tips tingkatkan imun tubuh
tips tingkatkan imun tubuh

Tidak terasa sudah satu tahun lebih kita hidup dalam bayang-bayang pandemi. Walaupun belum sepenuhnya berakhir, tapi setidaknya kini program vaksinasi sudah dimulai, dan New normal juga sudah digulirkan. Namun walaupun begitu, tetap saja kita masih harus menjaga protokol kesehatan demi menghindari penularan.

Disaat pandemi, mungkin kita baru menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan menjaga daya tahan tubuh kita tetap kuat. Karena di masa sulit ini, menjaga kekebalan tubuh tetap kuat adalah salah satu faktor kunci untuk menghindari penularan virus.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjaga imunitas kita tetap kuat sambil beradaptasi pada kebiasaan hidup new normal.

1. Terapkan pola tidur yang teratur

pola tidur

Imun tubuh sangat bergantung pada kualitas dan kuantitas istirahat, terutama di malam hari. Pastikan kita memiliki tidur berkualitas yang cukup minimal 7-9 jam tidur sehari untuk orang dewasa.

Mengapa mendapatkan istirahat yang berkualitas itu penting? Kurang tidur dapat menurunkan produksi protein dan sel-sel dalam tubuh yang berfungsi untuk melawan dan menghancurkan virus. Akibatnya, kekebalan bisa menurun.

Untuk itu, aturlah jadwal aktivitas harian agar kita memiliki istirahat dan tidur yang cukup. Jauhi begadang karena akan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

2. Makan makanan yang sehat dan bergizi

makanan brgizi

Apa yang kita makan akan mempengaruhi tubuh kita secara keseluruhan, baik itu fungsi tubuh kita, dan tentu saja respon kita terhadap virus, bakteri, dan penyakit. Jadi, untuk menjaga kekebalan tubuh kita tetap kuat, kita membutuhkan keseimbangan nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi.

Pastikan makanan yang dikonsumsi setiap hari mengandung nutrisi seimbang untuk menunjang kekebalan tubuh. Jangan lupa bahwa makanan yang disajikan harus dalam kondisi baik dan dimasak dengan matang.

Hindari junk food untuk menjaga komposisi tubuh guna mencegah masalah terkait gizi yang tidak seimbang. Hindari Nikotin dan alkohol karena dapat meningkatkan risiko komplikasi. Kadar nikotin dalam rokok akan mengganggu sel-sel sistem kekebalan tubuh.

3. Berolahraga secara teratur & kelola stres

kelola stress
kelola stress

Selain istirahat yang cukup dan konsumsi asupan yang bergizi, kita juga perlu menjaga kebugaran fisik untuk membantu regenerasi sistem kekebalan tubuh. Mempertahankan kekuatan kekebalan tubuh tidak berarti berlatih olahraga berlebihan. Yang terpenting adalah berlatih secara rutin minimal 30 menit sehari. Kita bisa memulai dari yang sederhana seperti jalan kaki, peregangan, atau jogging.

Selain itu, penting juga bagi kita untuk mengelola stres. Manajemen stres yang buruk dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan masalah tidur. Ini bisa melemahkan sistem imun tubuh. Cobalah bersosialisasi dengan orang-orang terdekat, lakukan hobi, atau pelajari teknik relaksasi saat berolahraga. Hal-hal ini akan membuat kita tetap positif selama menjalani masa sulit ini.

4. Minum vitamin & suplemen tambahan

redoxon
redoxon

Jika dirasa perlu, kita bisa mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh. Beberapa jenis vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti vitamin C, D, dan Zinc. Selain mengkonsumsi vitamin B3, B5, dan B6 yang juga dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Vitamin C adalah salah satu penguat sistem imun terbaik dari semuanya. Kekurangan vitamin C bisa membuat kita lebih mudah sakit. Asupan vitamin C harian sangat penting untuk kesehatan karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpannya.

redoxon imun tubuh
redoxon imun tubuh

Vitamin dan suplemen adalah cara terbaik untuk mengisi kekurangan nutrisi penting yang tidak didapatkan dari makanan. Meminum Redoxon bisa menjadi cara kita meningkatkan imun tubuh. Dengan kandungan vitamin C, D dan Zinc yang ada pada Redoxon membantu tubuh untuk bisa maksimal melawan bakteri dan virus sepanjang waktu. Redoxon telah terbukti selama 80 tahun sebagai suplemen yang aman dikonsumsi secara teratur. Sistem imunitas yang kuat merupakan pondasi dasar bagi kesehatan tubuh.

Kesimpulan

Pada akhirnya, gaya hidup dan pikiran positif akan membantu kita mengelola imun tubuh kita. Penting untuk mengetahui bahwa kita dapat membangun sistem imun yang kuat dengan mempertahankan kebiasaan makan yang sehat dari waktu ke waktu.

Jadi jangan stres menghadapi masa pandemi dan ‘new normal‘ ini. Tetaplah disiplin dalam menjaga kebersihan dan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh tetap kuat. Selain itu, terapkan protokol kesehatan saat keluar rumah. Mari tetap sehat dan tetap berfikiran positif!

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTips Mengatasi Sakit Kepala yang Mengganggu
Artikel berikutnyaJenis Investasi Terbaik di Indonesia, Wajib Anda Ketahui
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.