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.