gejala flu

Flu adalah penyakit yang cukup sering menyerang manusia. Bahkan, kita rasanya sudah menganggap biasa ketika terkena gejala flu.  Tidak ada kekhawatiran, hanya demam sebentar lalu membaik. Namun dalam kondisi tertentu dapat juga disertai gejala cukup berat seperti batuk, menggigil, sakit di bagian tubuh, dan kelelahan. Musim flu menyerang setiap tahun, untuk itu penting untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit.

Cara menyembuhkan flu sebetulnya cukup mudah, cobalah beberapa tips dibawah ini untuk membantu meringankan gejala dan mempercepat pemulihan ketika terserang flu.

1. Istirahat yang cukup

Ketika terserang flu, kita seringkali merasa tidak ingin bangun dari tempat tidur. Maka, dengarkan sinyal dari tubuh itu untuk istirahat sebanyak mungkin. Istirahat membantu tubuh melawan infeksi, dan siklus tidur yang sehat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memungkinkannya bekerja sebaik mungkin. Istirahat sangat penting jika gejala flu yang diderita  sedang hingga berat.

2. Tetap terhidrasi dengan baik

Ketika demam, kita akan lebih banyak kehilangan cairan, jadi usahakan untuk selalu minum air dengan cukup. Air adalah cara terbaik untuk menghidrasi dan meredakan sakit tenggorokan. Tidak hanya air putih, jus buah, teh herbal, teh jahe, air panas, dan bahkan sup ayam dapat membantu melancarkan metabolisme.

Cairan hangat membantu melarutkan lendir yang diproduksi saat kita sakit. Tetapi hindari minuman seperti kopi yang mengandung kafein, karena justru dapat menyebabkan kita menjadi lebih dehidrasi.

3. Minum obat

Kebanyakan orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan infeksi, namun bagi yang lainnya dapat berisiko mengalami gejala flu serius dan berpotensi berbahaya. Orang-orang ini adalah para lansia berusia di atas 65 tahun, wanita hamil, anak kecil dan orang dengan kondisi medis tertentu lainnya, seperti asma, diabetes, HIV / AIDS, kanker, dan penyakit jantung.

Untuk itu jika keadaan tidak membaik, segeralah untuk menghubungi dokter dan berkonsultasi agar dapat diresepkan obat agar segera sembuh.

4. Pertimbangkan pengobatan flu alami

Kita bisa memilih pengobatan alami dari bahan-bahan herbal untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menimbulkan risiko efek samping yang sangat kecil. Jamu yang merupakan kearifan lokal dapat menjadi pilihan dalam meredakan gejala flu dan pilek. Makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mencegah flu atau

5. Hindari orang lain dan Jaga kebersihan

Selama terkena flu jangan melakukan apa pun untuk meringankan gejala sehingga dapat pulih lebih cepat. Langkah selanjutnya adalah meminimalkan kontak dengan orang lain saat sakit. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, terutama sebelum makan atau menyentuh wajah.

6. Cari pertolongan medis

Walaupun flu umumnya dapat dirawat di rumah, tetapi jangan abaikan saran medis. Konsultasi dengan dokter dalam waktu 48 jam setelah gejala flu dan demam tinggi yang tidak segera turun. Untuk gejala yang lebih parah, seperti sesak napas, nyeri dada, atau masalah keseimbangan, berjalan, atau duduk, cari perawatan medis segera dari dokter. Kita juga harus mencari perawatan medis segera jika memiliki penyakit serius lain yang dapat memperparah gejala Flu.

Cara menyembuhkan Flu pada umumnya sangat mudah, dengan istirahat yang cukup dan imunitas yang baik maka gelajanya akan segera hilang. Namun yang perlu diwaspadai adalah jika kita memiliki penyakit penyerta yang dapat memperburuk keadaan. Tetaplah sehat dan jaga kebersihan agar kita terhindar dari Flu yang cukup menyiksa.

Facebook Comments

Artikel sebelumya5 Kelebihan Smart Building dan Alasan kenapa dibutuhkan di Era Modern
Artikel berikutnyaPentingnya Penerapan Renewable Energy dan Efisiensi Energi
Hallo, saya adalah ciung. Seorang yang suka dengan dunia internet dan blogging. Selamat datang di blog saya, dan semoga artikel yang ada di blog ini bermanfaat bagi pembaca.