Cara Memulai Bisnis Dari nol
Cara Memulai Bisnis Dari nol

Banyak orang ingin memiliki bisnisnya sendiri, namun saat mengambil keputusan untuk memulainya, ini bukanlah pilihan yang mudah. Terkadang kita tidak memiliki keyakinan yang cukup dan menganggap tantangannya terlalu besar. Ini memang bukan pilihan yang mudah, tetapi juga tidak sesulit yang dibayangkan.

Perasaan bahwa tantangan memulai bisnis terlalu besar merupakan hambatan utama yang dilihat banyak pengusaha sehingga menghalanginya dari memulai langkah pertama. Padahal yang perlu di ingat adalah, proses dasar membangun bisnis bisa selangkah demi selangkah seiring dengan berjalannya waktu.

Untuk membangun bisnis yang sukses dibutuhkan kerja keras, dedikasi, kemauan untuk belajar dan mengambil risiko sehingga usahanya bisa terus berkembang. Seringkali dibutuhkan waktu bertahun-tahun sampai kemudian bisnis yang dirintis bisa menguntungkan. Disinilah banyak pengusaha menyerah atau gagal karena tidak mampu menyesuaikan bisnis yang dimilikinya.

Cara Memulai Bisnis Dari nol

“Jika Kamu tidak mau mengambil risiko, Kamu akan selalu bekerja untuk seseorang yang berani mengambil resiko tersebut” – Nora Denzel

Bagaimana cara memulai bisnis dari nol? Ini mungkin pertanyaan yang banyak sekali berada di benak pengusaha pemula. Saat memutuskan untuk memiliki bisnis kita sendiri maka kita harus bersedia untuk bekerja lebih keras. Sebagai seorang wirausahawan, kita dituntut untuk menjadi problem solved dan mampu mengisi banyak peran dalam bisnis yang kita rintis. Karena akan ada lebih banyak risiko jika dibandingkan saat menjalani kehidupan sebagai karyawan.

Memulai bisnis adalah menggabungkan passion, tekad, dan visi dalam satu waktu. Pengusaha yang paling bersemangat bukan hanya didorong ingin mendapatkan uang semata tetapi mereka juga memperoleh kepuasaan dari passionnya. Ini karena bisnis akan mengisi sebagian besar hidup kita dan kita tentu tidak ingin melakukannya untuk hal ynag tidak kita senangi. Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah dengan mencintai apa yang kita mulai.

Setelah mengetahui apa yang ingin dilakukan, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diingat saat memulai bisnis dari nol:

1. Persiapkan diri

Kita harus menyiapkan diri, seorang pengusaha sebaiknya memiliki karakter seperti dibawah ini:

  • Kuat di bawah tekanan: Saat memutuskan memulai sebuah bisnis ini artinya kita berlari menuju rintangan, menerima setiap tantangan, dan menolak untuk menyerah
  • Dapat beradaptasi dan gesit: Kita berada dalam lingkungan yang selalu berubah dan kita dituntut untuk dapat merespons dengan cepat terhadap ancaman dan peluang
  • Percaya diri: Kita harus percaya pada kemampuan diri kita dan tidak takut untuk mempertahankan pendirian.
  • Ambisius: Kita harus menetapkan target tinggi dan mencoba menggapainya sepanjang waktu
  • Open minded dan selalu belajar: Memulai bisnis berarti kita harus bersedia untuk belajar seumur hidup. Menerapkan pola pikir yang terbuka sehingga tidak segan mengambil setiap kesempatan yang kita bisa untuk memperoleh keterampilan baru

2. Lakukan Riset untuk Ide Bisnis Kita

Saat memulai bisnis dari nol kita harus memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan memiliki prospek yang baik. Jangan menghabiskan waktu pada ide yang tidak kita kuasai. Jika ingin benar-benar membangun sesuatu yang luar biasa, fokuslah pada apa yang menjadi nilai tambah kita dan lakukan itu dengan sangat baik.

  • Pahami kebutuhan pelanggan
  • Identifikasi potensi masalah yang bisa terjadi pada produk atau layanan
  • Temukan celah pasar yang mungkin belum diketahui
  • Tetapkan tujuan yang dapat memandu bisnis yang kita mulai

Setelah mengetahui siapa target pelanggan kita maka lakukan survei dan bicaralah dengan target pelanggan secara langsung untuk mendapatkan lebih banyak kritik dan saran. Selain itu menganalisis produk atau layanan pesaing dapat memberi kita gambaran tentang apa yang sudah ada di industri ini. Hal ini dapat membantu kita menemukan cara untuk meningkatkan ide bisnis yang dimiliki. Ini juga dapat membantu kita menemukan kelemahan dalam produk atau layanan sebelum merilisnya ke pasar.

rencana bisnis

3. Tulis Rencana Bisnis

Rencana bisnis berisi tentang tujuan saat ini dan masa depan. Menulis rencana bisnis itu sangat penting karena dapat membantu kita membuat keputusan yang lebih efisien. Dan juga membantu kita fokus pada tujuan dan strategi dalam menjalankan bisnis.

4. Urus Legalitas dan perizinan

Apakah bisnis kita membutuhkan izin tertentu? Daftarkan bisnis secara hukum agar kita leluasa menggunakan merk yang kita miliki. Jika bergerak dalam bisnis makanan maka mungkin kita akan membutuhkan izin dari lembaga yang berkepentingan. Pelajari tentang ketentuan dan persyaratan agar tidak mendapatkan masalah nantinya.

5. Buat Rencana Pemasaran

Kita tidak dapat membangun bisnis yang sukses tanpa mempromosikan bisnis dan membuat rencana pemasaran yang tepat. Di dunia digital seperti sekarang ini, membangun bisnis juga berarti kita memerlukan situs web dan kehadiran media sosial. Ini dapat membantu kita melakukan kampanye pemasaran digital dengan lebih efektif dan efisien.

6. Mulai SEKARANG dan tingkatkan seiring berjalannya waktu.

Banyak orang membuang waktu dengan berpikir tentang menyempurnakan segala sesuatunya sebelum mereka meluncurkan produk. Padahal yang terpenting dari semuanya adalah “Segera Memulainya“.  Produk yang diluncurkan tidak selalu harus sempurna. Mulailah dengan produk dengan skala terbatas lakukan evaluasi dan tingkatkan seiring dengan waktu. Yang paling penting adalah menikmati prosesnya dan selalu tertarik untuk terus belajar dari kesalahan. Ayo, segera mulai bisnismu, jika tidak sekarang kapanlagi?

Facebook Comments

Artikel sebelumyaNama bayi perempuan berikut ini bakalan trend di 2021, simak berikut!
Artikel berikutnyaPeran Penting Memiliki Cloud Computing dan Bandwidth Cukup Untuk Perusahaan  
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.