ssd laptop
ssd laptop

Sebal kerja dengan perangkat yang lemot, kondisi seperti ini seringkali terjadi. Tahukah Anda kalau hal itu bisa jadi disebabkan karena ruang penyimpanan tidak bisa bekerja secara optimal, mengatasi permasalaha tersebut kini banyak vendor mencari harga SSD laptop di mesin pencarian.

Harga SSD Laptop Berdasarkan Jenisnya

Dipasaran banyak sekali jenis SSD laptop tentunya masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan, pastinya kualitas yang dibawa juga berpengaruh pada harga jualnya. Berikut ini terdapat gambaran kisaran harga:

  1. SSD PCIe

SSD PCIe merupakan salah satu jenis media ruang penyimpanan yang banyak dicari dipasaran, karena komponen ini memiliki kinerja yang lebih bagus dibanding jenis lainnya. Kecepatan bacanya bisa mencapai 3.500 MB/s.

Bicara soal harga, sesuai kualitas yang dibawa SSD jenis PCIe besutan PCI Special Interesy Group (PCI-SIG) ini lebih mahal dibanding seri lainnya meskipun dengan kapasitas sama. Biasanya ukuran 256GB dijual berkisar Rp. 1.095.000 an dan Rp. 5.730.000 untuk ukuran 2TB.

  1. SSD M.2 SATA

Jenis ruang penyimpanan lainnya yang sering dipakai para vendor yakni jenis SSD M.2 Serial ATA. Komponen memori tipe ini memiliki bentuk kecil menyerupai RAM, desainnya sengaja dibuat seperti itu agar menghemat tempat dan berat baterai, tentunya hal tersebut menjadi salah satu kelebihannya.

Ruang penyimpanan khusus laptop jenis SSD M.2 SATA meskipun ukurannya kecil, namun hal tersebut tidak mempengaruhi kinerjanya. Mengenai harga, biasanya kapasitas 250GB dijual berkisar mulai dari Rp. 930.000 an dan Rp. 1.570.000 untuk 500GB.

macam macam ssd laptop

  1. SSD 2,5 Inch

Ruang penyimpanan jenis ini paling banyak ditemui di pasaran, beberapa vendor menggunakan SSD berketebalan 2,5 inch dengan alasan komponen tersebut memiliki kinerja bagus, lebih tahan terhadap guncangan fisik ataupun pada bagian medan magnetnya dan daya listriknya relatif rendah.

Ruang penyimpanan jenis ini memiliki kecepatan antara 200 hingga 550 MB/s. Bicara soal harga SSD laptop tipe 2,5 inch tersebut dipasaran, umumnya kapasitas 250GB dijual dengan kisaran Rp. 930.000, sedangkan untuk versi premiumnya dibandrol mulai dari Rp. 1.600.000 an.

  1. SSD mSATA

Ruang penyimpanan tipe mSATA dari segi kinerja kecepatan membaca serta menulis sama persis seperti jenis SSD M.2 SATA. Namun bentuk dan ukurannya berbeda, komponen yang satu ini juga memiliki dua versi, yakni double dan single sided.

Bicara soal harga, ruang penyimpanan tipe mSATA sesuai kualitasnya yang dibawa dijual relatif murah, umumnya kapasitas 256GB dibandrol sekitar Rp. 580.000 an. Meskipun kinerjanya kurang unggul, namun di sisi lain juga memiliki kelebihan dari segi ukuran dan konsumsi baterai rendah.

  1. SSD M.2 NVMe

Jenis ruang penyimpanan untuk laptop lainnya yakni SSD M.2 NVMe atau Non Volatile Memory Express. Komponen ini dari segi kinerja memang cukup besar, bahkan digadang-gadang memiliki kecepatan 3 kali lipat dari tipe SATA, meskipun masih berada di bawah PCIe.

Sesuai kualitas kinerja yang dimiliki, ruang penyimpanan jenis SSD M.2 NVMe dipasaran dijual dengan harga relatif cukup tinggi dibanding lainnya. Untuk kapasitas 250GB umumnya dibandrol mulai dari Rp. 1.060.000 dan Rp. 1.685.000 untuk ukuran lebih besar.

Demikianlah ulasan mengenai kisaran harga SSD laptop yang ada dipasaran dan bisa dijadikan gambaran serta bahan pertimbangan ketika hendak membeli komponen ruang penyimpanan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat buat Anda.

Facebook Comments

Artikel sebelumya6 Tips Push Rank PUBG Mobile, Bikin Ngabuburit Kamu Makin Asyik
Artikel berikutnyaIni Dia Rahasia bermain ala Pro Player di Free Fire, Booyah Terus!
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.