Apa itu repeater? Saat Anda ingin memperluas cakupan jaringan WiFi, Anda dapat melakukannya dengan perangkat keras khusus, yang disebut “booster”, “repeater”, atau “extender”.

Ketiga istilah ini pada dasarnya sama dan sering digunakan secara bergantian, meskipun terdapat beberapa perbedaan dalam fungsi masing-masing. Untuk memperjelas pemahaman Anda, berikut adalah pengertian dan cara kerjanya.

Bagaimana Cara Kerja WiFi Booster?

Pertama, WiFi booster, alat ini dihubungkan langsung ke router nirkabel yang ada dan memperkuat sinyal router. Biasanya, pengaturan nirkabel menyertakan modem berkecepatan tinggi yang dihubungkan ke dinding, sehingga dapat menerima data broadband dari jaringan.

Kemudian, modem terhubung ke perute nirkabel melalui kabel Ethernet, dan perute ini memiliki antena yang menyiarkan sinyal secara nirkabel. Penguat WiFi membawa konsep itu ke level berikutnya, dengan memperkuat sinyal dengan antena yang lebih kuat.

Bagaimana Cara Kerja WiFi Repeater?

Apa itu repeater? Cara kerja WiFi repeater mengandalkan dua router nirkabel, yang berkomunikasi satu sama lain. Router pertama terhubung langsung ke jaringan berkecepatan tinggi melalui Ethernet, dan mengirimkan sinyal nirkabel ke router kedua juga.

Cara ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan kekuatan sinyal nirkabel di area “zona mati” di rumah atau tempat kerja Anda. Misalnya, jika Anda telah membangun kantor di garasi, tetapi router nirkabel yang ada terlalu jauh untuk menyediakan jangkauan yang luas, Anda dapat memasang WiFi repeater di sana dan memperkuat sinyalnya.

Repeater juga ideal untuk pengaturan luar ruangan, seperti teras halaman belakang atau taman. Dengan antena panel luar ruangan, Anda dapat meningkatkan sinyal nirkabel di sekitar rumah dengan cara yang lebih efisien.  Dengan repeater, Anda memiliki tingkat keamanan yang sama dengan router nirkabel standar, termasuk Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access (WPA).

Bagaimana Cara Kerja WiFi Extenders?

Terakhir, WiFi extenders terhubung ke jaringan kabel Anda melalui Ethernet atau kabel koaksial, seperti router nirkabel. Bahkan ada beberapa extender yang dapat mengirimkan sinyal nirkabel yang ada melalui kabel listrik Anda (disebut “powerline WiFi extender”).

Teknologi ini memungkinkan Anda untuk memperluas satu jaringan berkecepatan tinggi ke seluruh ruang Anda, tanpa mengkhawatirkan interferensi antar router. Pada dasarnya, Anda menambahkan router nirkabel baru ke ruangan lain, dengan koneksi langsung ke sinyal broadband Anda.

Sudah paham apa itu repeater dan jenis Wi-Fi lainnya bukan? Anda bisa lho manfaatkan jaringan sinyal yang kuat dengan menggunakan Hypernet. Hanya Hypernet, yang bisa memberikan akses internet paling kuat dengan tarif terjangkau.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaHati-hati Modus Penipuan Telegram Kode OTP
Artikel berikutnya5 Laptop 2-in-1 Terbaik untuk Kerja dan Belajar yang Lebih Produktif
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.