membersihkan dapur
membersihkan dapur

Dari semua ruangan di rumah, dapurlah yang perlu diperhatikan kebersihannya setiap hari. Bagaimanapun dapur adalah pusat dari kehidupan yang senantiasa dipakai untuk masak dan menyiapkan makanan. Itulah mengapa memiliki dapur yang bersih adalah langkah pertama untuk menjaga kesehatan keluarga.

Membersihkan dapur setiap hari sangat penting untuk mempertahankan ruang yang selalu tertata dan juga higienis. Kegiatan ini hanya butuh waktu sekitar 15 menit setiap harinya, namun harus dilakukan secara teratur agar hasilnya maksimal. Tetapi jika ruangan dapur milikmu besar mungkin akan berlangsung sedikit lebih lama.

Latih anggota keluarga untuk memiliki tanggung jawab dalam menjaga kebersihan dapur. Tanamkan kebiasan kepada Anak-anak untuk membantu. Langkah kecil seperti membersihkan dan membilas piring mereka sendiri setelah makan mungkin tidak memakan banyak waktu, tetapi membuat pekerjaan mencuci piring jadi lebih mudah. Bagilah tugas antara anggota keluarga agar akftif berperan sehingga benar-benar dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat.

Persiapkan bahan dan alat untuk membersihkan dapur.

tips membersihkan dapur
tips membersihkan dapur

Sebelum memulai, kumpulkan semua peralatan dan bahan untuk melakukan pembersihan. Jika memungkinkan simpan dalam satu wadah dan letakan di tempat yang sama agar mudah ditemukan. Jangan meremehkan hal ini ya, karena jika kita tidak menemukan pembersih, serbet, spons di tengah proses pembersihan tentu malah akan memakan waktu dan terkadang jadi lupa apa yang ingin dikerjakan sejak awal.

  • Tempat sampah
  • Sabun cuci piring
  • Pembersih lain yang biasa digunakan
  • Sebret atau spons
  • Sapu, pel atau penyedot debu
  • Sarung tangan rumah tangga

Cara Membersihkan Dapur Secara Efisien

  1. Pertama bersihkan wastafel, pastikan tidak ada sisa makanan tertinggal di saluran pembuangan. Jika ada noda yang membandel, kita bisa menggunakan air panas dan sabun agar bisa luruh.
  2. Piring dan perabotan bekas makan dan memasak kumpulkan dalam satu tempat. Segera cuci untuk mencegah makanan mengering dan menjadi lengket. Taruh piring yang sangat kotor di bagian bawah agar tidak mengotori piring yang lainnya.
  3. Kembalikan barang-barang dan bahan masakan yang tidak terpakai kepada tempatnya. Jangan biarkan itu berserakan yang akan sehingga tidak terlihat rapi.
  4. Lap meja dapur, peralatan, dan juga wastafel. Jangan biarkan remah-remah makanan dan sisa masakan mengotori permukaan. Cepat bersihkan, lalu jangan lupakan juga untuk sapu dan pel lantai.
  5. Kumpulkan sampah pada tempatnya dan jika sudah penuh, segera keluarkan. Jangan biarkan wadah sampah di rumah penuh dan didiamkan dalam waktu yang lama, ini akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Tips Membersihkan dapur ini bisa dilakukan secara teratur agar menjadi kebiasaan dan contoh yang baik bagi anak-anak. Membersihkan dapur secara teratur tidak hanya membuatnya kelihatan menarik dan tertata. Tetapi juga membantu merawat peralatan, lemari, dan lantai agar lebih awet. Sisa noda yang dibiarkan dapat mengakibatkan peralatan lebih mudah rusak, kusam, serta menurunkan fungsionalitasnya.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaWuling Baojun 310, Hatchback Seharga LCGC dengan Fitur Melimpah
Artikel berikutnya4 Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses dalam Waktu Singkat
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.