Halo calon mahasiswa baru! Sudah siapkah kamu melangkah menuju ke jenjang perkuliahan? Diantara kalian mungkin masih banyak yang bingung mau kuliah dimana dan mau mengambil study apa. Sebagai bekal masa depan kelak, hal ini memang harus kita pertimbangkan dengan baik. Jangan sampai memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan, tetapi sesuaikanlah dengan minat, bakat dan tentu saja prospeknya dimasa depan.

Ambil Kuliah yang Kekinian sesuai Era 4.0

Saat ini kita hidup di zaman digital yang penuh dengan tantangan, Revolusi Industri Keempat yang memungkinkan Internet of things, kecerdasan buatan dan otomatisasi diaplikasikan pada segala hal. Hal ini mendorong terjadinya disrupsi, membuat banyak pekerjaan yang sebelumnya kita ketahui menjadi tidak lagi dibutuhkan. Disisi lain, perubahan ini juga menciptakan peluang pekerjaan baru yang tidak dibayangkan sebelumnya.

Salah satu contoh nyatanya adalah lahirnya bank-bank digital saat ini. Mereka menawarkan kemudahan bagi nasabah dengan layanan full online. Bayangkan, Bank yang sebelumnya selalu identik dengan kantor cabang kini mereka bahkan tidak memerlukannya. Membuka rekening, membayar tagihan, melakukan perencanaan keuangan dan juga investasi semuanya bisa diakses dari genggaman melalui aplikasi smartphone. Kehadiran manusia sebagai staff tentunya akan jauh berkurang, artificial intelegent dan Big Data menggantikan beberapa hal sehingga operasional akan jauh lebih efisien dan nasabah bisa dilayani dengan maksimal.

Saat ini pekerjaan di bidang digital memang jauh lebih dibutuhkan dan dari segi pendapatan juga sangat menjanjikan. Profesi yang dulu bahkan tidak pernah kita kenal seperti Ui/UX designer, Digital marketing, Data Anlysist, Graphic Desaigner kini justru adalah pekerjaan yang sangat dicari oleh industri digital yang terus berkembang.

Lalu pertanyaanya adalah, sudah siapkah Kita menangkap peluang ini? “Berubah atau punah” Kita harus membekali diri dengan skill yang bisa membantu kita untuk berkembang di masa depan. Persiapan ini tentunya harus dimulai dengan memilih pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Kuliah di STEM Prasmul, Bekali Diri Menghadapi era 4.0

kampus prasmul
kampus prasmul

STEM Prasetiya Mulya “Sekolah Teknik yang melahirkan technoprenur masa depan“.

Perguruan Tinggi yang sadar betul dengan perubahan paradigma ini adalah STEM Prasetiya Mulya. Program Studi yang dimilikinya benar-benar dibutuhkan dan akan menjadi jawaban yang tepat untuk menghadapi era 4.0. STEM Prasmul mengkolaborasikan antara teknologi dan engineering dengan desain bisnis sehingga dapat menciptakan peluang karir yang menjanjikan baik sebagai “entrepreneurial engineer” ataupun “professional engineer”.

Semua aktiftas pembelajaran di STEM Prasmul telah memenuhi kurikulum standar KKNI dan akreditasi internasional. Asyiknya, kampus ini juga dikenal memiliki sistem belajar yang seru, tidak hanya melulu belajar dan berkutat dengan tugas tetapi juga membangun karakter para mahasiwanya.

Di Prasmul punya Metode Case Base-Aproach yang memungkinkan mahasiswanya dapat langsung mengaplikasikan teori yang telah dipelajarinya ke dalam praktik nyata di Industri. Prasmul bekerjasama dengan perusahaan top Tanah Air seperti Traveloka, Taman Impian Jaya Ancol, dan banyak lagi yang lainnya. Dengan demikian mahasiswa benar-benar akan mengaplikasikan ilmunya berdasarkan kasus nyata. Sehingga mereka akan terasah dan teruji menjadikannya generasi yang siap menghadapi tantangan.

Prodi Prasetiya Mulya
Prodi Prasetiya Mulya
  • S1 Renewable Energy: Energi fosil adalah penyebab global warming dan juga jumlahnya terbatas. Kita semakin menyadari bahwa energi terbarukan yang ramah lingkungan sangat mendesak untuk diaplikasikan. Program S1 Renewable Energy Engineering Universitas Prasetiya Mulya memiliki empat kelompok keahlian yakni kelompok keahlian Solar Energy, Bioenergy, Energy Management, dan Fluid Structure Interactions.
  • S1 Business Mathematic: Program Sarjana Matematika Bisnis adalah program yang mempelajari metode matematika, statistik, dan komputasi bersama dengan metodologi ekonomi.
  • S1 Computer System Enginering: Kini hidup kita sangat bergantung pada teknologi kecerdasan mesin buatan, IoT dan banyak yang lainnya.
  • S1 Food Business Technology: Kebutuhan akan makanan yang sehat dan bergizi semakin meningkat dan populasi global di masa depan akan menuntut alternatif sumber makanan lain. Oleh karena itu, peran ahli teknologi pangan sangat penting dalam industri pangan.
  • S1 Digital Busines Technology: Dalam beberapa tahun terakhir, profesi Software Enginering terus dibutuhkan. Meningkatnya integrasi sistem komputer dan informasi ke dalam kehidupan manusia adalah salah satu pendorong tren ini.
  • S1 Product Design Enginering: Program ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan akan sarjana dalam bidang pengembangan produk yang mempunyai kompetensi dalam mendesain dan menginovasi produk.

Pembelajaran di STEM Prasetiya Mulya menggabungkan antara sains, teknologi, teknik, dan matematika. STEM memberi keterampilan yang membuat kita lebih siap menghadapi era digital. Setiap komponen STEM memberikan kontribusi yang berharga untuk pendidikan yang menyeluruh sehingga memainkan peran penting dalam membentuk generasi yang tanggap terhadap perubahan yang akan dihadapi di masa depan.

Yuk, gabung bersama STEM Prasmul

Bagi kamu yang ingin memiliki bekal terbaik di era 4.0, Universitas yang keren banget ini masih membuka pendaftaran gelombang ke dua pada tanggal 14 September hingga 11 Oktober 2021. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini. Kunjungi https://stem.prasetiyamulya.ac.id/programs/ untuk informasi lebih jauh tentang STEM Prasetiya Mulya.

Dengan menempuh pembelajaran yang tepat, harapannya kita akan tumbuh menjadi orang yang kreatif dan memiliki pemikiran yang out of the box untuk menghasilkan teknologi dan ide-ide baru. Intinya adalah fleksibilitas dan rasa ingin tahu, sehingga kita bisa menghadapi tantangan di era digital. Kita jangan sampai terlena dan malas untuk mempelajari skill baru, karena sekarang perubahan berlangsung dengan sangat cepat.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak-anak
Artikel berikutnyaAplikasi Belajar Online QuBisa, Upskilling dan Reskilling Tanpa Ribet
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.