puasa

Ramadhan selalu identik dengan puasa. Karena memang pada bulan Ramadhan ini Alloh Subhana wa ta’ala mewajibakan umat muslim yang mukallaf untuk menjalankan ibadah shaum/puasa. Selain untuk meningkatkan keimanan dan menjalankan perintahkan agama, berpuasa juga ternyata bisa membuat tubuh sehat. Lalu bagaimana cara agar ibadah puasa bisa membuat tubuh anda menjadi sehat? Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini memberikan tips ibadah bulan Ramadhan agar tubuh sehat sebagai berikut ini :

  1. Makan Dengan Porsi Nomal

Setelah menahan rasa lapar dan haus seharian, tidak sedikit orang berbuka dengan porsi makan  yang banyak. Baik makanan berat maupun makanan ringan. Padahal, makan berbuka puasa yang berlebih bisa membuat perut menjadi terasa penuh dan bahkan bisa membuat anda sakit. Menurut dr. Magdi Mohammed dari RS. Burjeel Abu Dhabi, makan yang berlebih saat buka puasa akan membuat perut anda kram, bahkan bisa membuat diare dan terkena gangguan gastroentritis.

Hal ini dikarenakan perut anda dipaksa langsung bekerja keras setelah beristirahat seharian. Nah, supaya tidak sakit perut dr. Mohammed menyarankan untuk berbuka dengan makanan ringan dan air dulu, kemudian dilanjutkan dengan makan porsi seperti biasa anda makan malam. Selain itu, anda juga sebaiknya menghindari makanan pedas dan asam saat berbuka.

  1. Batasi Makanan Manis

Tips selanjutnya adalah batasi makanan yang manis. Sebab saat berbuka puasa, tidak jarang gula darah anda naik menjadi lebih tinggi dari biasanya. Ketika anda terlalu banyak makan makanan manis saat puasa, gula darah anda bisa naik menjadi terlalu tinggi dan tentunya hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Bukan hanya itu, dengan terlalu banyak makan makanan manis ketika berpuasa bisa membuat tubuh anda lemas di siang harinya. Karena zat gula hanya memberikan anda energi yang banyak dalam waktu sedikit saja dan setelah itu, anda akan merasa lemas, ngantuk, pusing, bahkan bisa mempengaruhi mood sehingga cepat marah.

ramadan

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat berpuasa dalam kondisi cuaca yang panas, tantangan terbesar yang akan dihadapi adalah menahan rasa haus. Jika anda menahan rasa haus dengan cara yang salah, tubuh anda bisa mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan lebih parahnya lagi anda bisa mengalami gangguan ginjal. Nah, untuk mengatasi hal tersebut selama berpuasa, anda harus memperbanyak minum air putih saat berbuka maupun sahur.

Dalam hal ini, anda bisa menggunakan aturan 2-2-4 untuk minum : 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari. Selain itu, hindari juga minuman manis atau yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, terutama saat sahur. Karena minuman yang mengandung kafein ini, terutama kalau diminum saat sahur justru akan membuat tubuh anda merasa haus seharian.

  1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Tips selanjutnya adalah perbanyak makan buah dan sayur. Ini karena buah dan sayur mengandung serat yang tinggi yang bisa membuat anda merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit.

Selain itu, sayur dan buah juga mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh anda untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit sehingga membuat anda anda lebih sehat selama bulan puasa. Buah dan sayur ini sangat cocok untuk menu berbuka puasa supaya perut tidak sakit.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaIni Dia Rahasia bermain ala Pro Player di Free Fire, Booyah Terus!
Artikel berikutnyaTips Berpuasa dengan Aman Selama Pandemic
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.