bpjstku

BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal yang sangat penting bagi seorang yang bekerja di sebuah perusahaan. Pasalnya, dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, anda seperti mempunyai tabungan di hari tua atau pensiun dari hasil potongan gaji setiap bulannya.

Bicara BPJS Ketenagakerjaan, dalam kesempatan kali akan coba membahas tentang cara mengecaek nomor Ketenagakerjaan dan  fungsi BPJS Ketenagakerjaan dan sebagai berikut.

Cek Nomor BPJSTKU via Media Sosial

Kamu bisa mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan melalui media sosial, yakni Facebook dan Twitter. Adapun akun resmi Facebook dan Twitter yang sudah terverifikasi yaitu @BPJSKinfo.

Cek Nomor BPJSKU lewat Facebook:
  • Langkah yang pertama buka Facebook BPJSTKU di @BPJSKinfo.
  • Lalu kirim permohonan melalui fitur kirim pesan atau inbox.
  • Cantumkan nama lengkap, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, dan NIK KTP.
Cek Nomor BPJSTKU lewat Twitter:
  • Buka Twitter  @BPJSKinfo.
  • Cari fitur direct message.
  • Setelah ditemukan, kamu ketik dengan format mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, NIK e-KTP.

Bertanya Langsung Pada HRD Perusahaan Tempat Kamu Bekerja

Cara lainnya untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan bertanya langsung kepada HRD perusahaan tempat kamu bekerja. Disana kamu bisa menanyakan langsung ke pihak yang biasa mengurus BPJS Ketenagakerjaan. Dan jangan lupa untuk memberikan alasan yang jelas mengapa kamu membutuhkan nomor tersebut.

Melalui Kantor Cabang BPJS

Cara yang satu ini bisa dilakukan jika kamu memiliki cukup banyak waktu untuk mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan secara langsung yang terdaftar di daerah sekitarmu. Jadi, anda bisa langsung datang ke kantor cabang BPJS untuk mengecek nomor BPJS dengan membawa Kartu Keluarga, e-KTP, dan surat paklaring (bukti bahwa kamu sedang atau pernah bekerja di suatu perusahaan). Setelah sampai disana, sampaikan maksud dan tujuanmu ke petugas setempat.

SMS Gateway

SMS Gateway merupakan layanan yang disampaikan melalui pesan singkat (SMS) menggunakan sistem informasi. Untuk dapat mengaksesnya kamu bisa menggunakan jaringan seluler nomor 08777-5500-400.

Cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK via SMS Gateway, adalah dengan mengetik NIK spasi Nomor Induk Kependudukan. Sebagai contoh “NIK 8733990894652” kemudian kirim ke nomor  08777-5500-400.

Cara Mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dan Fungsi BPJS Ketenagakerjaan

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai Jaminan Kecelakaan (JKK)

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan yang pertama adalah untuk menjamin karyawan yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan pelayanan kesehatan dan santunan uang tunai apabila menderita suatu penyakit akibat kerja atau mengalami kecelakaan kerja. Risiko kecelakaan akan ditanggung BPJS Ketenagakerjaan mulai dari karyawan pergi dan pulang kerja. Dan keseluruhan iuran menjadi tanggung jawab pihak perusahaan.

Sebagai Jaminan Hari Tua (JHT)

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan yang satu ini adalah berupa jaminan yang bisa diterima oleh karyawan setelah pensiun nanti. Program ini bertujuan supaya karyawan mendapatkan uang cash setelah masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Sebagai Jaminan Pensiun

Perlu diketahui bahwa jaminan pensiun dan jaminan hari tua memiliki perbedaan. Dimana, jaminan penisun baru diberikan selama per bulan maksimal 180 bulan sejak masa karyawan selesai atau pensiun. Program ini bertujuan untuk menjamin karyawan agar memiliki kehidupan yang layak setelah berkurangnya penghasilan. Bila karyawan tersebut meninggal dunia, maka iuran bisa diturunkan ke anak karyawan yang menjadi peserta.

Sebagai Jaminan Kematian (JKM)

Jaminan kematian ini berupa bantuan dana apabila karyawan yang terdaftar meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja. Santunan ini biasanya akan diberikan langsung kepada ahli waris dari peserta.

Facebook Comments

Artikulli paraprakAplikasi Paylater JULO, Beli Sekarang Bayar Nanti
Hallo, saya adalah Rusdiana. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.