meningkatkan imun tubuh anak
sumber : Pexels

Setelah hampir setahun lebih belajar secara daring, saat ini anak-anak akan segera kembali kesekolah untuk belajar tatap muka. Walaupun saat ini vaksin telah dilakukan, tetapi bagi anak dibawah usia 12 tahun mereka tidak mendapatkannya. Oleh karena itu, banyak orang tua merasa was-was karena pandemi belum sepenuhnya berakhir. Apa yang seharusnya orang tua lakukan untuk melindungi sang buah hati?

Memiliki sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik dapat membantu mengurangi risiko Covid-19. Ini didukung oleh kebiasaan menerapkan gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi, berolahraga, istirahat dan tidur dengan teratur.

Vitamin dan mineral yang berguna bagi imun Anak

Zat besi atau Zinc adalah salah satu mineral terpenting yang dapat membantu sistem imun tubuh pada anak. Makanan sumber zat besi yang bagus diantaranya adalah tiram, daging merah, dan unggas. Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik, meskipun mineral dari makanan hewani memang lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sayuran dan buah-buahan mungkin terdengar cukup umum, tetapi ini merupakan yang terbaik. Buah dan sayuran menyediakan berbagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan dan penyakit. Makanan kaya antioksidan diantaranya adalah buah beri dan sayuran hijau. Vitamin C adalah kunci untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin daya tahan tubuh untuk anak juga bisa diberikan jika dibutuhkan. Karena mungkin saja si kecil suka pilih-pilih makanan sehingga sulit untuk mendapatkan nutrisi yang seharusnya mereka dapatkan. Suplemen utama yang dikonsumsi anak-anak adalah vitamin C, vitamin D, dan zinc. Ini karena banyak anak-anak berada di dalam ruangan sepanjang hari sehingga tidak terkena sinar matahari yang cukup.

Olahraga dan Istirahat yang cukup

anak istirahat
sumber : pexels

Bukan hanya makanan dan suplemen yang dapat membantu anak tetap sehat sepanjang tahun. Tetapi gaya hidup sehat, mulai dari kebiasaan tidur yang baik, olahraga yang cukup juga sangat penting untuk anak-anak. Tidur adalah saat yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh, ini memberikan kesempatan pada tubuh untuk beregenerasi dan memulihkan stamina. Jadi, ini adalah bagian penting dari menjaga sistem kekebalan tubuh agar berfungsi sebaik mungkin.

Olahraga juga penting karena aktivitas fisik dapat membantu menjaga tubuh tetap kuat, jadi pastikan anak-anak Anda tetap bergerak jangan hanya terpaku di dalam rumah memainkan gadget.

Selain itu, minimalkan stres dan kecemasan pada si kecil. Bicaralah dengan anak-anak dan bentuk ikatan yang dekat agar ia bisa meminimalkan perasaan negatif yang mungkin mereka alami selama masa-masa yang tidak pasti ini.

Tips Meningkatkan imunitas anak secara alami

  • Makan sehat dengan buah-buahan, kacang-kacangan dan sayuran.
  • Hindari makanan cepat saji
  • Minum air putih delapan gelas sehari.
  • Aktivitas fisik yang baik
  • 8-10 jam tidur yang teratur
  • Lingkungan rumah bebas stres
  • Paparan sinar matahari yang cukup

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTemperatur Mobil Tiba-Tiba Naik, Ternyata Ini Penyebabnya
Artikel berikutnyaJurusan Kuliah era 4.0 Yang Sebaiknya Kamu Pertimbangkan
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.