kredit vs cash mobil
https://www.pexels.com/id-id/pencarian/mobil/

Di antara pilihan kredit vs cash mobil, tentu masing-masing orang punya alasannya masing-masing. Dan bukan rahasia lagi memang kalau banyak yang lebih memilih jenis pembelian yang pertama yaitu kredit. Kredit mobil di leasing mobil merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang membutuhkan mobil namun denahnya belum memadai.

Pasalnya membeli mobil kredit vs cash mobil ada persamaannya juga, yaitu harus disesuaikan dengan dana dan kondisi ekonomi yang anda miliki. Membeli mobil secara kredit bukanlah hal yang buruk dan bukan berarti menandakan Anda tidak mampu, tetapi menjadi langkah terbaik untuk mengatur keuangan serta mendukung prioritas lainnya

Pasalnya di Indonesia sendiri pembelian mobil secara kredit semakin menjamur, apalagi hadirnya perusahaan leasing mobil yang memudahkan banyak orang untuk memiliki mobil. Pasalnya dengan menggunakan leasing mobil, anda akan lebih mudah mengajukan kredit mobil.

5 Keuntungan Beli Mobil Secara Kredit

Antara membeli mobil secara kredit vs cash mobil pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Keuntungan membeli mobil secara cash yaitu lebih mudah proses pembuatan surat-surat, Anda tidak memiliki hutang yang harus dibayarkan setiap bulannya, dan mobil sepenuhnya milik Anda. Lalu bagaimana dengan membeli kredit? Berikut 5 keuntungan beli mobil secara kredit, di antaranya yaitu:

1. Tidak Menghabiskan Uang Tabungan

Saat ingin membeli mobil, tentu Anda harus menabung terlebih dahulu bukan? Ketika tabungan tersebut sudah terkumpul, Anda bisa membeli mobil, namun jika membelinya secara cash, maka tabungan anda akan ludes begitu cepat. Bayangkan, bagaimana jika di masa depan Anda membutuhkan uang cepat seperti untuk sekolah anak? biaya kuliah? Dan kebutuhan lainnya.

Oleh sebab itu, kredit mobil di leasing mobil jadi pilihan yang tepat agar uang tabungan Anda tersisa untuk dana darurat. Di mana anda hanya perlu membayar uang muka, lalu sisanya dibayar secara kredit.

2. Biaya Pembelian Lebih Ekonomis

Perbandingan kredit vs cash mobil selanjutnya adalah masalah biaya. Masih berkaitan dengan point pertama, dimana ketika membeli mobil secara kredit di leasing mobil, maka secara psikologis biaya yang harus dikeluarkan lebih ekonomis.

Setelah memenuhi persyaratan kredit, serta membayar uang muka sesuai yang ditetapkan, Anda sudah bisa membawa mobil ke rumah dan menggunakannya. Hal ini cocok bagi anda yang membutuhkan mobil dalam waktu cepat namun dananya belum mencukupi.

Anda bisa menggunakan mobil tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat misalnya membuka usaha, sebagai modal bekerja, dan lain sebagainya. Sehingga mobil yang Anda beli bermanfaat dan tidak sia-sia, serta Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari mobil tersebut.

3. Cepat Dalam Proses

Membeli mobil secara kredit di leasing mobil tidak membutuhkan waktu lama, khususnya dalam mengurus unit dan berkas. Karena dalam pembelian kredit dibantu oleh dua lembaga yaitu jasa leasing mobil dan agen penjual mobil. Staff leasing akan membantu anda dalam proses transaksi, serta seluruh proses kendaraan menjadi lebih cepat.

Namun sebelumnya Anda juga perlu melewati proses pengajuan kredit mobil. Anda bisa melengkapi berbagai dokumen serta persyaratan lainnya untuk mengajukan kredit mobil ke Jasa leasing mobil yang Anda pilih. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya pengeluaran dalam membayar cicilan agar pengajuan bisa diterima dengan mudah. Jangan sampai, kedepannya terjadi gagal bayar membayar cicilan mobil karena kebutuhan mendesak. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mencoba simulasi kredit dari jasa leasing.

4. Cicilan per Bulan Bisa Dipilih Sendiri

Dengan membeli mobil secara kredit, Anda bisa menentukan sendiri cicilan setiap bulan yang anda bayar sesuai dengan masa waktu yang Anda tentukan. Anda juga bisa mengatur sendiri pengeluaran cicilan setiap bulan dengan memperhatikan bunga, masa tenor serta uang muka yang akan diberikan, sehingga pengeluaran tidak terlalu besar dan tidak memberatkan anda.

Di Maybank Finance, anda dapat memanfaatkan fitur simulasi kredit mobil untuk mengira-ngira jumlah uang muka, bunga serta waktu cicilan agar dapat mengatur uang lebih terarah serta berjalan lancar.

Alangkah baiknya jika anda memilih masa tenor yang singkat seperti 1 sampai 3 tahun saja. Meskipun pengeluaran cicilannya jadi lebih besar, namun bunga yang dikeluarkan lebih hemat. Anda juga bisa membayar uang muka lebih besar untuk meringankan cicilan setiap bulan.

  1. Perlindungan Asuransi saat Kredit Mobil

Keuntungan membeli mobil jika membandingkan cara kredit vs cash mobil selanjutnya yaitu jika kredit akan mendapatkan perlindungan asuransi selama masa kredit berjalan. Asuransi ini sebagai persiapan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil rusak akibat kecelakaan. Pasalnya selama anda masih memiliki angsuran mobil, maka asuransi mobil dijamin sepenuhnya.

Itulah 5 keuntungan membeli mobil secara kredit di leasing mobil yang bisa Anda ketahui. Jadi anda tidak perlu ragu atau khawatir lagi untuk membeli mobil secara kredit, pasalnya meskipun membayarnya dengan cicilan, namun ini juga memberikan keuntungan bagi keadaan ekonomi Anda. Anda tidak perlu malu atau minder membeli mobil secara kredit, selama itu memenuhi kebutuhan Anda, sah-sah saja.

Saat ini juga banyak perusahaan atau pihak yang memberikan kredit mobil (leasing mobil), namun anda jangan memilihnya secara sembarangan, melainkan perlu melakukan riset untuk menemukan jasa leasing yang tepat. Salah satu pihak penyedia kredit mobil yang bisa Anda pilih yaitu Maybank Finance.

Maybank Finance merupakan jasa penyedia leasing mobil terpercaya dan berkualitas serta memberikan kemudahan proses bagi anda dalam mendapatkan mobil impian. Ada beberapa alasan mengapa Maybank Multifinance jadi pilihan yang tepat, yaitu memberikan suku bunga yang bersaing, bunga terjangkau bahkan mulai 0%, kemudahan dalam mengajukan kredit mobil, Approval 1 hari kerja, serta bantuan customer service yang sigap dan cepat apabila terjadi kendala.

Jadi, tunggu apalagi? Wujudkan mobil impian anda bersama Maybank Finance!

Referensi;

https://maybankfinance.co.id/artikel/syarat-kredit-mobil/
https://maybankfinance.co.id/
https://beritagar.id/artikel-amp/otogen/keuntungan-membeli-mobil-secara-kredit
https://momobil.id/news/3-keuntungan-beli-mobil-secara-kredit/?amp=1

Facebook Comments