Fungsi Retina

Mungkin masih banyak dari kita yang bertanya-tanya fungsi retina mata, lantas apa yang dimaksud dengan retina pada mata?

Mata merupakan indera penglihatan pada manusia, terdapat beberapa bagian pada mata dan salah satunya adalah retina. Retina memiliki peran penting dalam proses penglihatan kita semua.

Retina berfungsi untuk membentuk bayangan benda yang kemudian dikirim oleh saraf mata ke otak. Sedangkan yang berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata adalah pupil.

Sebelum mengenal jauh fungsi retina mata, tak ada salahnya kita mengenal apa itu retina. Retina adalah selapis tipis sel yang letaknya ada di bagian belakang bola mata. Sehingga retina mengubah cahaya menjadi sinyal saraf.

Di dalam retina terdapat sel, yaitu sel batang (basilus) dan sel kerucut (konus). Sel-sel tersebut berfungsi memicu impuls saraf melalui saraf optik ke otak untuk membentuk penglihatan.

Lalu retina akan mengirimkan sinyal tersebut ke otak melalui saraf optikus. Jika lapisan ini terganggu maka akan berdampak pada penglihatan, jadi jangan disepelekan.

Fungsi retina mata

Fungsi Retina Mata

Tahukah kamu fungsi retina mata? Fungsi retina sangat penting bagi penglihatan manusia. Terdapat sel basilus dan konus yang bertugas menerima reseptor cahaya yang kemudian akan memberikan visualisasi atas apa yang dilihat mata.

Secara singkat fungsi retina mata adalah menangkap cahaya dan mengaturnya sebagai informasi visual dan mengirimnya ke otak melalui saraf optik.

Biasanya di tengah jaringan saraf ini terdapat bagian bintik kuning yang disebut macula, yang membuat penglihatan terasa jelas.

Di bagian belakang retina terdapat cakram optik (blind spot atau titik buta). Jika bayangan benda jatuh pada bagian blind spot, maka cahaya tidak bisa diterima oleh kedua sel tersebut.

Itulah mengapa penting bagi kita untuk menjaga kesehatan retina mata, jika penglihatan terganggu maka akan mempengaruhi kualitas hidup.

Menjaga Kesehatan Retina

Sebelum menjaga kesehatan retina, pastikan kebutuhan gizi terpenuhi setiap harinya. Makanlah makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, omega 3 dan lutein.

Semuanya ini bisa kamu dapat jika mengonsumsi, sayuran hijau (brokoli, lobak hijau dan sawi) telur, kacang-kacangan dan ikan laut (salmon, sarden dan tuna).

Tak hanya itu, kamu juga harus mengistirahatkan mata, karena hal ini penting untuk dilakukan. Terlalu lama menatap layar ponsel maupun komputer, bisa membuat mata lelah dan kering.

Sebaiknya alihkan pandanganmu dari layar ponsel maupun komputer selama 20 detik setiap 20 menit sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan retina mata kamu.

Selain itu hal yang tak kalah penting harus kamu hindari adalah asap rokok. Karena asap rokok bisa berdampak pada kesehatan mata, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Retina merupakan target dari sejumlah gangguan medis struktural dan fungsional. Gangguan ini dapat bersifat keturunan atau faktor lain.

Dengan demikian, dibutuhkan pemeriksaan yang cermat dan teliti untuk menghasilkan diagnosis yang tepat untuk beberapa gangguan retina tertentu.

cara kerja retina
cara kerja retina

Cara Kerja Retina Mata

Cara kerja mata diawali dengan proses pantulan cahaya dari benda masuk ke mata pada bagian kornea. Cahaya yang ditangkap oleh mata kemudian diterima dan diolah mata sesuai fungsinya.

Jadi penting rasanya menjaga agar fungsi retina mata tetap terjaga dengan baik agar hari-harimu tetap nyaman dengan penglihatan yang bagus.

Mulai sekarang jangan sepelekan untuk tetap menjaga fungsi retina mata. Bisa dengan cara alami atau mengunjungi klinik mata terpercaya.

Untuk lebih lanjut kamu juga bisa datang langsung dan konsultasi dengan dokter ahli di bidangnya di KMN EyeCare.

Di mana pasien adalah yang utama bagi KMN EyeCare, tak heran bila dilengkapi dengan teknologi canggih dalam layanan kesehatan mata di Indonesia.

KMN EyeCare didirikan oleh dokter retina terbaik di Indonesia, Dr. Sjakon G. Tahija, SpM. Dan merupakan bagian dari PT Austindo Nusantara Jaya Healthcare.

Sehingga senantiasa berupaya memberikan pengobatan dan pelayanan dengan kualitas terbaik oleh para profesional yang cakap di bidangnya dengan etika yang tinggi.

Lokasi KMN EyeCare terdapat di Kemayoran, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan, Pantai Indah Kapuk dan Semarang. Tiap klinik memiliki layanan katarak, retina, glaukoma, strabismus (mata juling) dan oftalmologi umum.

Selain itu, KMN EyeCare juga menyediakan LASIK, oftalmologi pediatrik, retinopati pada bayi prematur, gangguan mata kering hingga okuloplasti & blefaroplasti atau bedah estetika mata.

Pelayanannya tidak hanya terbatas dalam mengobati tapi juga perawatan kesehatan mata dalam artian luas dan terpadu. KMN EyeCare memiliki dokter-dokter mata terbaik dan telah memiliki nama besar di bidang masing-masing sub-spesialis.

Para dokter mata KMN EyeCare juga didukung oleh para profesional yang berkomitmen untuk memastikan kenyamanan kamu saat berkunjung ke klinik KMN EyeCare. Serta mendapatkan informasi lengkap selama proses pengobatan.

KMN EyeCare memiliki fasilitas bintang lima dan berteknologi terkini, sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Layanan terpadu mencangkup optik, laboratorium dan farmasi. Teknologi medis yang ada di KMN EyeCare merupakan yang terkini di bidangnya, mulai dari alat diagnostik, lensa tanam hingga foto saraf optik.

Buat kamu yang masih penasaran bagaimana cara kerja di KMN EyeCare, bisa langsung melihat Testimoni KMN EyeCare yang akan menjawab rasa ingin tahumu.

Tak lupa, KMN EyeCare senantiasa menjaga kualitas layanannya, kamu bisa menikmati suguhan minuman dan makanan kecil selagi menunggu di area yang bersih dan nyaman. Terdapat juga koneksi internet wireless yang cepat dan gratis.

KMN EyeCare akan senantiasa memastikan agar pengalamanmu saat berada di sana, selalu merasa nyaman dan percaya diri. Dari saat di tempat parkir, menginjakkan kaki di lobby hingga akhirnya meninggalkan klinik.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaManfaat dan Pentingnya Konsumsi Zat Besi Untuk Ringankan Gejala PMS
Artikel berikutnyaGernas BBI Puncak Kilau Digital Permata Flobamora, Wujudkan Transformasi UMKM Lokal Go Digital
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.