Tips Memilih Bengkel
Tips Memilih Bengkel (extramile.thehartford.com)

Perawatan kini sudah menjadi kewajiban bagi para pengguna kendaraan mobil maupun motor. Akan lebih baik lagi jika perawatan kendaraan tersebut dilakukan di bengkel dan ditangani oleh para pegawai profesional.

Seperti yang kita ketahui, bahwa merawat mobil sangat diperlukan agar kendaraan tetap awet dan nyaman. Sehingga pengguna pun juga bisa merasakan lebih aman karena sudah dalam perawatan yang terbaik.

Cara Memilih Bengkel

Perawatan kendaraan seperti servis di tempat yang tepat merupakan pilihan oleh banyak orang agar mobilnya tetap bagus. Salah satunya untuk meningkatkan performa dan selalu menjaga efisiensi bahan bakar kendaraan tersebut.

Dalam pemilihan tempat servis pun juga tidak boleh kita lakukan secara sembarangan. Karena jika kita salah memilih, tentu kita juga yang akan rugi, dan mobil yang ditangani juga tidak sempurna.

Berbagai jenis kendaraan dari roda dua, empat hingga delapan semuanya pasti membutuhkan yang namanya service berkala. Salah satu tujuannya adalah supaya kendaraan tetap maksimal, tidak mudah rusak dan tentunya nyaman saat digunakan.

Oleh karena itu, kita sebagai pengguna yang cerdas harus bisa memilih tempat servis yang handal. Jangan sampai kita memilih jasa yang salah dan akan berakibat fatal.

Terutama saat kita memiliki jenis kendaraan jenis roda empat, jadi tanggung jawab kita tidak hanya akan mengisi bahan bakar nya saja. Melainkan juga harus selalu rajin untuk menjaga performa mobil dengan baik, yaitu melakukan service.

1. Pilih yang Memiliki Mekanik Profesional

Tips memilih bengkel yang pertama adalah cari yang mempunyai para pekerja profesional dan handal serta berkualitas. Biasanya mekanik yang handal akan memiliki sertifikat maupun pengetahuan luas tentang kendaraan.

Tidak hanya itu saja, melainkan mekanik handal juga akan mengajak pelanggannya agar berdiskusi tentang perawatan kendaraan. Biasanya hal ini dilakukan guna mengukur seberapa kemampuan mekaniknya tersebut.

Montir atau teknisi yang bekerja di tempat servis harus memiliki sertifikat juga sudah diseleksi dahulu dan lebih kompeten. Jadi tak jarang pula jika sebuah tempat servis tertentu mempunyai struktur organisasi yang lebih baik.

Pasalnya para teknisi yang handal dan berkualitas sering mendapatkan pelatihan dahulu agar keahlian di bidangnya semakin meningkat. Dalam praktiknya, biasanya teknisi di tempat servis juga terdiri dari penasehat layanan, mandor perbaikan umum dan teknisi perbaikan umum pula.

Cara memilih bengkel

2. Memiliki Suku Cadang Asli

Selanjutnya kamu bisa memilih bengkel yang sudah menggunakan suku cadang asli. Nah, untuk memastikannya menggunakan suku cadang asli apa tidak, kamu dapat meminta bantuan kepada pihak servis guna menunjukkan komponen mobil tersebut yang akan diganti.

Tidak hanya itu saja, namun minta untuk tunjukkan komponen mobil milikmu yang telah dicopot. Apabila pihak tempat servis menggunakan jenis suku cadang aftermarket, pastikan bahwa mekaniknya telah menanyakan dahulu. Mengenai apakah kamu ingin menggunakan suku cadang itu atau tidak.

Biasanya ini dilakukan guna untuk mengetes dari kejujuran pihak bengkel tersebut. Seperti yang kita ketahui, bahwa dengan menggunakan suku cadang mobil asli bisa memperpanjang umur pakai komponen kendaraan.

