dendeng sapi
source: healthline.com

Dendeng adalah makanan orang Padang yang juga sangat banyak penggemarnya. Dendeng ini mirip rendang namun kering dan bahkan ada yang seperti kerupuk dibuatnya. Dendeng ini memang jarang ada di warung makan padang karena biasanya dendeng ada di pesta pernikahan dan acara lainnya. Dendeng ini juga terdapat dendeng yang basah yang dibumbui. Namun anda bisa membuat dendeng kering saja jika memang lebih suka dendeng yang kering. Berikut cara membuat dendeng sapi yang kerig atau basah sesuai selera anda.

Dendeng Sapi Kering Enak

Bahan-bahan yang dibutuhka untuk membuat dendeng sapi kering ini mudah saja da tidak sulit. Bahan-baha yang dibutuhkan adalah daging sapi yag sudah dibuang lemaknya sebanyak 1 kg, garam 1 sendok the, ketumbar bubuk sebanyak 10 kemasan, gula pair sebanyak 1 ½ sendok teh, bawang putih 7 siung dan bawang merah 8 siung.

Cara Membuat Dendeng Sapi Kering Enak Adalah:

  • Anda iris dahulu daging sapi yang sudah dibuang lemak tadi memanjang dan agak besar. Setelah itu rebus selama kurang lebih 35 menit. Dan anda ambil dagingnya satu persatu untuk ditiriskan.
  • Setelah itu dagingnya digeprek sesuai selera dengan ulekan atau juga palu. Setelah itu anda ulek bawang putih, bawang merah dan ditumis dengan gula, air dan garam. Setelah itu masukkan juga kecap manisnya.
  • Selanjutnya dicium apakah sudah wangi, jika sudah masukkan daging yang sudah diiris. Kemudian dagingnya tunggu hingga meresap dan setelah itu anda tiriskan dahulu daginga hingga airnya kering.
  • Ketumbar setelah itu dimasukkan dalam nampan yang lumayan besar. Dagingnya diguling-gulingkan satu persatu agar ketumbarnya meresap.
  • Kemudiann dendeng ini bisa anda goreng setelah dibumbui denga ketumbar. Anda juga bisa menyimpannya di kulkas untuk bahan makanan sehari-hari. Anda bisa menumisnya juga.
cara membuat dendeng sapi
cara membuat dendeng sapi
souce : xoxobella.com

Dendeng Daging Sapi Balado

Dendeng sapi balado ini kaya akan rasa dengan rasa yang pedas. Anda bisa menggunakan bahan yang ada juga. Siapkan bahan seperti daging sapi 500 gram, cabe keriting 12 buah, cabe merah besar 9 buah. Siapka bahan untuk dihaluskannya yaitu bawang putih 9 buah, bawang merah 9 buah, ketumbar 1 sendok teh, 1 sendok teh asam jawa, lengkuas 1 ruas jari dan daun jeruk 3 lembar, garam, gula pasir dan air.

Cara Membuat Dendeng Sapi Balado:

  • Potong tipis dahulu dagingnya dan kemudian dicuci bersih. Setelah itu direbus daginya dan kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam rebusan dagingnya. Anda bisa merebus dagingnya hingga empuk. Biasanya daging empuk setelah 1 jam lebih.
  • Cabe setelah itu digiling kasar, dan sisihkan dahulu cabenya.
  • Coba lihat dagingnya, jika sudah empuk. Angkat dagingnya dan kemudian tiriskan dagingnya. Dagingnya digeprek dan kemudian panaskan minyak di wajan. Goreng dagingnya yang sudah digeprek. Anda bisa menggeprek dagingnya hingga kering. Kemudian setelah digoreng semuanya disisihkn dahulu.
  • Setelah itu anda tumis cabe dengan minyak bekas goreng daging. Setelah itu anda masukkan cabe dan tumis hingga wangi. Masukkan daging yang sudah digoreng tadi dan campurkan dengan bumbu cabenya.

Dendeng balado ini bisa disajikan dengan nasi hangat. Dendeng sapi balado ini juga bisa dinikmati dengan timun dan cabe hijau yang ditumis. Selain itu dengan sayur nangka santan bersama dendeng sapi balado ini enak sekali.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPentingnya Susu Hamil untuk Ibu pada Trimester Kedua
Artikel berikutnyaBeragam Aksesoris AC yang Tersedia di Toko Daikin
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.