Setiap orang pasti memiliki rencana dalam hidupnya. Salah satunya ,tentang bagaimana ia akan menikmati masa tua nya kelak. Alternatif yang bisa dipilih adalah mengumpulkan dana pensiun atau memiliki usaha sendiri yang cukup menghidupi. Namun tidak harus menunggu hari tua untuk memulai usaha. Beberapa orang memutuskan memulai usaha di usia produktif mereka.

Yang perlu dipertimbangkan saat mengambil keputusan mengakhiri karir atau memulai usaha sendiri :

1. Baca Peluang.
Pada dasarnya yang dilihat dari sebuah pilihan berkarir atau wirausaha bukan sekedar peluang. Peluang itu akan selalu ada. Tapi yang paling penting adalah apakah peluang itu bisa menjadi prospek yang bagus untuk masa depan kita. Pahami ini dengan pertimbangan yang matang.
2. Bisa Kapan Saja.
Pilhan berwirausaha sebenarnya bisa kapan saja. Apakah saat usia produktif atau ketika masuk usia pensiun. Prinsipnya bila merasa pilihan dan peluang mempunyai prospek bagus,mengapa tidak memulai..?
3. Kesungguhan dan Disiplin.
Sebenarnya tidak ada patokan berapa besar modal uang yang di butuhkan, tapi yang paling utama adalah modal kesungguhan dan disiplin menjalani proses.
4. Fokus pada Tujuan.
Pahami bahwa setiap usaha pasti akan mengalami masa sulit,tanamkan dalam pikiran Usaha adalah Proses. Di dalam proses ada masa yang bagus juga masa yang sulit. Munkin akan selalu ada goncangan kecil dalam mencapai tujuan namun jangan sampai menghancurkan keyakinan !!

Tetapkan pilihan berdasarkan kemampuan agar tak mengorbankan kehidupan dan masa depan.

Good luck !!

Facebook Comments