Karena harga suku cadang asli juga lebih mahal daripada dengan aftermarket. Jika umur pakainya sudah lama, maka bisa menghemat pengeluaran untuk melakukan perawatan mobil daripada penggantian suku cadang.

3. Memiliki Peralatan Lengkap

Ketersediaan maupun penggunaan peralatan lengkap bisa kamu jadikan sebagai tempat bengkel terbaik untuk pilihan kamu. Dengan adanya peralatan yang lengkap maka teknisi bisa melakukan perawatan mobil lebih cepat dan tentunya sangat akurat. Sebaliknya, jika tidak memiliki alat yang memadai, maka kegiatan untuk merawat mobil tidak bisa sempurna.

bengkel terbaik

4. Memiliki Ruang Tunggu yang Nyaman

Untuk memilih tempat servis berkualitas dan terpercaya tentunya harus memiliki tempat atau ruang tunggu yang nyaman. Pasalnya in sagat penting agar pelanggan yang ingin melakukan servis bisa merasakan kenyamanan.

Para pelanggan bisa menunggu sambil duduk santai di ruang tunggu dan mereka akan merasakan kenyamanan. Selain itu tempat ini juga akan memberikan kemudahan untuk mereka yang membawa anak kecil agar tidak rewel.

Biasanya ruang tunggu yang nyaman juga memiliki beberapa fasilitas penunjangnya. Misalnya saja seperti meja, kursi, AC, TV, toilet, koneksi WiFi dan masih banyak lagi.

pilih bengkel di otoklix
pilih bengkel di otoklix

Keuntungan Merawat Kendaraan di Otoklix

Otoklix merupakan startup yang berfokus pada Automotive Aftermarket Domain. Maksudnya adalah Otoklix menyediakan suku cadang yang original non OEM karena dibuat oleh perusahaan yang lain, yakni dengan menggunakan izin acuan standar dari manufaktur yang asli.

Berkat adanya visi dan misi yang sangat bagus, maka mampu membuat Otoklix mempunyai banyak partner. Bahkan Otoklix sendiri juga mempunyai partner dari merek yang sangat terkenal.

Bagi kamu yang sudah mempunyai akun Otoklix mulai sekarang sudah bisa mendaftarkan mobil. Selain itu ada banyak sekali jenis layanan yang bisa kamu nikmati. Bahkan kamu juga dapat memperoleh keuntungan maupun kemudahan lain.

Ikuti Blog Competition by Otoklix

Bagi siapa saja yang suka menulis, apalagi dalam bidang otomotif, mulai sekarang bisa langsung menyalurkan kreasi dan hobi ke dalam Blog Competition by Otoklix. Karena bisa mendapat berbagai macam hadiah dengan total puluhan juta, voucher servis Otoklix dan voucher jajan.

Ketentuannya para peserta harus memiliki website pribadi dengan domain .id, .com, .edu, wordpress, medium maupun blogspot. Bukan anonim seperti blog dalam facebook ini dianggap tidak sah.

Peserta harus mendaftar dahulu ke akun Otoklix melalui website otoklix.com maupun aplikasi android. Selain itu wajib mengikuti akun facebook page Otoklix (@Otoklix) dan instagram Otoklix (@otoklix).

Namun peserta kontes blog bukanlah seorang karyawan dari Otoklix maupun afiliasi langsung dari pihak Otoklix. Periode kontes ini sudah mulai dibuka pada 1 Maret sampai dengan 30 Juni 2021 mendatang. Untuk pengumuman pemenangnya akan berlangsung pada 14 Juli 2021.

Setelah mengetahui beberapa tips memilih bengkel yang benar dan tepat, saat ini kamu juga bisa mengikuti kontes Otoklix tersebut dan menangkan hadiahnya.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMelepas Stigma Kusta dan Mewujudkan Inklusifitas Disabilitas
Artikel berikutnyaSmart Home System: Kelebihan & Kekurangannya
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.