Jenis Investasi Terbaik di Indonesia
Jenis Investasi Terbaik di Indonesia

Investasi sangat penting untuk mempersiapkan kebutuhan yang terencana atau tidak di masa yang akan datang. Ada beberapa jenis investasi, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus membuka bisnis baru. Karena investasi merupakan langkah menanamkan modal yang Anda miliki dengan harapan mendapatkan imbalan berupa keuntungan besar.

Selain mempersiapkan kebutuhan dana masa depan, investasi bermanfaat untuk melindungi aset yang Anda miliki dari ancaman inflasi. Jadi,  investasi akan memberikan keuntungan yang lumayan besar.

Jenis Investasi Terbaik di Indonesia

Berinvestasi sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia. Disamping memberikan keuntungan, investasi bermanfaat sebagai alat penjaga kekayaan Anda. Sekalipun suatu saat terjadi resesi ekonomi, seperti nilai investasinya tidak naik atau tidak turun.

Namun, sayangnya belum semua orang mau berinvestasi dengan alasan modal belum cukup. Sebenarnya Anda bisa saja tetap berinvestasi dengan menyesuaikan jenis instrumen yang sesuai.

Jadi, perlu melakukan investasi sejak dini. Supaya mendapat berbagai keuntungan yang besar, berikut jenis investasi populer di Indonesia.

Saham

saham
saham

Bagi yang suka tantangan, cobalah investasi bentuk saham. Tidak main-main, keuntungan dari investasi ini sangat besar. Namun potensi kerugian juga cukup besar.

Sebelum berinvestasi saham, sebaiknya pelajari terlebih dahulu mengenai analisis teknikal dan fundamental. Dengan demikian, Anda bisa mengamati kondisi pasar saham dengan baik. Sehingga keuntungan akan lebih maksimal.

Reksadana

Jenis investasi reksadana dapat melakukannya dengan bekerja sama melalui seorang manajer investasi. Jadi, Anda tinggal menyediakan uang, yang bertugas mendistribusikan uang adalah manajer investasi. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengurus investasi reksadana.

Apabila membandingkannya dengan deposito, reksadana jauh lebih memberikan keuntungan. Sebab, tingkat suku bunga lebih besar. Selain itu, Anda dapat mencicil per bulan dan penempatannya tidak sekaligus.

Properti

property

Tanah dan bangunan menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang menjanjikan. Karena nilai properti akan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peningkatan persentase tersebut tiap tahunnya mencapai 15% hingga 20%.

Apalagi bila lokasinya sangat strategis. Properti menjadi salah satu kebutuhan dasar untuk tempat tinggal atau usaha. Sehingga minim akan risiko kerugian.

Namun, dengan berinvestasi properti Anda akan membutuhkan modal yang sangat besar. Baik itu berupa tanah atau bangunan. Lalu Anda dapat menyewakan properti sebelum menjualnya dan menunggu nilai properti naik.

Menyewakan sebuah properti akan mendapatkan keuntungan lebih besar dari passive income. Keuntungan lain adalah properti tetap terawat karena pihak penyewa mengurusnya.

Namun pastikan ada perjanjian sewa menyewa saat Anda menyewakannya pada pihak lain. Hal tersebut untuk mengantisipasi ganti rugi, bila pihak penyewa menimbulkan kerusakan pada properti yang Anda miliki.

Asuransi 

Asuransi penting Anda lakukan untuk melindungi diri pribadi, keluarga dan aset. Misalnya saja rumah, kendaraan, dan lain sebagainya. Tidak hanya berfungsi sebagai proteksi, kini asuransi menjadi salah satu alternatif untuk berinvestasi.

Asuransi dengan basis investasi ini menggabungkan produk asuransi dengan dana kelola seperti reksadana. Pada umumnya, premi yang dibayarkan akan mendapat konversi dalam bentuk unit. Kemudian unit ini akan dibagi menjadi biaya asuransi dan yang kedua untuk investasi. Asuransi jiwa pada umumnya banyak digunakan sebagai asuransi jangka panjang.

Biasanya jenis investasi ini mempunyai jangka waktu lama, mulai dari 10 tahun. Anda harus membayar asuransi setiap bulan.

Asuransi berbasis  investasi mempunyai biaya premi yang lebih tinggi daripada produk biasa. Anda harus memilih  perusahaan penerbit asuransi yang tepat. Karena asuransi merupakan investasi jangka panjang, jadi perusahaan harus mendapat izin dari otoritas berwenang.

Emas dan Logam Mulia

pegadaian
sobat pegadaian

Emas sangat cocok Anda jadikan sebagai alat penjaga kekayaan. Bahkan saat terjadi resesi ekonomi, harga emas biasanya akan stabil.

Jenis investasi emas dapat berupa batangan, jadi tidak bisa memakainya. Anda bisa investasi emas di Pegadaian atau e-commerce Indonesia yang menyediakan program menabung emas. Sahabat Pegadaian bisa menjadi solusi terbaik untuk berinvestasi.

Logam mulia juga populer di kalangan masyarakat hingga saat ini. Logam mulia merupakan salah satu investasi jangka panjang. Peningkatan harga karena respons terhadap kejadian tertentu, sehingga menyebabkan paper investment.

Harga logam mulia aman, bahkan cenderung terus meningkat tiap tahunnya terutama saat pasar saham mengalami penurunan. Melalui Pegadaian Digital bertransaksi lebih mudah, aman, dan nyaman.

Deposito Berjangka

Deposito berjangka merupakan salah satu jenis investasi yang dapat Anda pilih. Bunga dari deposito berjangka lebih tinggi daripada tabungan biasa. Kemudian mempunyai tanggal jatuh tempo yang lebih jelas.

Untuk mencairkan dana sebelum tanggal jatuh tempo, biasanya telah ada ketentuan. Bank yang bersangkutan memberikan penalti kepada Anda.

Semakin besar nominal yang Anda tabung sebagai deposito dan dalam jangka waktu lama, maka perolehan keuntungan cukup besar. Selain itu, deposito berjangka mempunyai risiko yang rendah dan aman. Tidak rumit untuk dapat melakukan deposito, sehingga banyak investor pemula yang membuka deposito untuk memulai investasi.

Salah satu jenis investasi bisa Anda pilih untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Bila perlu, pelajari terlebih dahulu tentang bagaimana memilih dan mengelola investasi dengan baik pada pakarnya.

Facebook Comments

Artikel sebelumya4 Tips Tingkatkan Imun Tubuh di Era New Normal
Artikel berikutnyaManfaat dan Pentingnya Konsumsi Zat Besi Untuk Ringankan Gejala PMS
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.