mobil overheating

Naiknya temperatur mobil sangat berbahaya bagi pengemudi dan juga mesin. Jika tidak segera diatasi bisa menimbulkan overheat dan mesin akan mati. Anda sebagai pemilik kendaraan perlu waspada karena overheat ini bisa menimbulkan kerusakan parah.

Dampak paling besar tentu habis biaya untuk memperbaiki mesin mobil agar kembali seperti semula.

Lantas apa saja yang menyebabkan mesin mobil suka tiba-tiba naik dan berlebihan? Berikut ini Anda bisa mengetahui penyebabnya.

Mengenali Penyebab Temperatur Mobil yang Suka Naik

Suhu pada mesin yang tinggi adalah hal wajar karena terjadi pembakaran di dalamnya. Oleh karena itulah setiap mobil dilengkapi dengan pendingin yang kondisinya perlu dicek ketika Anda service rutin.

Soal pengecekan Anda bisa menyerahkannya pada bengkel Suzuki resmi Indomobil Multi Trada. Mobil akan segera ditangani dengan cepat jika Anda merasakan suhu panas sering naik tiba-tiba dan sulit untuk dikendalikan.

Penting juga mengenali penyebab suhu tersebut sering naik, berikut ini alasan suhu naik yang perlu diketahui.

    1. Air Radiator yang Salah

radiator mobil

Penggunaan air radiator untuk mobil tidak boleh sembarangan. Karena air ini berfungsi untuk mendinginkan mesin sehingga jenis yang digunakan berbeda. Anda tidak bisa menggunakan air mineral, air sumur atau air PDAM.

Air yang salah justru akan meningkatkan suhu pada mesin karena tidak bekerja dengan baik sebagai pendingin. Masih banyak orang yang tidak mempercayainya dan terus menggunakan air sumur untuk radiator.

Hasilnya tentu saja sudah bukan suhu saja yang sering naik tetapi juga kerusakan pada komponen lainnya.

  1. Kebocoran pada Radiator

Fungsi radiator adalah untuk meredam atau menurunkan suhu panas berlebih yang dihasilkan oleh mesin. Jika sistem pendingin mesin ini rusak maka suhu yang ada pada mesin tidak bisa dikendalikan dengan benar.

Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi adalah kebocoran. Bocornya radiator ini bisa disebabkan karat. Jika penyebabnya adalah karat maka mau tidak mau cara memperbaiki hanya dengan mengganti komponennya.

  1. Kipas Radiator Tidak Bekerja atau Mati

Selain kebocoran, kerusakan juga sering terjadi pada kipas radiator. Kipas ini berfungsi untuk membuang panas dari mesin sehingga mengurangi beban kerja mesin pendingin. Jika kipas mengalami kerusakan maka panas yang seharusnya berkurang akan bertambah.

Kipas juga bisa rusak karena karat atau kemacetan yang disebabkan oleh switch rusak. Jika kipas radiator rusak Anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru. Untungnya kipas radiator ini tidak terlalu mahal.

  1. Oli Mesin yang Buruk

Kualitas oli mesin yang masih bagus tidak hanya bekerja untuk melumasi mesin tetapi juga menyerap panas. Gesekan yang terjadi antara mesin terbuat dari bahan logam dapat menciptakan panas.

Oli mesin yang kualitasnya sudah menurun biasanya tidak bisa lagi menyerap panas dengan sempurna. Anda bisa melihat pada dashboard mobil ketika oli memburuk maka indikator oli akan menyala. Segeralah ganti oli agar masalah panas ini teratasi.

  1. Tali Kipas yang Tidak Bekerja

Selain kipas yang mati, v-belt atau tali kipas yang bekerja untuk menggerakan kipas pendingin. Tentu saja akibatnya suhu panas pada mesin tidak bisa dikontrol dengan baik. Anda perlu mengecek apakah tali kipas ini putus atau hanya salah pemasangan saja.

Kipas juga bisa kotor sehingga menimbulkan kemacetan. Pemeriksaan tali kipas ini juga sebaiknya dilakukan di bengkel resmi Suzuki terdekat. Untungnya bengkel resmi Suzuki kini tersebar di seluruh Indonesia dan mudah untuk dijangkau.

mobil suzuki

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Banten, Jakarta dan Jawa Barat bisa mengunjungi salah satu dari bengkel berikut ini.

  1. Bengkel Suzuki Sejahtera Sumberbaru Trada, (https://suzukidealerkalimalang.id/)
  2. Bengkel Resmi  Suzuki Sejahtera Armada Trada (https://suzukimargondadepok.co.id/)
  3. Bengkel Suzuki SBAM Jakarta (https://suzukisbam.co.id/)
  4. Bengkel Resmi  Suzuki Duta Cendana Adimandiri (https://suzukidutacendana.co.id/)
  5. Bengkel Resmi  Suzuki Dwiperkasa Mobiltama (https://suzukidwiperkasa.co.id/)
  6. Bengkel Resmi Suzuki Armada Perkasa Mobilindo (https://suzukiarmada.co.id/)
  7. Bengkel Resmi Suzuki Handijaya Buana Trada (https://suzukigunungsahari.co.id/)
  8. Bengkel Resmi Suzuki Sejahtera Buana Trada (https://suzukitrada.co.id/)
  9. Bengkel Resmi Suzuki Indomobil Multi Trada (https://indomobilsuzukidealer.co.id/)

Bukan hanya pengecekan bagian radiator saja yang biasanya jadi sumber panas mesin sering naik tapi juga service secara berkala sekaligus tune up. Anda bisa melakukannya semua dengan klik salah satu website dari bengkel resmi Suzuki ini.

Facebook Comments

Artikel sebelumya8 Cara Unik Memajukan Bisnis, Gunakan Video Untuk Melejitkan Pemirsa
Artikel berikutnyaTips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak-anak
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.