smart-home
smart-home pixabay.com

Smart home system mulai santer terdengar di Indonesia. Bangunan rumah yang diinstalasi dengan teknologi ini banyak menarik minat pengembang properti di Indonesia. Meski sudah cukup banyak diberitakan dalam beberapa media, nyatanya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham betul soal adaptasi internet rumah dalam hunian.

Sekilas Tentang Sistem Smart Home System 

Pada dasarnya, smart home system adalah cerminan hunian berbasis teknologi. Dimana teknologi yang terinstall memiliki kegunaan untuk mengatur sekaligus mengontrol rumah secara otomatis dalam jarak jauh, kapan pun, dan di mana pun. Biasanya, proses pengaturan akan mengandalkan koneksi internet stabil dengan smartphone sebagai remote nya.

Sistem smart home ini memungkinkan penggunanya untuk dapat mengontrol berbagai fungsi seperti akses keamanan dalam rumah, pencahayaan, suhu ruangan, mematikan TV, mengaktifkan AC, hingga home theater dari jarak jauh. Jika ditilik dari segi tampilan, rumah yang memiliki sistem smart home tidak memiliki perbedaan mencolok dengan desain rumah konvensional.

Uniknya, sejumlah pengembang smart home turut menyematkan fitur mood lamp dalam hunian pintarnya. Yang mana fitur ini berguna untuk mengubah warna lampu dalam ruangan sekaligus mengatur tingkat kecerahan cahayanya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan penghuninya.

xlhome

Kelebihan Smart Home System

Teknologi yang dibenamkan dalam rumah pintar tentunya mempunyai ragam kelebihan yang tidak bisa ditemui pada rumah biasa. Adapun salah satu kelebihan dari rumah pintar ialah:

  1. Memudahkan Pengaturan

Hampir semua jenis pengaturan rumah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan smart home technology. Mulai dari menyalakan lampu sampai mengawasi keamanan rumah dari kejauhan.

  1. Hemat Energi dan Lebih Efisien

Jika memilih untuk menempati smart home, Anda tidak perlu repot menguras energi untuk merawat hunian. Sebab, segala hal yang terkait dengan rumah pintar bisa dilakukan dengan cepat melalui beberapa sentuhan pada layar ponsel.

  1. Memperoleh Kenyamanan Tingkat Tinggi

Dengan teknologi smart home, Anda dapat mengatur tata letak interior dengan praktis dan singkat. Termasuk pula dalam mengatur penempatan sofa atau kasur yang empuk. Cukup dengan menyentuh layar gawai dan teknologi akan memanjakan Anda layaknya seorang raja.

Sebagai ilustrasi, ketika Anda hendak memutar lagu favorit namun speaker yang dimiliki terletak cukup jauh dari posisi Anda saat itu, Anda dapat memberikan perintah pada smart home speaker system yang sudah terinstall. Atau mungkin saat Anda menghendaki pengaktifan penghangat ruang secara otomatis, maka cukup sentuh layar smartphone untuk mengaktifkan smart home heating system.

Kekurangan Smart Home System

Selain kelebihannya, sistem smart home juga memiliki kekurangan, seperti:

  1. Bug

Walaupun smart home dapat menghemat penggunaan biaya listrik, faktanya masih ada “cacat” pada pengaplikasiannya. Dimana risiko keamanan bobol dan bug seringkali mengganggu para penggunanya.

Terlebih sekarang ini sudah banyak peretas yang mahir, sehingga dimungkinkan mereka bisa memperoleh akses pada beberapa peralatan smart home yang sudah diintegrasi dengan internet. Guna menghindari hal tersebut, Anda dapat membuat kata sandi yang kuat dengan kombinasi rumit, hanya menghubungkan internet pada perangkat terpercaya, serta menggunakan enkripsi.

  1. Biaya Pemasangan Mahal

Biaya pemasangan teknologi rumah pintar cenderung mahal. Bahkan, bisa mencapai puluhan juta untuk sistem nirkabel, dan belasan juta untuk sistem kabelnya.

  1. Tidak Bekerja Saat Internet Tidak Stabil

Ketika jaringan internet yang digunakan tidak stabil, maka fasilitas smart home juga akan terganggu dan tidak bekerja dengan baik. Sebab, smart home memang sangat bergantung pada internet untuk mengoperasikannya. Maka dari itu, jika memasang smart home, jaringan internet harus senantiasa stabil.

XL Home
XL Home

Dari seluruh produk smart home system yang tersedia di Indonesia, teknologi smart home bersama XL Home adalah salah satu opsi terbaik yang bisa dipilih. Bukan tanpa alasan, smart home system yang Anda terapkan, dijamin akan berjalan dengan optimal bersama koneksi internet yang kuat dan stabil dari XL Home. Jadi, segera pakai XL Home dan nikmati kemudahan rumah pintar untuk hunian Anda sekarang juga!

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTips Memilih Bengkel Mobil Terpercaya dan Profesional
Artikel berikutnyaBeda 4 jutaan Pilih Xpander Sport atau Ultimate?
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.