CCTV outdoor
CCTV outdoor

Menggunakan CCTV outdoor merupakan salah satu keputusan bijak yang dapat Anda pertimbangkan. Namun, tentu saja harus diperhatikan juga berbagai fitur pendukung dari kamera pengawas yang akan digunakan nantinya.

Hal ini dikarenakan setiap kamera keamanan memiliki fitur yang berbeda, sehingga Anda perlu menyesuaikan fitur yang ditawarkan dengan kebutuhan penggunaan. Jika ini adalah pengalaman pertama dalam menggunakan kamera pengawas, tidak ada salahnya untuk bertanya tentang merk CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Namun, secara umum memang terdapat beberapa hal penting yang dapat Anda perhatikan sebelum membeli sebuah CCTV outdoor. Nah, berikut ini terdapat beberapa poin yang yang dapat Anda jadikan pertimbangan saat akan memilih kamera pengawas dari berbagai merk CCTV.

Tips Pilih Fitur CCTV Outdoor Terbaik Sesuai dengan Kebutuhan

Jika Anda perhatikan, saat ini banyak merk CCTV yang dijual dengan harga sangat murah. Namun, sebaiknya Anda menghindari hal tersebut, karena seperti yang sudah menjadi rahasia publik, bahwa harga pada suatu barang itu berbanding lurus dengan kualitas yang diberikannya. Oleh karena itu, pertimbangkan hal di bawah ini sebelum Anda menentukan akan menggunakan produk CCTV outdoor tertentu.

1.      Pilih CCTV dengan Sertifikasi IP sesuai Kebutuhan

IP rating pada barang-barang elektronik menjadi sebuah jaminan bagaimana daya tahannya saat di luar ruangan. Karena Anda akan menggunakan kamera pengintai ini di luar ruangan, maka sebaiknya pilih kamera dengan IP rating yang tinggi, misalkan IP68.

IP rating ini sekaligus menentukan bagaimana daya tahan kamera keamanan terhadap air, debu dan berbagai perubahan cuaca yang ekstrim di luar.

2.      Pilih CCTV yang Menggunakan Sensor Infrared

Inframerah adalah salah satu fitur yang cukup penting untuk sebuah kamera luar ruangan. Adanya sensor ini membuat kamera dapat bekerja sebagaimana mestinya pada pencahayaan yang sangat minim hingga gelap gulita.

3.      Resolusi Kamera

Fitur CCTV luar ruangan yang juga sebaiknya tidak dilupakan adalah resolusi kamera. Kamera pengawas yang memiliki resolusi full HD dapat membuat kamera menghasilkan gambar yang jelas, detail dan tentu saja tajam.

Hal ini tentu akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan kualitas keamanan di berbagai tempat, baik untuk lingkungan usaha maupun kawasan perumahan tempat tinggal yang rawan terjadinya tindak kejahatan.

4.      Dukungan Teknologi Pendeteksi Gerakan

Pendeteksi gerakan atau motion detection adalah fitur pada kamera pengamanan yang belum banyak diadopsi oleh banyak produk kamera. Kamera yang telah dilengkapi dengan fitur ini, membantu Anda untuk mendapatkan atau menganalisa berbagai gerakan yang tertangkap oleh kamera sesuai dengan jenis bendanya.

Beberapa gerakan yang umumnya dapat ditangkap oleh kamera dengan motion detection, salah satunya adalah gerakan manusia. Untuk mendapatkan kamera dengan fitur seperti ini, sebaiknya Anda memilih kamera pengawas yang telah dilengkapi dengan teknologi AcuSense.

Jika sebuah CCTV dilengkapi dengan pendeteksi gerakan ini biasanya juga telah didukung dengan adanya fitur alarm atau peringatan. Dengan demikian, maka jika terdeteksi gerakan yang aneh, maka alarm akan otomatis berbunyi dan mengirim notifikasi pada ponsel Anda.

Menariknya lagi, selain adanya pendeteksi gerakan, fitur CCTV yang juga perlu Anda pertimbangkan adalah pendeteksi wajah. Kamera dengan fitur ini biasanya dipasang di area-area vital, seperti bandara atau di kantor-kantor pemerintahan.

merk CCTV
pexels-scottwebb-430208

5.      Jangkauan Tangkapan Gambar

Hal yang juga perlu diperhatikan sebelum membeli CCTV adalah seberapa jauh jangkauan area yang dapat ditangkap oleh kamera tersebut. Semakin luas atau lebar  sudut pandang, maka semakin luas pula jangkauan area kamera pengawas.

Hal ini dikarenakan, ada beberapa kawasan yang butuh adanya fitur tersebut, misalkan untuk tempat parkir, halaman rumah, lapangan atau arena olahraga hingga jalan raya maupun kawasan perumahan.

6.      Pertimbangkan Fitur Zoom

Jangan salah, fitur zoom ini juga salah satu fitur yang sangat penting untuk sebuah kamera security. Fitur zoom pada kamera pengawas ini akan sangat memudahkan ketika terjadi sesuatu dan harus dilakukan perbesaran gambar.

Semakin tinggi teknologi zoom yang digunakan, maka akan semakin detail gambar-gambar kecil yang diperbesar. Namun, Anda juga perlu tahu, bahwa ada dua jenis fitur zoom yang biasanya ada pada sebuah CCTV.

Fitur zoom pertama adalah zoom optik. Teknologi ini adalah perbesaran kamera dengan menggunakan kamera. Kemudian ada zoom digital yang aplikasi atau software tertentu untuk memperbesar gambar.

Jadi, Anda juga harus jeli ketika memilih kamera pengawas yang telah dilengkapi dengan fitur zoom ini.

7.      Adanya Fitur Peningkatan Keamanan

Untuk fitur peningkatan keamanan ini dapat Anda dapatkan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah adanya aplikasi khusus yang terhubung pada CCTV dan ponsel. Sehingga Anda lebih cepat menerima pemberitahuan dan dapat mengakses tampilan CCTV dari mana saja.

Salah satu fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan keamanan adalah fitur line crossing. Fitur line crossing detection ini dapat membantu Anda untuk mengawasi kawasan tertentu di area luar ruangan.

Jika dilihat, memang cukup banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih kamera pengawas tertentu. Namun, salah satu rekomendasi merk CCTV yang dapat Anda gunakan dan memberikan berbagai fitur terbaik seperti di atas adalah Hikvision AcuSense.

Hikvision AcuSense adalah CCTV outdoor terbaik. Adanya dukungan teknologi AcuSense pada merk CCTV ini dapat membantu Anda dalam mendapatkan hasil rekaman yang sangat akurat dan real time. Sehingga dapat membantu meningkatkan keamanan sebab semuanya terekam dengan detail, meskipun gambar diperbesar.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai berbagai keunggulan lain dari Hikvision AcuSense, silakan baca selengkapnya di sini.

Facebook Comments