tips memilih nama bayi
tips memilih nama bayi

Memiliki anak adalah anugerah yang sangat menggembirakan dalam kehidupan ini. Dan memberinya nama adalah salah satu hal paling pertama yang kita lakukan sebagai orang tua. Memilih nama bayi yang sempurna bisa terasa mendebarkan dan sekaligus menantang. Karena bagaimanapun, nama yang Kita berikan pada si kecil akan menjadi bagian abadi dari identitasnya hingga kelak.

Meskipun banyak orang tua sangat percaya diri dengan pilihan nama bayi mereka. Namun banyak juga yang merasa jika nama yang dipilih “terlalu umum digunakan“, dan yang lainnya merasa nama itu “terdengar tidak nyaman“. Mungkin itulah sebabnya para orang tua menghabiskan banyak waktu untuk mencari nama yang sempurna, cerdas, menarik dan berharap nama itu nantinya seistimewa sang bayi.

Tren Memilih Nama Bayi

Generasi 90an memiliki tren nama yang simpel dan tidak keberatan memiliki nama “pasaran”. Nama-nama populer seperti Agus, Budi, Santi, Ayu begitu banyak digunakan bahkan hingga sesama teman pun memiliki nama yang mirip-mirip. Saking simpelnya nama hanya terdiri dari satu kata atau paling panjang dua kata.

Namun kini nama-nama itu tidak lagi dipakai dan mungkin akan punah karena tren nama beralih menjadi lebih unik tidak pasaran dan cenderung tidak mudah diucapkan. Nama anak Elon Musk “X Æ A-Xii” adalah contoh betapa para orang tua modern ini ingin sesuatu yang tidak biasa untuk nama anaknya.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana memilih nama yang unik, tidak biasa dan khas yang cocok untuk era milenial seperti sekarang ini?

Tips Memilih Nama Anak yang Baik

nama bayi islami
nama bayi islami

Memilih nama mungkin akan menjadi salah satu bagian tersulit setelah menanti kelahirannya selama ini. Pikirkan tentang sesuatu yang unik, bahasa tradisional, bahasa asing atau nama relijius. Berikut adalah beberapa tips berguna tentang hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sebuah nama untuk sang buah hati.

Nama yang Unik tapi jangan Konyol

Penting di ingat bahwa nama yang Kita pilih akan tumbuh bersama selamanya. Seringkali orang tua bertindak terlalu jauh, dengan niat ingin terdengar unik tetapi pada akhirnya justru membebani anaknya dengan nama yang konyol. Bagaimanapun, memberi nama adalah keputusan yang sangat pribadi bagi orang tua, namun yang perlu di ingat kita juga harus memiliki pertimbangan nama yang baik agar si Kecil tidak merasa minder dalam pergaulannya kelak. Jangan sampai si Kecil mengalami kesulitan di kemudian hari dengan sesuatu yang “terlalu” berbeda.

Pertimbangkan apakah nama tersebut membuat anak-anak lain akan tergoda untuk memanggilnya dengan nada mengejek di halaman sekolah? Apakah nanti nama tersebut begitu aneh sehingga Anak kita harus mengeja atau menjelaskan nama mereka setiap hari dalam hidup mereka kepada orang yang penasaran? Yang terpenting juga adalah pilihlah nama yang memiliki arti yang baik dalam bahasa apapun sehingga terhindar dari sasaran diskriminasi.

Seberapa Populer Namanya?

Seberapa pasaran nama yang ingin diberikan. Pernah mendengar seseorang memanggil sebuah nama di ruangan yang ramai, tetapi sebenarnya mereka tidak bermaksud berbicara dengan Kita? Ini mungkin terjadi pada si kecil jika memilih nama yang terlalu populer.

Memberi nama Religius

Memberi nama sesuai dan sesuai dengan aturan Islam adalah salah satu pilihan yang bisa kita ambil. Karena nama seseorang diyakini akan sangat memengaruhi kepribadian mereka saat mereka beranjak dewasa. Dengan memilih nama muslim kita berharap kehidupannya akan dekat dengan Tuhan dan berprilaku baik. Ini juga akan menjadi sebuah identitas bahwa anak kita adalah seorang muslim.

Jika kesulitan menemukan nama yang cocok, kita bisa melihat List Nama Bayi Laki-Laki Islami yang banyak di temukan di Internet. Kita bisa memadukannya dengan bahasa lain sehingga lebih kekinian. Contoh Nama bayi islami dengan paduan bahasa sansekerta.

  • Rezvan Adyatama Syakiel
    Anak Pertama yang Sentosa, suka ilmu pengetahuan dan berkharisma
  • Kavi Davanka Alkhalifi
    Penyair taat beragama baik dan sukses
  • Rafisky Diratama Alfariq
    Anak Sempurna Sabar dan Pandai

Begitupun dengan bayi perempuan, kita bisa melihat List Nama Bayi Perempuan Islami sebagai refrensi sebelum mengambil keputusan memilih nama. Beberapa contoh kecil nama bayi perempuan.

  • Falessha Azarine
    Bunga Tulip yang berseri-seri
  • Virani Zivaa Syazani
    Anak yang Baik Cahaya dan Cerdas
  • Elakshi Nazua Nisa
    Anak perempuan dengan mata bersinar dan bersemangat

Libatkan Keluarga atau Teman

Jika kita cukup kesuitan untuk memilih nama, tidak ada salahnya bertukar pikiran tentang kemungkinan yang lain dengan pasangan, anggota keluarga atau teman tepercaya lainnya. Dengan semakin banyaknya ide dan pendapat dari orang lain biasanya menjadi bahan pertimbangan yang baik bagi kita.

Nah itulah beberapa tips memilih nama bayi yang mungkin bisa menjadi referensi yang baik bagi para orang tua yang masih merasa kesulitan. Yang pasti, semoga si Kecil tumbuh menjadi anak yang berbakti, shalih dan mencintai kedua orang tuanya.

 

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTerbaru Dari V-KOOL, Benarkah Produk Kaca Film Terbaik Saat Ini?  
Artikel berikutnyaRekomendasi HP Oppo Murah 1 Jutaan Spesifikasi Memadai
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.