strategi digital marketing

Tujuan dari sebuah iklan adalah untuk membujuk seseorang agar membeli produk kita atau menggunakan layanan yang kita tawarkan. Untuk mewujudkannya, kita perlu membuat iklan yang bisa menjangkau calon pelanggan. Iklan tersebut harus efektif tampil di depan mereka sehingga mereka melihatnya dan memutuskan untuk membeli.

Di era media digital dan periklanan online, peluang penempatan media iklan menjadi lebih luas dan lebih kompleks daripada sebelumnya. Dan penempatan media digital memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan kampanye iklan yang sukses.

Langkah membangun strategi marketing digital

Promosi secara digital membutuhkan strategi agar tepat sasaran. Kesuksesan promosi akan sangat tergantung pada hal ini, apa sajakah itu? yuk kita simak sama-sama.

Langkah 1: Tentukan sasaran

Pertama dan terpenting sebelum melakukan promosi online adalah kita perlu menentukan tujuan dan sasaran kampanye yang akan dijalankan.

Sasaran untuk kampanye iklan digital diantaranya adalah:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan konversi atau penjualan
  • Mendorong lalu lintas ke situs web
  • Membangun loyalitas pelanggan
  • Menghasilkan peluang baru

Salah satu cara yang terbukti untuk menetapkan tujuan yang jelas dan relevan adalah membentuk kerangka kerja yang lebih spesifik, terikat waktu, dan terukur. Jadi, luangkan waktu untuk benar-benar memikirkan apa yang ingin dicapai dan menetapkan tolok ukur yang realistis.

Langkah 2: Identifikasi target audiens

Untuk mengetahui penempatan media digital mana yang cocok dengan campaign yang sedang dijalankan. Maka kita perlu mengidentifikasi target audiens, siapakah yang ingin kita jangkau dengan iklan ini? Setelah mengetahui siapa atarget audiensnya, mulailah untuk menyusun pertanyaan ini:

  • Situs web apa yang dikunjungi audiens target kita?
  • Platform media sosial apa yang mereka gunakan?
  • Pesan apa yang paling sesuai dengan mereka?
  • Di mana pelanggan setia menghabiskan waktu online?
  • Di mana pelanggan teratas pesaing menghabiskan waktu online?

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu kita untuk mengetahui di mana menempatkan iklan untuk hasil yang maksimal.

Langkah 3: Pilih penempatan media iklan

Penempatan iklan yang berbeda disesuaikan dengan tujuan dan pemirsa kampanye yang ingin dituju. Gunakan analytic untuk membantu memilih penempatan media yang tepat. Kita sebaiknya memilih ruang iklan yang tidak hanya paling menarik perhatian tetapi juga yang tepat. Secara keseluruhan, penempatan media digital yang tepat untuk iklan digital akan bergantung pada sasaran, anggaran, dan audiens yang dipilih.

Berkenalan dengan Telkomsel Digi Ads

digi ads

Digi Ads adalah penyedia solusi pemasaran digital yang merupakan bagian dari usaha Telkomsel yang telah berdiri sejak tahun 2013. Sebagai leader perusahaan telekomunikasi di Indonesia, Telkomsel memiliki keunggulan dari segi pengguna dan juga jangkauan yang luas. Terhitung ada sekitar 160 juta pelanggan dan 98% wilayah di Tanah Air yang tercover.

Dengan basis pengguna tersebut, Digi Ads memiliki layanan yang tepat untuk membantu brand dan bisnis UMKM sehingga dapat melakukan campaign produk atau layanannya kepada target konsumen dengan tepat. Digi ads memberikan insight dan solusi berdasarkan pada data dan aktivitas pelanggan Telkomsel, baik itu usia, jenis kelamin, lokasi, waktu, dan jenis perangkat yang dipakai.

Digi ads memastikan semua campaign bisa diukur efektifitasnya. Yakni dengan memberikan akses open dashboard mulai dari awal hingga akhir penayangan iklan dengan data yang dapat dipercaya. Dengan demikian kita bisa melakukan evaluasi berdasarkan budget yang digunakan dan melihat hasilnya dengan akurat. Digi ads menjamin bahwa data dan hasil analisisnya akan terjaga dengan aman.

Secara keseluruhan, bagian terpenting dari strategi iklan digital adalah mengetahui audiens apa yang akan dituju. Dan Digi Ads membantu dengan data yang tepat, sehingga kita bisa mengenal audiens itu dan dapat menargetkannya secara efektif.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaCara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan Dengan Mudah
Artikel berikutnya5 Keuntungan Beli Mobil Secara Kredit
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.