rambut bercabang
rambut bercabang

Rambut bercabang adalah salah satu kondisi kesehatan rambut yang kurang baik, dan hal ini dapat terjadi pada siapa saja. Penyebabnya ada banyak, misalnya, karena kesalahan dalam memakai produk perawatan rambut atau kurangnya kesadaran untuk keramas. Banyak beraktifitas di bawah sinar matahari langsung atau cuaca yang kering juga bisa memicu rambut bercabang.

Cara mengatasi rambut bercabang yang terbaik adalah dengan melakukan pencegahan secara teratur. Kita bisa menerapkan beberapa cara mengatasi rambut kering dan rambut rontok seperti yang dijelaskan dalam tips di bawah ini.

1. Mengkonsumsi makanan Bernutrisi

Penyebab lain yang mungkin membuat rambut rusak dan bercabang adalah karena kurangnya asupan nutrisi di rambut. Rambut kering membutuhkan kelembaban, sementara rambut yang benar-benar rusak membutuhkan nutrisi protein. Karena itu, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang memang mengandung banyak nutrisi, apakah itu vitamin atau mineral seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

2. Potong secara teratur

Untuk menghilangkan rambut yang bercabang tanpa dipotong tentu akan sulit karena biasanya rambut bercabang ada di bagian tepinya. Karena itu, untuk menghilangkan rambut yang bercabang, mau tidak mau kita harus melakukan pemotongan rambut secara teratur.

Banyak ahli kecantikan yang merekomendasikan untuk memotong rambut secara rutin antara sekitar enam hingga delapan minggu. Potong setidaknya 1 inci atau sekitar 0,6 hingga 2,5 cm. Dengan cara ini, rambut bercabang akan dapat dihindari dan rambut baru akan tumbuh sehat dan kuat.

3. Hindari bahan kimia

Ada banyak produk yang dibuat khusus untuk mempercantik rambut, termasuk sampo, kondisioner, pewarnaan dan banyak lagi. Tetapi yang perlu kita ketahui adalah, sebagian besar produk ini mengandung bahan kimia dalam komposisinya.

Beberapa akan memberi dampak kerusakan, misalnya rambut menjadi kering, mudah rontok, patah dan bercabang. Karena itu, sebisa mungkin carilah produk kecantikan rambut alami atau setidaknya tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia.

4. Gunakan air yang benar-benar bersih

Saat ingin melakukan keramas, coba pastikan apakah airnya bersih atau tidak. Jumlah klorin yang tinggi dalam air yang dapat merusak rambut dan membuatnya bercabang. Selain itu, hindari kalsium karbonat konsentrasi tinggi, karena dapat membuat air menjadi asam.

5. Pijat rambut dengan minyak Alami

Minyak ini mampu mengembalikan kelembapan pada rambut, sehingga rambut bisa tumbuh sehat dan bebas kering dan bercabang. Kita dapat memilih jenis minyak alami seperti misalnya minyak zaitun, almond dan kelapa.

Kita juga bisa menggabungkan ketiganya untuk mendapatkan hasil maksimal. Gunakan pijatan lembut dengan minyak ini sebelum tidur, lalu diamkan semalaman. Di pagi hari kita bisa membilasnya sampai bersih. Tetapi jika tidak punya banyak waktu, diamkan hanya selama satu jam dan itu sudah lebih dari cukup.

6. Gunakan Conditioner

Mayoritas dari kita menggunakan kondisioner setelah kita mencuci rambut dengan sampo. Mulailah dari ujung dan pijat secara bertahap naik ke atas. Dengan menambahkan kondisioner ke akar rambut membuatnya akan efektif melindungi kesehatan rambut.

7. Hindari Matahari langsung

Ketika beraktifitas di luar ruang usahkan untuk melindungi rambut dengan topi agar tidak terpapar oleh sinar matahari langsung. Berikan perlindungan maksimal agar rambut tidak kering dan lepek.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengurangi dampak kerusakan rambut. Dengan rambut yang sehat dan berkilau, maka penampilan kita juga dapat terlihat lebih fresh dan segar.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaManfaat Bernyanyi Bersama Sang Buah Hati
Artikel berikutnyaHarga POD Vape Terbaru Lengkap untuk Anda Para Vapour Sejati
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.