cloud service provider Indonesia
cloud service provider Indonesia

Bagi masyarakat awam, penggunaan cloud computing mungkin baru marak digunakan setelah pandemi menuntut model kerja WFH. Namun, berbeda dengan perusahaan besar yang rata-rata memang sudah lama memanfaatkan layanan cloud computing. Penggunaan cloud computing dilatarbelakangi dengan sistem komputasi berbasis internet yang dinilai lebih mudah dan lebih menguntungkan.

Cloud computing merupakan pemanfaatan teknologi komputer berbasis internet di mana semua data disimpan dan berada pada server internet, demikian juga dengan aplikasi dan software yang dibutuhkan oleh pengguna. Jika Anda menggunakan cloud computing, Anda hanya menginstal sistem operasi cloud pada komputer Anda dan menghubungkannya dengan internet, maka aplikasi yang Anda butuhkan bisa langsung digunakan tanpa harus menginstal aplikasi tersebut pada komputer.

Pemanfaatan cloud computing sangat mudah digunakan karena cara kerja cloud yang seamless. Server adalah bagian dari cloud computing di mana cloud computing bekerja dengan menggunakan komputer-komputer di server tersebut yang bekerja terus-menerus pada jaringan internet secara online. Semua data dan aplikasi yang dibutuhkan disimpan dan diinstal pada komputer server sehingga pengguna bisa memakainya dengan mudah.

Dengan memanfaatkan layanan cloud computing, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan di antaranya:

  • File bisa diakses kapan saja dan di mana saja asalkan ada jaringan internet.
  • Jika Anda sering bepergian, akan lebih mudah jika Anda memanfaatkan cloud computing karena Anda bisa mengakses data menggunakan gadget seperti ponsel untuk membuka aplikasi dan memanfaatkan cloud computing.
  • Menghemat biaya dan juga infrastructure dalam hal pembelian beberapa komponen komputer yang dibutuhkan. Selain itu, penggunaan cloud computing juga bisa menghemat waktu sehingga perusahaan hanya fokus pada kemajuan infrastruk
  • Memudahkan monitoring satu server
  • Lebih mudah untuk kebutuhan operasional dan juga management perusahaan
  • Biaya operasional perusahaan atau instansi bisa dikurangi

Salah satu cloud service provider Indonesia adalah neuCentrIX. Layanan Cloud neuCentrIX (neuCloud) menawarkan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda, dari berbagai penggunaan, pengembangan berskala ultra, hingga berbagai penyesuaian.

layanan neucentrix
layanan neucentrix

Pentingnya Bandwidth yang Cukup dan Sesuai

Yang tak kalah penting bagi sebuah perusahaan selain menyiapkan infrastruktur penyimpanan adalah memiliki bandwidth yang cukup terkait pemanfaatan internet. Namun, Apa itu bandwidth?

Bandwidth pada dasarnya adalah istilah umum yang sering ditemukan dalam industri Internet dan telekomunikasi, namun tidak banyak yang benar-benar memahami artinya. Bandwidth adalah kapasitas transfer data antara server dengan penerima. Bandwidth sendiri dihitung dengan satuan bit per detik (bps).

Peran besar bandwidth adalah dalam hal kapasitas transfer data antara satu titik dengan titik lainnya di sebuah perusahaan. Artinya, dengan menggunakan komunikasi data bandwidth tinggi, perusahaan dapat melakukan pertukaran data dalam jumlah yang besar.

Bandwidth dapat dianalogikan sebagai sebuah pipa air. Semakin besar diameter pipa air, volume di dalam pipa juga akan ikut bertambah. Dengan demikian, kecepatan untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lain akan semakin cepat. Demikian pula yang terjadi pada komunikasi data dengan bandwidth tinggi. Oleh karena itu, bandwidth besar mutlak diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk menjamin kecepatan transfer dan kenyamanan pelanggan.

Facebook Comments