Manfaat dan Pentingnya Konsumsi Zat Besi
Manfaat dan Pentingnya Konsumsi Zat Besi

Seorang wanita yang mengalami PMS setiap bulannya jelas merupakan seseorang yang tangguh. Karena sindrom pra-menstruasi ini seringkali benar-benar dapat mengacaukan mood dan juga fisik. Mulai dari emosi yang tidak stabil, mudah merasa sedih dan kesakitan seperti kram dan kelelahan. Semua ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari PMS dan mempengaruhi 8 hingga 15 persen wanita di seluruh dunia.

Menstruasi berat atau Menorrhagia dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya. Dan itu dapat terjadi karena beberapa sebab seperti, disfungsi hormonal, ovarium disfungsional, PCOS, dll. Dan ketika seorang wanita megalami menstruasi berat ini, maka Ia bisa kekurangan zat besi karena kehilangan darah yang berlebihan. Padahal zat besi merupakan salah satu unsur penting yang memainkan peran vital dalam pembentukan sel darah merah.

Wanita secara alami menyimpan lebih sedikit zat besi dalam tubuh mereka daripada pria. Dan jika ditambah dengan kehilangan zat besi karena menstruasi bulanan ini akan membuat simpanan zat besi dalam tubuh menurun. Jika dibiarkan maka dapat menimbulkan masalah berat lain seperti anemia defisiensi besi. Ini adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat membuat cukup sel darah merah yang dapat menyebabkan kelelahan dan menguras energi.

Selain itu, kekurangan zat besi juga dapat membuat aliran darah menstruasi menjadi berlebihan. Oleh karena itu tubuh wanita membutuhkan jumlah zat besi yang lebih tinggi selama masa menstruasi. Hal ini karena mereka kehilangan banyak zat besi melalui darah yang terus keluar.

nyeri haid pms
nyeri haid pms

Manfaat dan pentingnya konsumsi zat besi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology, manfaat dan pentingnya konsumsi zat besi adalah kemampuannya dalam pembentukan melatonin. Ini adalah hormon yang dapat membantu wanita mengurangi perubahan suasana hati yang disebabkan oleh PMS, kram, dan juga kembung. Asupan zat besi lebih dari 20 miligram sehari dapat mengurangi risiko PMS sekitar 30 hingga 40 persen lebih rendah jika dibandingkan wanita yang memiliki asupan zat besi yang lebih sedikit.

Dengan meminum suplemen zat besi, Wanita yang mengalami anemia serta periode haid yang berat dapat memiliki kualitas  hidup yang lebih baik. Ini karena zat besi dapat membantu mengembalikan menstruasi agar datang secara teratur. Selain itu, zat besi juga dapat membantu seseorang yang mengalami menstruasi berat menjadi normal sehingga terhindar dari anemia.

Minum Suplemen Zat besi Penting Bagi Wanita

Kita bisa mendapatkan zat besi dari makanan seperti sayuran berdaun, ikan, daging, makanan laut, tiram dan kerang. Tetapi jika mengandalkan makanan saja, tubuh akan sulit untuk mendapatkan kebutuhan harian zat besinya, apalagi jika ditambah dengan menstruasi. Maka meminum suplemen bisa menjadi pilihan yang baik agar tubuh mencapai kadar zat besi yang ideal.

Zat besi tonikum bayer
Suplemen Zat besi tonikum bayer

Tonikum Bayer adalah suplemen yang tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan multivitamin, mineral dan zat besi. Selain diperlukan oleh wanita yang sedang menstruasi, Tonikum bayer juga bagus untuk mereka yang sedang dalam masa kehamilan, membantu pertumbuhan, usia lanjut, dan juga digunakan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat secara umum.

Kesimpulan

Bagi banyak wanita, PMS adalah cobaan bulanan yang dapat membuat frustrasi. Namun dengan mengkonsumsi secara teratur suplemen zat besi seperti Tonikum Bayer ini dapat membantu mengurangi gejala fisik dan emosional yang terjadi. Dengan demikian para wanita bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan bisa menjalani hari-harinya dengan lebih nyaman.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaJenis Investasi Terbaik di Indonesia, Wajib Anda Ketahui
Artikel berikutnyaKenali Lebih Dalam Fungsi Retina pada Mata
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.